Foodies Guide To F&B Industry

Baru Pertama Kali ke Resto All You Can Eat? Ini Tipsnya

August 1, 20204 min readTips & Tricks

Keberadaan resto all you can eat (AYCE) makin menjamur gak hanya di kota besar, tapi juga di kota-kota kecil. Tiap resto pun mengusung ciri khasnya masing-masing. Ada yang berkonsep Jepang, Korea, Eropa, atau bahkan lokal! Resto all you can eat memang selalu jadi buruan pelanggan karena menawarkan pengalaman makan yang tak biasa.

Di resto AYCE, pelanggan biasanya dikenakan tarif tertentu (termasuk pajak) untuk bebas memilih apa pun menu yang disukainya dan berapa pun jumlahnya. Namun, kalian juga wajib mengatur strategi cerdas nih biar gak rugi dana karena makan di resto AYCE itu ada durasinya, lho.

Sayang kan kalau kalian sudah keluar banyak uang, tapi makanan yang masuk ke perut baru sedikit karena salah menyusun strategi? Hihi... Nah, buat yang baru pertama kali ke resto all you can eat, ini dia tips-tips yang wajib diperhatikan.

  1. Jangan makan dulu sebelumnya

Di resto all you can eat, kalian bakal menjumpai banyak sekali pilihan makanan yang lezat-lezat dan dijamin bikin perut keroncongan. Menu makanan ini lengkap sekali mulai dari main course, dessert, appetizer, beverages, dan lain-lain yang tiap section-nya punya banyak macam.

Dengan pilihan menu sebanyak itu, rasanya sayang kan kalau kalian datang ke sana dalam keadaan kenyang. Apalagi ada larangan bungkus/takeaway di resto semacam ini. Jadi, saat ke sana pastikan kalian sedang gak dalam keadaan kenyang atau habis makan berat, ya!

  1. Perhatikan waktu

Tiap resto all you can eat biasanya punya kebijakan berbeda soal durasi waktu pengunjung, terutama pada akhir pekan. Nah, biar bisa makan kenyang dan puas maksimal, ingat untuk selalu memperhatikan waktu ya!

Begitu sampai di meja resto, segera tuju stan-stan makanan dan pilih menu yang kalian suka. Biasanya pengunjung suka tergiur dengan banyaknya pilihan makanan. Namun ingat, tetap pilih yang kalian suka agar tak mubazir atau kekenyangan ya.

  1. Ambil sedikit-sedikit

Penasaran ingin mencoba semua makanan yang ada di resto AYCE? Boleh saja dan gak ada larangan, kok. Namun, pastikan kalian bisa menghabiskan semuanya ya, sebab umumnya resto AYCE menerapkan kebijakan denda jika makanan gak dihabiskan.

Tipsnya kalian bisa mengambil makanan dengan porsi sedikit-sedikit. Khusus makanan yang kalian sukai, bolehlah mengambil bagian agak banyak. Dengan trik ini, kalian gak akan sampai kekenyangan dan bisa mencoba lebih banyak makanan.

  1. Prioritaskan makanan mahal

Makan di resto AYCE ini gak murah, lho. Jadi pastikan kalian gak sampai rugi bandar ya. Bagaimana caranya? Prioritaskan mengambil makanan-makanan yang mahal dulu, seperti daging-dagingan atau seafood.

Setelah puas mengambil daging atau seafood, baru deh kalian bisa beranjak ke stan berikutnya untuk mengambil makanan lain yang kira-kira nilainya lebih murah. Dengan cara ini, dijamin gak bakal rugi deh makan di AYCE!

  1. Hindari menu berkarbohidrat tinggi

Ada sederet menu berkarbohidrat tinggi yang tersedia di resto all you can eat. Kalian pasti ingin mencicipinya, kan? Tak masalah, kok. Namun, sebaiknya dihindari ya atau kurangi porsinya.

Menu berkarbohidrat tinggi akan membuat perut lebih cepat kenyang. Alhasil, kalian pun gak bisa leluasa menikmati semua makanan yang disajikan di resto. Sayang dong, sudah bayar mahal-mahal kok malah makannya sedikit?

  1. Jangan terburu-buru

Karena ada batas durasi, pengunjung resto AYCE sering kali makan dengan terburu-buru. Padahal kebiasaan ini kurang baik untuk kesehatan dan justru bikin kalian lebih cepat kenyang, lho.

Kuncinya, makanlah dengan santai. Kalian bisa selingi dengan ngobrol bersama teman makan atau bermain handphone. Yang penting ada jeda. Nah, setelah perut terasa lebih longgar, kalian bisa ambil makanan lainnya lagi.

  1. Cuci mulut dengan dessert

Pencuci mulut atau dessert menjadi bagian yang gak boleh dilewatkan saat makan di resto AYCE. Biasanya pihak resto menyediakan pilihan dessert yang beragam, mulai dari es krim, puding, kue-kue, sampai buah-buahan. Sempatkan untuk ambil dessert favorit agar perut tak terasa begah ya!

Nah, itu dia beberapa tips makan puas di resto AYCE. Bagaimana, sudah siap kan menyantap menu-menu lezat di sana nantinya? Biar suasana makan makin seru, jangan lupa ajak teman atau keluarga ya!

Related Articles

Connect with Nibble