Nibble'S Guide

10 Pastry Enak di Bandung Paling Diburu Wisatawan

by Finna Zephyrine | November 23, 2021

10 Pastry Enak di Bandung Paling Diburu Wisatawan

Pastry enak di Bandung cukup terkenal dan mudah ditemui. Bahkan, sebagian sudah menjadi semacam ciri khas oleh-oleh dari Kota Kembang ini. Dari mulai roti-rotian, kue kering, hingga cake, kamu pasti akan menemukan favoritmu di salah satu tempat di bawah ini.

1. Mom’s Bakery

pastry-enak-di-bandung-01.jpg

Photo source: Instagram/momsbakeryindonesia

Mom’s Bakery terkenal sebagai salah satu bakery yang membuat roti dan kue dengan bahan yang ramah bagi kesehatan. Rotinya dibuat menggunakan ragi alami dengan rasa yang khas. Menu yang jadi andalan di sini adalah sourdough sandwich yang bisa kamu pilih sendiri isiannya.

Terkadang, mereka juga punya roti sourdough edisi khusus seperti sourdough dengan walnut dan cranberry. Kamu juga bisa menemukan pastry dan roti yang cukup langka seperti panettone, pumpkin pie, stollen, dan falafel. Mereka juga punya menu cake yang dibuat sedemikian rupa hingga guilt-free untuk dimakan!

Alamat: Jl. Progo 18, Bandung

2. Braga Permai

pastry-enak-di-bandung-02.jpg

Photo source: Instagram/bragapermaibandung

Braga Permai udah dikenal sebagai restoran kelas menengah ke atas sejak tahun 1923, bahkan bisa dibilang ikonik di Jalan Braga. Selain menu makanan yang beragam dari mulai masakan Indonesia, fusion dengan masakan Belanda, dan minuman seperti cocktail, mereka juga punya pastry yang beragam.

Salah satu yang wajib kamu coba adalah baumkuchen yang mirip dengan lapis legit namun dengan lapisan melingkar, mirip dengan lapisan pada batang kayu. Kamu juga bisa menemukan pastry enak di Bandung lainnya seperti boter staf dan chocolate tar. Tempatnya yang nyaman di tengah Jalan Braga bikin tempat ini asik buat nongkrong.

Alamat: Jl. Braga No.58, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung

3. Kartikasari

pastry-enak-di-bandung-03.jpg

Photo source: Instagram/kartikasaribakery

Kartikasari Bakery terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung, terutama brownies panggang dan balegennya. Produk Kartikasari dijual hampir di setiap pusat oleh-oleh di Bandung, tapi kamu bisa menemukan pilihan yang lebih lengkap di toko resminya yang ada di Dago.

Di sini, terdapat berbagai macam menu seperti pisang bollen, lapis legit, banana roll, almond crispy, serta masih banyak menu lainnya.

Alamat: Jl. Ir.H Djuanda No 85 - 87, Dago⁣, Bandung

4. Rasa Bakery & Cafe

pastry-enak-di-bandung-04.jpg

Photo source: Instagram/rasabakerycafe

Nggak kalah sama Braga Permai, Rasa Bakery & Cafe juga udah berdiri dari tahun 30-an. Tempatnya masih berada di gedung tua, namun dengan interior yang modern. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai jenis roti dan cake dari mulai yang jadul hingga yang kekinian seperti puff pastry dengan berbagai isian, rum ball, dan cheese roll.

Alamat: Jl. Tamblong 15, Bandung

5. Bawean Bakery

pastry-enak-di-bandung-05.jpg

Photo source: Instagram/baweansweetheart_id

Satu lagi bakery dan pastry enak di Bandung yang sudah berdiri lama, bahkan sudah sampai ke generasi ketiga. Menu pastry yang ditawarkan termasuk lapis malang, nougat roll, dan berbagai macam kue kering. Selain itu, kamu juga bisa menikmati berbagai hidangan makanan utama di sini.

Alamat: Jl. Bawean No. 4, Bandung

6. Toko Roti Sidodadi

pastry-enak-di-bandung-06.jpg

Photo source: Instagram/toko_roti_sidodadi

Kalau kamu mau roti dengan sensasi jadul alias zaman dulu, kamu bisa pesan roti di Toko Roti Sidodadi. Tekstur rotinya khas Indonesia yang nggak terlalu banyak menggunakan mentega. Salah satu menunya yang paling terkenal adalah roti banquet dengan aroma dan rasa yang khas.

Alamat: Jl.Otto Iskandardinata No. 255, Bandung

7. Sari Sari

pastry-enak-di-bandung-07.jpg

Photo source: Instagram/sarisari.jajanpasar

Sari-sari merupakan tempat jajanan pasar dari seluruh wilayah Indonesia. Dari mulai kue basah, kue kering, hingga roti-rotian bisa kamu temukan di sini. Sistemnya menggunakan sistem self-service. Jadi, di bagian depan akan tersedia nampan dan capit makanan. Kamu boleh memilih dan mengambil sendiri makanan, kemudian menghitungnya di kasir.

Saking banyaknya pilihan di tempat ini, dijamin kamu bisa kalap kalau lihat semua makanan yang ada. Di dalam Sari-Sari, terdapat juga area makan agar kamu bisa menikmati langsung di tempat.

Alamat: Jl. Sultan Tirtayasa No. 17, Bandung

8. Amanda Brownies

pastry-enak-di-bandung-08.jpg

Photo source: Instagram/amandabrownies

Kalau Kartikasari terkenal dengan brownies panggangnya, Amanda Brownies lebih populer karena brownies kukusnya. Brownies kukusnya lembut dengan rasa cokelat yang pekat.

Kreasi topping yang beragam juga menjadikannya lebih menarik seperti strawberry marble. choco marble, dan keju parut. Selain di tokonya langsung, brownies ini juga gampang banget ditemukan di toko oleh-oleh di Bandung.

Alamat: Jl. Rancabolang No.29, Manjahlega, Kec. Rancasari, Kota Bandung

9. Bellamie Boulangerie

pastry-enak-di-bandung-09.jpg

Photo source: Instagram/bellamie.boulangerie

Judulnya memang boulangerie atau toko roti, tapi Bellamie juga menjual berbagai kue kering dan bahkan makanan berat, lo. Kalau kamu pencinta pastry, wajib anget cobain croutons-nya yang bertabur almond disajikan dengan saus cokelat yang nikmat. Kamu juga bisa menikmati pastry lainnya seperti croissant dan danish roll dengan berbagai isian.

Alamat: Jl. Cihapit No.35, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

10. Ny. Liem

pastry-enak-di-bandung-10.jpg

Photo source: Instagram/ny_liem

Ny. Liem yang diambil dari nama sang pendiri bisa dibilang cukup legendaris di dunia kue dan pastry di Bandung. Yang jelas, semua menunya memiliki rasa yang enak! Terdapat pilihan kue basah, bolu, cake, roti, hingga kue kering di Ny. Liem. Selain itu, tempat ini juga menawarkan kursus pembuatan kue dan pastry. lo.

Alamat: Jl.Naripan No. 80, Bandung

Sebutan Bandung sebagai Paris van Java juga berjalan lurus dengan banyaknya bakery dan pastry enak di Bandung. Bahkan, sebagian sudah berdiri sejak puluhan tahun sebelum Indonesia merdeka. Dengan cita rasa yang nggak berubah sejak dahulu hingga sekarang, kamu jadi berkesempatan untuk mencobanya dan membayangkan seperti apa kenikmatannya di zaman dahulu.