Nibble'S Guide

10 Tempat Makan Soto di Blok M Paling Maknyuss

by Danang Lukmana | August 25, 2021

10 Tempat Makan Soto di Blok M Paling Maknyuss
Kalau kamu sedang mencari soto di Blok M yang enak, kamu sedang dalam pilihan yang tepat. Kawasan di Jakarta Selatan ini memang punya banyak tempat kulineran termasuk soto. Banyak tempat makan soto di Blok M yang sudah terkenal dan menjadi favorit orang Jakarta. Soto betawi, soto mie Bogor, soto Kudus, soto Padang, hingga beragam soto khas Indonesia lainnya bisa ditemui di sini. Mau rekomendasi pilihan tempat makan soto enak di kawasan Blok M? Simak artikel Nibble berikut ini!

1.      Soto Bogor Pak Ace

Makan siang di Soto Bogor Pak Ace di kawasan Blok M Square lantai dasar, tepatnya diseberang Gramedia, pasti bikin nagih. Di sini ada dua pilihan kuahnya, yang bersantan maupun bening. Pilihan isiannya pun banyak, mulai dari kikil, daging, babat, ayam, hingga campur. Ada juga pilihan soto mie yang mienya kenyal dan risolesnya enak banget.

Source: @orangnyalaperan

Alamat: Blok M Square Lt. UP Blok DKS 157-158, Jalan Melawai 5, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2.      Soto Kudus Blok M

Di kawasan Blok M juga ada nih soto Kudus yang enak dan terkenal, ya namanya Soto Kudus Blok M. Lokasinya ada di Jalan Wijaya dan area parkirnya cukup luas untuk kamu yang bawa kendaraan. Restorannya cukup bersih dan nyaman. Soto ini disajikan sebagaimana gaya penyajian soto Kudus, yaitu penggunaan mangkuk kecil. Tersedia juga aneka side dish seperti sate telur puyuh, baceman, jeroan, dan perkedel kentang yang enak dan cocok banget dimakan bareng sotonya.

Source: @makan.bintaro

Alamat: Jl. Wijaya I No. 44, Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3.      Soto Jakarta Bang Madun

Salah satu tempat makan soto legendaris di Kebayoran Baru yang sudah terkenal enak adalah Soto Jakarta Bang Madun. Isiannya seluruh bagian dari sapi, mulai dari otak, kikil, babat, daging, lidah, usus, dll. Kuahnya bersantan yang gurih terlebih ada pilihan sambal kacang yang makin bikin unik rasanya. Pokoknya kenyang dan puas deh!

Source: @mydailyfoodjournal

Alamat: Jl. Barito I No.2, RT.1/RW.1, Kramat Pela, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

4.      Soto Ayam Ambengan Cak Har

Kembali masuk ke dalam kawasan Blok M Square, di sini ada kedai Soto Ayam Ambengan Cak Har yang sudah terkenal enak. Jangan makan di jam makan siang deh kalau gak mau berdesakan. Selain soto ayam, di sini juga tersedia soto sulung dengan isian daging sapi atau paru. Kuahnya cukup gurih dan segar dimakan siang hari.

Source: @jeyeskitchen

Alamat: Blok M Square Lt. UG No. 165, Jl. Melawai 5 No.167, RT.3/RW.1, Melawai, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

5.      Soto Sulung Koperasi

Sedikit melipir ke daerah Radio Dalam, Kebayoran Baru, ada tempat makan Soto Sulung Koperasi. Di sini lumayan ramai kalau jam makan siang sehingga agak susah untuk parkir bagi yang berkendaraan. Pilihannya ada daging sapi dan ayam. Kuahnya segar gurih berwarna kuning dan potongan dagingnya lumayan besar.

Source: @leong.richard

Alamat: Jl. Radio Dalam Raya No. 45, Radio Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

6.      Soto Ayam & Ayam Goreng Bangkong

Kamu juga harus nyobain makan soto Bangkong yang sudah terkenal sejak lumayan lama. Di sini kuahnya bening segar dengan irisan daging ayam yang lumayan banyak. Supaya makannya lebih mantap, kamu bisa menambah beberapa pilihan side dish seperti gorengan, baceman, dan sate-satean (jeroan & telur puyuh) yang semuanya enak. Tempatnya cukup lega dan bersih sehingga akan nyaman makan di dalamnya.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Pakubuwono VI No. 39, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

7.      Soto Padang Pak Malin

Kalian suka makan soto Padang nggak nih? Di Pujasera Blok M Square juga ada lho tempat makan soto Padang yang terkenal bernama Pak Malin. Isian khas soto Padang itu ada potongan daging, tetelan, lemak, dan ada juga irisan daging dendeng. Meskipun sudah terendam kuah, tapi daging dendengnya tetap renyah. Gak lupa dimakan bersama kerupuk merahnya.

Source: @bonita_musfar

Alamat: Blok M Square Lantai Basement Blok J no 072 V Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

8.      Soto dan Sop Sum Sum Kaki Sapi H.Agus

Seperti namanya, di sini terdapat dua menu utama yakni soto daging dan sop kaki sapi. Memang sih lebih terkenal sop kaki sapinya, tapi soto dagingnya juga sangat enak. Seruputan pertama kamu sudah langsung akan merasakan sensasi gurih santan berpadu dengan kaldu daging yang mantap. Dagingnya juga sangat empuk dan mudah untuk dikunyah.

Source: @sovifooddiary

Alamat:  Jl. Barito I No.2, RT.2/RW.1, Kramat Pela, Kota Jakarta Selatan.

9.      Soto Ambengan Cak Di, Tulodong SCBD

Sedikit keluar dari Blok M dan melipir ke Senopati SCBD, di sini ada kedai Soto Ambengan Cak Di yang cukup enak. Berlokasi di daerah Jalan Tulodong, warung makan ini selalu penuh saat jam makan siang. Soto bergaya Surabaya-Lamongan ini bisa dibilang salah satu yang paling enak untuk konteks wilayah Jakarta. Pilihan daging ayamnya pun banyak, dari kulit, daging, telur muda, hingga brutu ayam.

Source: @sundaymondayfoodie

Alamat: Jl. Tulodong Atas No. 9, Senopati, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

10.   Soto Padang H. St. Mangkuto

Balik lagi ngomongin soto Padang nih, ada lagi rekomendasi enak di daerah Kebayoran namanya Soto Padang H. St. Mangkuto. Rasanya cukup otentik khas bumbu Padang di bagian kuah sotonya. Isian sotonya berupa bihun, daging sapi, irisan dendeng dan perkedel kentang. Daging dendeng keringnya sangat nikmat, gurih dan cocok berpadu dengan kuah kaldu encer yang berempah.

Source: @miojkt

Alamat: Jl. KH Ahmad Dahlan No. 22B, Gandaria, Jakarta Selatan. Gimana nih udah menetapkan rencana belum buat kulineran di Blok M? Semoga rekomendasi soto enak di Blok M ini bisa menambah daftar tempat makan yang akan kamu kunjungi ya.