Foodies Trends

Resep Pickle Bawang Putih Pedas yang Viral di TikTok

by Annisa Indah | May 11, 2021

Resep Pickle Bawang Putih Pedas yang Viral di TikTok
Bawang putih biasanya digunakan untuk bumbu rempah, tapi sekarang sedang viral pickle bawang putih pedas di TikTok. Pickle atau acar adalah jenis awetan makanan yang menggunakan cuka dan air garam untuk membuat cita rasa segar. Biasanya acar dijadikan makanan pelengkap pada makanan. Sedangkan, bawang putih sendiri merupakan rempah yang dijadikan bumbu utama di setiap masakan Indonesia. Acar bawang putih pedas sebenarnya dibuat untuk menghilangkan bau tajam pada bawang itu sendiri, serta agar bawang putih lebih awet. Mulai dari sambal, tumisan, baceman, dan beragam jenis makanan Indonesia lain pasti menggunakan bawang putih sebagai bumbu. Tapi resep pickle bawang putih pedas yang satu ini jauh berbeda dan menciptakan cita rasa baru yang khas. Penasaran gimana cara bikinnya? Yuk, kita bahas tentang pickle bawang putih pedas ini!

Berawal dari Akun TikTok @lalaleluu

[caption id="attachment_19594" align="alignnone" width="640"] Photo by Pexels[/caption] Tren membuat resep garlic pickle ini bermula dari akun TikTok @lalaleluu yang membuat camilan dari bawang putih tunggal. Kemudian video menunjukkan bagaimana cara membuat pickle bawang putih pedas dengan bahan-bahan dari supermarket.

Resep Pickle Bawang Putih Pedas Ala TikTok

[caption id="attachment_19595" align="alignnone" width="640"] Photo by Pexels[/caption] Untuk membuat pickle bawang putih ala TikTok kamu bisa mengikuti resep berikut ini: Bahan:
  • 1 jar acar bawang putih
  • 5 sdm Sriracha sauce
  • 1 sdm thyme
  • 2 sdt bubuk cabai
Cara membuat:
  • Pada resep pickle bawang putih pedas cara pertama adalah buka toples acar bawang putih, kemudian keluarkan cairan cukanya sampai habis.
  • Setelah itu, kamu tinggal tambahkan saus sriracha, thyme, dan bubuk cabai ke dalam toples.
  • Langkah ketiga adalah tutup toples dengan rapat supaya pas di-mix bumbu tidak keluar. Nah, tinggal kamu kocok sampai semuanya tercampur rata.
  • Resep acar bawang putih pedas ala TikTok pun sudah selesai dan siap disantap.
 Karena beberapa bahan sulit ditemui, seperti acar bawang putih yang sudah siap santap, ada beberapa akun TikTok yang membuat sendiri acarnya. Yaitu dengan menggoreng sebentar bawang putih terlebih dahulu. Bagi kebanyakan orang Indonesia, bawang putih acar bukanlah hal biasa. Makanya tak sedikit pengguna TikTok yang mengatakan rasanya aneh, unik, segar, dan asam. 

Manfaat Pickle Bawang Putih Pedas Bagi Kesehatan

[caption id="attachment_19596" align="alignnone" width="1000"] Photo by Freepik[/caption] Acar bawang putih ternyata banyak membawa dampak bagi kesehatan. Diantaranya yaitu mencegah kanker otak, kanker paru-paru, mencegah flu, sekaligus solusi bagi penderita arthritis. Ditambah lagi, acar ternyata juga bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan sulfur dalam bawang putih juga membantu melindungi pembuluh darah manusia sekaligus mencegah pembentukan gumpalan darah yang menjadi penyebab utama serangan jantung. Bawang putih juga merupakan antijamur alami, lho. Untuk menghilangkan jamur pada kuku kaki juga kamu bisa menggunakan pickle bawang putih ini. caranya dengan menggunakan ekstrak acar bawang putih yang ditambahkan dengan air panas. Kemudian celupkan kaki yang berjamur dan rendam selama 30 menit. Dilansir dari WebMD, jika kamu memiliki jamur kuku yang cukup tua, tutup dengan bawang dan perban lalu diamkan semalaman. Acar bawang putih pedas ini cocok banget lho dimakan untuk condiment pas makan mie instan, nasi, bakso, martabak, atau sup. Kamu juga bisa langsung makan acar bawang putih sebagai camilan sehat.  Nah, itu tadi adalah resep dan manfaat pickle bawang putih bagi kesehatan. Gampang banget kan bikinnya? Yuk, cobain!