Nibble'S Guide

10 Sop Ayam Enak di Jakarta, Kuahnya Juara!

by Danang Lukmana | September 01, 2022

10 Sop Ayam Enak di Jakarta, Kuahnya Juara!

Pencinta kuliner yang gurih segar, ada nih beberapa pilihan tempat makan sop ayam enak di Jakarta dan sekitarnya. Terdiri dari kuah kaldu ayam gurih dan potongan daging ayam yang lembut, menjadikan makanan ini cocok dinikmati kapan saja. Baik sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam. 

Berikut ini pilihan tempat makan sop ayam yang enak di Jakarta dan sekitarnya.

1. Sop Ayam Pak Min Klaten

Nama Sop Ayam Pak Min Klaten memang sudah terkenal sebagai penyaji sop ayam enak yang juga terdapat di Jakarta dan sekitarnya. Berasal dari resep khas Klaten asli, di Jakarta sendiri lokasinya bisa ditemukan di beberapa tempat. Salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi ada di kawasan Jalan Cisanggiri, Kebayoran Baru.

Penggunaan ayam kampung asli menjadi kunci kelezatan sop dan kaldu ayamnya yang benar-benar gurih. Kaldunya sendiri terkenal cukup kental atau medok rasanya, sehingga cocok dinikmati dengan nasi panas. Potongan ayamnya juga lumayan banyak dan besar dengan dipadukan beragam side dish seperti perkedel, tempe goreng, atau sate-satean.

Photo source: @gendut_kulineran

Lokasi: Jl. Cisanggiri II No.1-11, RT.3/RW.4, Petogogan, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

2. Sop Ayam Pak Miin Kelvin

Kali ini ada Sop Ayam Pak Miin yang juga rumah makan dengan menu sop ayam khas Klaten yang enak di Jakarta. Belum tau apakah masih ada hubungannya dengan Pak Min, tapi di tempat ini huruf ā€œiā€ nya ada 2. Lokasinya sendiri berada di kawasan Tebet, dengan tempat makan yang cukup luas dan lega.

Dengan harga murah terjangkau, kuah kaldu ayamnya juga sangat enak dan bikin gurih untuk disantap bersama nasi putih. Tambahan lauk-pauk lainnya ada tempe goreng, perkedel, dan juga sate telur uritan maupun telur puyuh. Daging ayamnya sendiri juga cukup empuk sekaligus kenyal saat dikunyah.

Photo source: @solo.foodie

Lokasi: Jl. Tebet Barat Dalam II No.2, RT.7/RW.3, Tebet Bar., Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan.

3. Sop Ayam Pak Nim (Djuned)

Selanjutnya ada tempat makan bernama Sop Ayam Pak Nim (Djuned) yang juga menyajikan sop ayam gaya Klaten. Lokasinya sendiri ada di kawasan Matraman Jakarta Timur, yang kalau jam makan siang bakalan ramai banget. Tapi selain untuk makan siang, kehangatan sop ayam di sini juga pas untuk sarapan pagi.

Soal menunya, kuah kaldu ayam yang gurih dipadukan dengan potongan daging ayam yang besar-besar, akan bikin puas disantap. Terlebih lagi dengan taburan bawang goreng, kucai, serta air perasan jeruk nipis untuk bikin makin segar. Tambahan lauknya ada tahu, tempe, dan juga perkedel.

Photo source: @apayanggwmakan

Lokasi: Jl. Matraman Raya No. 76, Matraman, Jakarta Timur.

4. Sop Ayam H.Joko

Di kawasan Duren Sawit, Klender, terdapat juga tempat makan sop ayam enak yang ada di Jakarta Timur. Sama seperti yang lain, di sini juga menyuguhkan sop ayam bergaya khas Klaten yang memang sudah terkenal. 

Memakai ayam kampung asli, kuah kaldunya juga sangat gurih tanpa ada aroma amis yang mengganggu. Isiannya lengkap dari mulai potongan daging ayam, jeroan ati ampela, ceker yang lembut, hingga telur uritan. Tambahan lauk lainnya ada tempe goreng, bakwan, perkedel, serta taburan potongan kucai.

Photo source: @sopak.hjoko

Lokasi: Jalan Lingkar Duren Sawit Blok O3 No.1 RT.4/RW, Klender, Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

5. Warung Sop Ayam Pak No Solo

Berikutnya yang harus kamu cobain adalah Sop Ayam Pak No Solo, tapi harus melipir dulu ke daerah Gading Serpong. Tempat makan sop ayam gaya Klaten dan Solo ini memang cukup nyaman, bersih, dan pas untuk makan siang. 

