Nibble'S Guide

10 Soto di Surabaya yang Maknyus dan Legendaris

by Danang Lukmana | August 16, 2021

10 Soto di Surabaya yang Maknyus dan Legendaris
Ada banyak tempat makan soto di Surabaya yang enak dan legendaris sehingga wajib kamu kunjungi ketika berkunjung ke sana. Dari dulu, Kota Pahlawan ini memang dikenal punya banyak tempat kuliner yang enak dan lezat. Nah, kalau lagi main dan berkunjung ke Surabaya, kamu wajib banget cobain tempat makan soto legendaris di sana. Daripada semakin penasaran, berikut tempat makan yang menawarkan soto lezat dan legendaris untuk kamu pilih saat liburan ke Surabaya.

10 Pilihan Soto di Surabaya Paling Enak dan Legendaris

1.      Soto Ayam Lamongan Cak Har

Soto yang satu ini udah terkenal banget di Surabaya, bahkan sampai ke luar kota seperti Jakarta. Porsi yang disediakan di Soto Cak Har ini juga cukup besar dan pastinya puas deh untuk disantap. Kita boleh memilih potongan ayamnya dari bagian dada, paha sampai jeroan ati ampela. Bahkan kamu bisa minta lauk kulit ayam. Jangan lupa juga tambahkan koya dan sambal supaya rasanya makin maknyuss.

Source: @foodnusantara.id

Alamat:  Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.220, Semolowaru, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

2.      Soto Madura Gubeng Pojok

Jika soto Lamongan sebelumnya menggunakan isian daging ayam, maka soto Madura ini mengandalkan daging sapi sebagai isiannya. Gak cuman dagingnya saja, kalian bisa memesan soto dengan isian otak, ati, buntut, jeroan, hingga soto campur plus telur. Tenang saja, kalau di Soto Gubeng Pojok ini dijamin daging sapinya pasti empuk.

Source: @sbykulinerinfo

Alamat: Jl. Kusuma Bangsa No.30, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

3.      Soto Ambengan Pak Sadi

Kalau yang satu ini adalah tempat makan soto enak di Surabaya yang sangat terkenal. Bahkan cabang Soto Ambengan Pak Sadi ini sudah terkenal di luaran Surabaya seperti Jakarta. Dinamakan Soto Ambengan karena cabang pusatnya berada di Jalan Ambengan, Surabaya. Soto ini menggunakan isian daging ayam, dan apabila ditambahkan koya beserta sambal, maka rasanya makin sempurna.

Source: @shafoodlibrary

Alamat: Jl. Ambengan No.3A, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

4.      Soto Madura Tapak Siring

Kenikmatan Soto Madura Tapak Siring ini memang gak perlu diragukan, terbukti dengan selalu ramainya oleh pengunjung. Daging sapi dengan potongan besar namun empuk, berpadu dengan telur ayam rebus dan kuah soto yang benar-benar kaya rempah. Makan pun semakin lahap jika sotonya ditambahkan dengan perasan jeruk nipis, sambal, dan sedikit kecap manis.

Source: @sbykulinerinfo

Alamat: Jl. Dharmahusada No.14C, Mojo, Kec. Gubeng, Kota Surabaya.

5.      Soto Ayam Pak Djayus

Daging yang digunakan di Soto Ayam Pak Djayus adalah ayam kampung asli, sehingga rasa dan teksturnya berbeda dibanding soto ayam lainnya. Ditambah kuah sotonya pada dasarnya memang sudah gurih kaldu ayam. Dibanding menggunakan telur utuh, di sini tersedia pilihan lauk telur muda lho.

Source: @foo.ga

Alamat: Jl. Raya Manyar No.81, Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya.

6.      Soto Ayam Cak To

Kedai Soto Ayam Cak To memang berada di sebuah gang yang cukup sempit. Akan tetapi gak pernah kehabisan pengunjung yang selalu berdatangan. Selain karena legendaris, cita rasa soto ayam di sini memang beneran enak. Berisi irisan daging ayam, tauge, serta bihun, lalu ditambah taburan koya dan juga sambal membuatnya makin komplit meluncur di kerongkongan.

Source: @surabayafoodies

Alamat: Jl. Undaan Wetan Jl. Ngemplak 1 No.36, Ketabang, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

7.      Soto Ayam Cak Pardi

Daerah Jalan Embong Malang gak cuman terkenal sama rawon dan tahu campurnya saja, tapi juga ada Soto Ayam Cak Pardi yang enak serta legendaris. Menariknya, walau tempatnya sangat kecil dan sempit, tapi soto ini selalu dipadati pengunjung, terutama di jam makan siang. Lokasinya masih satu komplek dengan Tunjungan Plaza, jadi setelah puas dari Mall bisa langsung mampir makan soto.

Source: @sasmitaedo

Alamat: Jl. Embong Malang No.20, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

8.      Soto Ayam Cak Mu’in

Mau makan soto ayam kampung di daerah Klampis (Ruko sebelum masuk perumahan Wisma Mukti), datang saja ke Cak Mu’in ini. Tempat jualannya cukup luas dan bersih, sehingga nyaman untuk makan di dalam. Tersedia juga pilihan isi telur ayam muda alias telur uritan. Apalagi koya yang dipakai benar-benar dari kerupuk udang asli.

Source: @afterworking

Alamat:  A1-3 No.14E, Jl. Arief Rachman Hakim, Klampis Ngasem, Sukolilo, Kota Surabaya.

9.      Soto Ayam Hartono

Gak semua tempat makan soto menyediakan keripik kentang sebagai tambahan untuk makan soto. Tapi beda di Soto Ayam Hartono ini, karena ada topping keripik kentang yang membuatnya jadi semakin lezat. Kalian juga bisa pilih isian telur uritan yang semakin menambah nafsu makan.

Source: @amazingindonesiafood

Alamat: Jl. Mas Soenjoto No.1, Peneleh, Kec. Genteng, Kota Surabaya.

10.  SODUS-Soto Kudus Kedai Taman

Ternyata Surabaya gak cuman punya soto bergaya Madura dan Lamongan saja, tapi ada juga soto khas kota Kudus, Jawa Tengah. Nah, di SODUS Kedai Taman, kamu bisa menikmati sajian soto khas Kudus yang cukup otentik di Surabaya. Tersaji juga side dish ala soto Kudus yakni perkedel, sate telur puyuh, tahu bacem, dan lain sebagainya.

Source: @sotokudus_kedaitaman

Alamat: Jl. Taman Gayungsari Timur Jl. Gayungsari No.7, Menanggal, Kec. Gayungan, Kota Surabaya. Banyak kan Nibblers pilihan tempat makan soto yang legendaris dan enak di Surabaya. Gimana nih, kalian paling penasaran mau cobain makan soto di mana nih? Dijamin gak akan kecewa deh kulineran di Kota Pahlawan ini.