Food

Nori, Si Hijau yang Enak Dimakan Pakai Apa Aja

by Finna Zephyrine | July 29, 2021

Nori, Si Hijau yang Enak Dimakan Pakai Apa Aja
Kalau kamu pencinta makanan Jepang, kamu pasti tahu apa itu nori. Nori adalah olahan rumput laut yang terbuat dari jenis Pyropia yezoensis dan Pyropia tenera. Melansir dari Bobo, hidangan Jepang mengenal setidaknya enam jenis rumpu laut dari jenis yang berbeda. Masing-masing memiliki rasa dan tekstur yang khas untuk setiap masakan. Kali ini, kita akan bahas nori yang lebih sering kita temui, yaitu yang berwarna hijau pekat dan sering ditemui dalam bentuk lembaran

Cara Pembuatan Nori

Photo source: Piqsels

Nori dibuat dari rumput laut yang dihancurkan hingga menjadi seperti bubur. Adonan kental tersebut direbus dengan sedikit cuka dan garam. Setelah itu, barulah diletakkan secara melebar di atas papan yang cukup besar. Bubur rumput laut harus diratakan di atas wadah yang lebar seperti papan atau talenan hingga tipis. Alasi dan tutup dengan plastik untuk memudahkan proses pengeringan. Secara tradisional, pengeringan dilakukan langsung di bawah terik matahari. Tapi di pabrik, lembaran tersebut dipanggang hingga kering. Saat ini, sudah terdapat nori lembaran kecil dan besar dengan rasa yang beragam seperti rasa sapi panggang, rasa pedas, hingga telur asin. Jadi penggunaannya pada makanan bisa lebih luas lagi.

Jenis Nori

Photo source: Piqsels

Di Jepang sendiri, nori dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan ukurannya. Setiap ukuran biasa digunakan untuk jenis makanan tertentu. Berikut adalah beberapa di antaranya:
  • Yakinori standar: Berukuran 21 x 19 cm yang digunakan untuk menggulung sushi seperti Temakizushi dan Makisushi.
  • Yakinori setengah: Besarnya seperti ukuran standar yang dibagi dua dan digunakan untuk membungkus onigiri hingga tertutup.
  • Yakinori sepertiga: Didapat dari yakinori standar yang dibagi tiga, dilekatkan di onigiri bagian dasar agar mudah dimakan.
  • Okazunori: Rumput laut standar dipotong kecil menjadi 8 – 12 bagian, lalu diberi bumbu garam, kecap, asin, dan mirin. Biasa dimakan sebagai kudapan atau pelengkap nasi.
  • Mominori: Mirip dengan abon karena terbuat dari okazunori yang dipotong halus tidak seragam untuk taburan di atas masakan.
  • Kizaminori: Mirip mominori tapi dipotong seragam sebagai hiasan makanan.

Kreasi Nori di Rumah

Photo source: Pixabay

Nori tinggi protein serta asam amino berupa treonin, asam glutamate, fenilalanin, dan lainnya yang baik untuk tubuh. Sepertinya akan jadi ide bagus untuk mulai memasukkan pelengkap makanan ini ke menu sehari-hari di rumah. Apa aja yang bisa kamu buat? Coba cek beberapa inspirasi berikut.

1. Sushi rumahan

Nggak perlu bahan yang fancy, kamu bisa membuat sushi sederhana dengan rumput laut, nasi, isian berupa ayam katsu atau sosis, telur dadar tipis, dan sayuran seperti timun yang diiris tipis. Susun dan gulung menggunakan alat pembuat sushi yang bisa dibeli di ­e-commerce.

2. Onigiri

Makanan ini sederhana karena memang dibuat untuk bekal makan siang yang cepat. Kamu hanya perlu membentuk nasi menjadi segitiga dan membungkusnya dengan nori lembaran. Kalau ada, kamu boleh mengisi nasi dengan lauk seperti tuna atau ayam teriyaki.

3. Makan bersama mi instan atau ramen

Nori bisa digunakan sebagai topping mi instan atau ramen. Kalau terkena kuah, teksturnya akan sedikit kenyal dan menambah rasa gurih pada kuah.

4. Nasi pakai abon nori

Karena rasanya gurih, nasi bisa jadi lebih enak kalau ditabur dengan abon rumput laut. Ini bisa jadi menu andalan kalau mau makan nasi dengan praktis, nih. Nah, karena udah tau fungsi dan jenis nori serta manfaatnya, yuk sekarang coba berkreasi dengan rumput laut untuk menu makan kamu berikutnya. Selamat mencoba!