Tips & Tricks

Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

by Danang Lukmana | June 04, 2021

Jangan Tertukar! Ini Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder
Serupa tapi beda, itu sepertinya kalimat yang cocok untuk menggambarkan kedua bahan ini. Ya, kalian tahu gak nih perbedaan baking soda dan baking powder? Dalam dunia pembuatan kue, keduanya dikenal sebagai bahan tambahan yang membuat kue menjadi mengembang dan empuk. Tapi, biarpun sama-sama berguna sebagai pengembang adonan, keduanya memiliki perbedaan mendasar lho. Nah, penting juga untuk mengetahui perbedaannya tersebut supaya kalian bisa menggunakannya dengan tepat.

Perbedaan Baking Soda dan Baking Powder

Kenyataannya memang masih banyak orang yang belum tahu perbedaan baking soda dan baking powder. Bahkan, keduanya sering dianggap sama saja karena memang susah membedakannya. Oleh karena itu, yuk kita simak dulu apa saja sih bedanya di antara mereka.
  1. Kandungan di Dalamnya Berbeda

source: istockphoto

Dikutip dari Simply Recipes, keduanya memang sama-sama digunakan sebagai pengembang dalam kue, tapi mereka memiliki yang berbeda. Baking soda memiliki nama lain Natrium Bikarbonat yang memiliki sifat alkali atau basa. Sifat basa ini jika diberi cairan yang bersifat asam seperti cuka, maka akan mengembang jadi gelembung karbondioksida. Sedangkan pada baking powder, ia sudah tidak murni lagi dari Natrium Bikarbonat melainkan sudah dicampur oleh zat asam yang kering. Zat asam tersebut antara lain seperti krim tartar dan mungkin beberapa tepung maizena untuk membantu menjaga keduanya tetap terpisah dan kering. Jadi baking powder sudah mengandung zat asam di dalamnya.
  1. Beda Manfaat Penggunaan

source: istockphoto

Dikarenakan baking soda masih murni 100 persen Natrium Bikarbonat, maka dalam pembuatan sebuah kue akan mendapat campuran bahan yang bersifat asam seperti yogurt, buttermilk, air perasan lemon, dan lain-lain. Ketika keduanya bertemu, maka gelembung karbon dioksida akan terbentuk untuk menciptakan efek mengembang pada adonan. Nah, sedangkan baking powder yang karena memang sudah mengandung zat asam di dalamnya, maka gak perlu lagi diberi bahan yang bersifat asam lainnya. Baking powder juga lebih memberi efek renyah pada bahan kue yang dipanggang. Jadi bahan ini lebih cocok untuk ditambah pada adonan biskuit atau kue kering.
  1. Pengaruh Rasa pada Kue

source: istockphoto

Harus diingat bahwa baking soda masih mengandung bahan alkalin yang bersisat basa, oleh karena itu penggunaannya dalam adonan harus dalam takaran yang pas. Terlalu banyak baking soda malah akan membuat makanan menjadi sedikit pahit. Sementara itu, baking powder yang memang merupakan campuran antara Natrium Bikarbonat dengan tambahan zat asam, maka rasanya cenderung netral. Penggunaan dalam jumlah yang cukup banyak gak begitu berpengaruh pada rasa. Baking powder cocok dicampur dengan bahan susu.
  1. Perbedaan Waktu Penyimpanan

source: istockphoto

Soal berapa lama mereka bisa disimpan, menurut Simply Recipes, itu semua bergantung pada kondisi penyimpanannya. Baking soda umumnya bisa bertahan cukup lama selama disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Sementara baking powder bisa bertahan selama tiga bulan atau bahkan setahun. Namun, jika lokasi penyimpanannya lembab dan wadahnya sudah pernah dibuka sebelumnya, maka baking powder hanya akan bertahan gak lebih dari sebulan. Cara paling baik adalah dengan menggantinya setelah enam bulan. Mengetesnya mudah kok, cukup masukkan sedikit baking soda atau baking powder dalam air secukupnya. Jika berbuih dan bergelembung berarti mereka masih aktif dan bisa dipakai.

Bisakah Baking Powder dan Baking Soda Saling Menggantikan?

Baking powder bisa menggantikan peran baking soda. Tapi jumlah yang diperlukan harus sekitar tiga kali lipatnya.  Hal tersebut malah bisa menimbulkan rasa pahit pada kue,  dan adonannya pun juga akan naik dengan cepat dan kempis sebelum sempat dipanggang.

source: freepik

Di sisi lain, baking soda juga gak memiliki cukup zat asam untuk membuat kue atau cake mengembang. Namun, kalian bisa lho membuat baking powder sendiri dengan mencampurkan krim tartar dengan baking soda. Cara paling sebetulnya tinggal ikuti saja perintah di panduan resep. Jika panduannya secara spesifik memerintahkan untuk memasukkan satu dari keduanya, jangan kalian ganti-ganti lagi. Hal tersebut bisa membuat hasilnya jadi berbeda dari yang seharusnya. Sudah cukup jelas kan penjelasan tentang perbedaan baking soda dan baking powder? Jadi jangan sampai tertukar ya jika kalian ingin membuat kue!