Untuk ayamnya bisa pilih mau apa aja potongannya, biasanya bagian dada, kulit, ceker, ati ampela, atau telur uritan/telur muda. Kuah kaldunya benar-benar berasa ayam dan rempahnya, dijamin nikmat disantap bersama nasi putih. Tambahan lainnya ada aneka gorengan seperti tempe, tahu, serta ada perkedel.

Photo source: @jakarta_eater

Lokasi: Ruko Neo Arcade, Blok B No. 15, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Gading Serpong, Serpong, Tangerang.

6. Sop Ayam Pak Man Klaten

Setelah warung Pak Min, jangan lupa juga cobain Sop Ayam Pak Man yang terkenal sangat lezat. Tapi lokasinya ada di kawasan Tangerang, jadi harus sedikit berjalan agak jauh buat kamu yang berdomisili di Jakarta. Tempatnya pun luas, lega dan bersih sehingga nyaman dikunjungi sembari menikmati sajian berkuah di sini.

Kuah di sini gurih nikmat dari rebusan ayam kampung serta gak terlalu banyak bahan tambahan lainnya. Potongan daging ayamnya juga punya tekstur yang pas dan bikin puas saat disantap.

Photo source: @foodperience.destination

Lokasi: Jl. Kano Raya No.2, Klp. Dua, Tangerang, Banten.

7. Sop Ayam Klaten Pechok

Pilihan selanjutnya yang bisa kamu cobain adalah Sop Ayam Klaten Pechok. Lokasinya mudah dijangkau tapi di kawasan Tangerang, karena ada di Pasar Modern, Gading Serpong. Berada di deretan ruko, tempat makannya tergolong bersih dan juga bikin nyaman.

Pechok sendiri artinya potongan, karena memang isiannya adalah potongan beragam bagian ayam. Kuahnya juga meskipun terlihat cukup bening, tapi rasanya dijamin segar dan gurih. Selain gurih, kuahnya terdapat potongan tomat hijau yang menambah kesegaran saat diseruput.

Photo source: @tata.ong

Lokasi: Ruko Pasar Modern Paramount Blok R No 23 Gading Serpong, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang.

8. Sop Ayam Pakde Klaten Pechok

Berada di Ruko Borobudur daerah Karawaci, kamu bisa mencicipi sop ayam Klaten lengkap dengan daging ayam kampung yang lezat. Namanya Sop Ayam Pakde Klaten Pechok, dan di sini kamu wajib cobain sop ayam kampunya yang juara. 

Potongan daging ayam kampung yang padat namun lembut berpadu dengan kuah gurihnya yang maknyus, perpaduan yang mantap. Disantap saat cuaca siang yang cerah maupun dingin saat hujan, semuanya cocok.

Photo source: @abouttng

Lokasi: Ruko Borobudur 2 Blok CC, Jl. Mendut Raya Jl. Besi Raya Perumnas II No.30, Karawaci.

9. Sop Ayam Klaten Pak Un

Selanjutnya ini ada sop ayam enak yang berada di selatan Jakarta, tepatnya kebanggaan warga Depok. Namanya adalah Sop Ayam Klaten Pak Un yang lokasinya ada di wilayah kecamatan Cipayung. Tempat makannya pun sangat bersih dan nyaman untuk kamu yang mau makan siang di sini.

Sop ayamnya dibuat dengan kuah kaldu yang sudah diberi bumbu serta rempah sehingga menambah sedap. Ditambah taburan bawang goreng, rajangan seledri, dan juga kucuran air jeruk nipis, dijamin menambah sedap sajian ini. 

Photo source: @sopklatenpakun.id

Lokasi: Jl. Raya Cipayung Jaya No.205, RT.002/RW.006, Cipayung, Kec. Cipayung, Kota Depok.

10. Dago Restaurant

Setelah sebelumnya sudah membahas sop ayam khas Klaten yang enak di sekitaran Jakarta, kali ini bonusnya adalah sop ayam ala Korea. Buat yang mau cari restoran Korea yang cukup otentik di kawasan Panglima Polim, datangi saja ke Dago Restaurant. Di sini kamu bisa menikmati samgyetang, atau sop ayam ala Korea.

Samgyetang sendiri merupakan sop ayam utuh yang dimasak dengan herbal akar-akaran khas Korea dengan manfaat kesehatan.  Sajian makanan Korea di sini juga tergolong Halal sehingga bisa jadi buruan banyak orang untuk bersantap di sini. Apalagi tempat makannya sendiri cukup modern, luas, dan pas untuk bersantap ramai-ramai bersama keluarga.

Photo source: @dagorestaurantjakarta

Lokasi: Jl. Panglima Polim IX No. 61, Panglima Polim, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Itu dia pilihan tempat makan sop ayam enak yang ada di sekitaran Jakarta, Tangerang, dan Depok. Selain sop ayam khas Klaten yang segar gurih, ada juga lho sop ayam ala Korea yang penuh ramuan herbal.