Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Tips Gunakan Panci Presto yang Benar dan Aman

June 4, 20214 min readFoodie Trends

Kalian pernah nggak nih masak menggunakan panci presto? Banyaknya jenis alat masak sudah sangat membantu kita mengolah beragam masakan yang diinginkan. Salah satunya adalah panci presto atau yang dikenal dengan pressure cooker.

Alat ini bisa kalian gunakan untuk membuat daging atau ayam supaya teksturnya menjadi empuk dan mudah untuk dimakan. Cara kerjanya dengan menggunakan tekanan air bertekanan tinggi yang tertutup rapat dalam panci, sehingga melembutkan berbagai bahan makanan di dalamnya.

Nah, panci presto ini juga bisa membantu menghemat waktu masak kalian hingga 50 persen lho. Meskipun masakannya bisa sangat empuk, tapi nutrisi dan cita rasa yang terkandung di dalam makanan tetap terjaga dengan baik. Jadi alat masak ini bisa kalian jadikan andalan jika ingin metode masak yang cepat dan tetap mempertahankan nilai nutrisinya.

source: istockphoto

Namun, kenapa ya pressure cooker ini penggunaannya belum seumum alat masak lain? Bahkan beberapa orang masih ragu-ragu dan takut menggunakan alat masak bertekanan uap ini. Dikutip dari laman Pressurecookrecipe, banyak kasus kecelakaan dalam penggunaan panci presto, seperti contohnya banyaknya terjadi ledakan. Hal tersebut akhirnya banyak orang menjadi takut menggunakannya di rumah.

Panci presto modern saat ini sudah dilengkapi beberapa inovasi yang membuatnya lebih aman digunakan. Tetapi tetap ada cara-cara yang harus kalian perhatikan agar tetap selalu aman menggunakannya.

Nah, dikutip dari laman BBC goodfood, berikut tips-tips menggunakan panci presto yang benar dan aman. Yuk simak!

  1. Baca Panduan dan Periksa Kelengkapan serta Kebersihannya

source: freepik

Panci presto modern sudah banyak dilengkapi oleh fitur-fitur keamanan. Supaya semakin memahami fungsi dan cara penggunaannya, kalian harus selalu mengikuti petunjuk di buku panduan yang umumnya kalian dapatkan satu paket saat membelinya. Baca dan pahami selalu instruksinya ya demi keamanan.

Selain itu, ketika baru membelinya, kalian pastikan dulu semua komponennya legkap dan sesuai yang ada di buku panduan atau gambar yang tertera di kardusnya. Kelengkapan komponen penting saat nanti sudah kalian gunakan.

Jika sudah kalian gunakan, rawat dan perhatikan selalu kebersihan peralatan tersebut.  Pastikan juga seluruh bagian panci hingga bagian katup penutupnya bersih dari kotoran apa pun. Hal tersebut akan membuat tekanan uap di panci menjadi stabil dan gak menghambat proses memasak.

  1. Tambahkan Air dan Atur Volume Bahan Masakan

source: istockphoto

Seperti yang sudah dijelaskan, cara kerja alat ini adalah menggunakan tenaga uap yang mana uap tersebut berasal dari air. Kalian masukkan air secukupnya sesuai panduan yang kalian sudah baca. Volume air bergantung pada jenis masakan yang ingin kalian buat.

Penting juga mengatur volume bahan masakan yang masukkan ke dalamnya. Peralatan masa kini sudah dilengkapi aturan maksimum dan minimum pengisian bahan makanannya. Ikuti selalu petunjuk volume pada panci presto dan kurangi sekitar 1/4 dari jumlah tersebut agar uap panas tidak meluap keluar dari panci yang membahayakan.

  1. Bumbui Bahan Masakan Sebelum Dimasukkan

source: istockphoto

Agar masakan yang kalian buat memiliki cita rasa yang maknyus, kalian siapkan terlebih dahulu semua bahan lengkap beserta bumbunya. Lumuri daging, ayam atau ikan yang ingin kalian masak dengan bumbu hingga merata ke seluruh bagiannya.

Kalian juga bisa memasukkan bahan makanan lengkap dengan bumbu cair ke dalam panci presto. Yang terpenting, cairan bumbunya pas sesuai rasa yang ingin kalian dapatkan dan tidak menghambat proses pemasakan.

  1. Atur Tingkat Kepanasannya

source: istockphoto

Nyalakan api kompor dan kalian bisa mulai memasak. Panaskan panci di atas kompor tanpa perlu ditutup, Kemudian masukkan bahan-bahan yang telah kalian siapkan lalu masak seperti biasa. Setiap alat memiliki indikator tingkat kepanasannya sendiri yang bisa kalian sesuaikan berdasarkan resep masakan.

Jangan tinggalkan terlalu lama ya, jika panci sudah mengeluarkan bunyi yang nyaring, tandanya uap di dalamnya sudah berkapasitas tinggi. Saat sudah seperti itu, kecilkan apinya dan jangan langsung dimatikan. Tunggu sekitar 5-10 menit dengan api kecil, baru dimatikan dan diamkan sebentar.

  1. Tunggu Uapnya Habis

source: istockphoto

Panci presto memiliki tekanan yang tinggi, sehingga penting untuk kita mengeluarkan uapnya terlebih dahulu hingga benar-benar habis. Keliatannya sih sepele, tapi ini penting untuk keamanan diri kalian. Setelah api dimatikan, jangan terburu-buru untuk langsung membuka tutup pancinya. Uap panas yang terdorong keluar bisa membuat kalian terluka.

Agar kalian aman, diamkan dulu pancinya dan tunggu sampai uap keluar semua dari katupnya. Jika uapnya sudah habis keluar, baru deh kalian buka secara perlahan. Lebih baik gunakan sarung tangan oven ya untuk melindungi tangan dari uap panasnya.

Jadi sekarang sudah tahu kan cara yang benar dan aman menggunakan panci presto. Yuk tetap berkreasi dalam hal memasak dan selalu perhatikan aspek keamanan diri kalian!

Related Articles

Connect with Nibble