Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

Awas! Ini Efek Samping Mayones Bagi Kesehatan

June 11, 20214 min readLifestyle

Rasanya yang enak, gurih, manis, dan sedikit asam membuat mayones sangat disukai banyak orang. Di samping saus tomat, saus sambal, saus salsa dan sebagainya, mayones kerap ditambahkan untuk menemani makan burger, sandwich, dan salad. Bagai sayur tanpa garam, tidak lengkap makan makanan tersebut tanpa tambahan saus yang juga sering disebut mayo ini.

Akan tetapi, kalau dikonsumsi terlalu banyak, efek samping mayones untuk kesehatan kalian juga nggak main-main lho. Berbagai ancaman penyakit berbahaya bisa mengintai kalau kalian gak bisa mengontrol jumlah penggunaannya.

Yuk simak ancaman kesehatan apa saja yang bisa timbul dari efek samping kalau kebanyakan makan saus mayo ini.

Efek Samping Mayones

source: istockphoto

Mayones sendiri berasal dari kata Prancis kuno yaitu moyeu yang berarti kuning telur. Ya, saus ini memang terbuat dari campuran kuning telur, minyak nabati, serta zat asam yang bisa dari cuka maupun perasan lemon, ada juga yang mencampurkan mustard. Warnanya juga bervariasi dari mulai putih hingga sedikit kuning pucat. Tekstur saus ini menyerupai krim yang lembut namun ada juga yang kental.

Berdasarkan bahan bakunya tersebut, efek sampingnya untuk kesehatan tubuh juga gak main-main. Berikut efek samping mayones untuk kesehatan, dilansir dari Eat This.

1.      Meningkatkan Kadar Gula Darah

Efek samping mayones yang pertama adalah dapat meningkatkan kadar gula darah kalian. Cita rasa saus mayo yang gurih mungkin membuat banyak orang nggak mengira bahwa ada kandungan gula di dalamnya. Padahal, di banding saus dan bumbu lainnya, mayones adalah yang paling tinggi kandungan gulanya.

Bayangkan, dalam satu sendok makan saus mayo mengandung gula sebanyak satu gram lho. Oleh karena itu, penggunaannya lebih baik dikontrol dalam jumlah sedang.

efek samping mayones pada junk food

source: freepik

Nah, jika kalian beranggapan bahwa beli mayones yang rendah lemak akan lebih sehat, hal tersebut justru kurang tepat. Dalam satu sendok mayones rendah lemak justru mengandung 4 gram gula di dalamnya. Mulai saat ini, lebih baik kalian atur porsi dan jumlah apapun dalam makanan kalian.

2.      Meningkatkan Tekanan Darah

Selain meningkatkan kadar gula darah, saus mayo ini juga bisa meningkatkan tekanan darah di tubuh. Untuk sekedar bahan pelengkap makanan, saus bertekstur lembut ini sudah mengandung asam lemak omega-6 tingkat tinggi.

source: istockphoto

Mayones masuk kategori makanan tinggi lemak akibat tambahan minyak dan kuning telur dalam proses pembuatannya.

Penting juga untuk dicatat bahwa dengan tekanan darah tinggi juga berisiko menyebabkan pembekuan darah, serangan jantung, dan stroke. Jadi sangat penting untuk memperhatikan tingkat tekanan darah kalian dengan sangat serius mulai saat ini.

3.      Meningkatkan Berat Badan

efek samping mayones jadi gendut

source: freepik

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, untuk sekedar bumbu pelengkap saja mayones sudah mengandung sangat tinggi kadar lemak. Terdapat sekitar 10 gram lemak tiap 1 sendok makan saus mayo. Bayangkan saja hanya dengan satu sendok makan, kalian sudah memasukkan 100 kalori dalam tubuh.

Mulai sekarang konsumsilah saus mayo ini dalam porsi sedang. Konsumsi salad sayuran memang sangat bermanfaat, namun itu menjadi kurang sehat ketika menggunakan mayones dalam jumlah yang terlalu banyak.

Konsumsi lemak dan kalori berlebih tentu saja membuat berat badan kalian juga ikut melonjak.

4.      Risiko Penyakit Jantung

source: istockphoto

Penyakit jantung bisa timbul akibat efek samping konsumsi lemak jenuh dalam bahan makanan yang berlebihan.  Dalam satu sendok makan mayones, kalian akan menemukan 1,6 gram lemak jenuh. Meskipun kedengaran nggak begitu banyak, tapi siapa yang bisa menjamin berapa banyak mayones yang kalian gunakan setiap kali makan?

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dapat tercermin dari meningkatnya juga kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Semakin tinggi kadar kolesterol jahat tersebut, akan semakin tinggi pula risiko terkena penyakit jantung.

5.      Menyebabkan Rasa Mual, Lemas, dan Pusing

source: istockphoto

Beberapa orang merasakan efek mual dan sakit kepala setelah mengonsumsi mayones kemasan yang ada di pasaran. Kemungkinan hal tersebut dapat timbul karena dalam produk kemasan terdapat berbagai zat tambahan seperti pengawet dan MSG. Meskipun kadar zat tambahan tersebut masih kategori aman menurut badan pengawas makanan, tapi ada beberapa kalangan yang alergi dengan zat tambahan tersebut.

Untuk meminimalisir efek samping mayones kemasan tersebut, kalian lebih membuat saus mayo ini sendiri di rumah. Saus mayo buatan sendiri memang nggak bisa bertahan lama, tapi jelas lebih aman bagi yang alergi zat tambahan dalam makanan.

Itu tadi di antaranya efek samping mayones bagi kesehatan tubuh. Meskipun saus ini bisa bikin makanan kalian semakin nikmat, tapi tetap harus dikontrol porsi konsumsinya ya!

Related Articles

Connect with Nibble