Tips & Tricks

Mudah Kok! Ini Tips Mengatasi Masakan Terlalu Pedas

by Danang Lukmana | November 24, 2021

Mudah Kok! Ini Tips Mengatasi Masakan Terlalu Pedas

Sudah masak banyak-banyak, eh ternyata kepedesan. Duhhh, mana orang rumah gak bisa makan yang pedas-pedas lagi! Eits... Gak perlu panik karena ada tips mengatasi masakan terlalu pedas yang mudah untuk dilakukan.

Terkadang saat memasak, kita tanpa sadar memasukkan cabai, merica, atau sambal terlalu banyak. Alhasil bukan malah menambah selera makan, yang ada lidah kita serasa terbakar saking pedasnya.

Apalagi kalau kita menyajikannya pada orang yang gak suka makanan pedas atau pada anak-anak yang belum kuat makan pedas. Nantinya malah mereka gak suka dengan masakan kita dan makanannya pun terbuang sia-sia.

Mengatasi Masakan Terlalu Pedas

tips-mengatasi-masakan-terlalu-pedas-02.jpg

Source: Istockphoto

Bila sudah telanjur membuat masakan yang rasanya kelewat pedas, jangan panik dan terburu-buru untuk membuangnya. Ternyata, ada beberapa tips sederhana yang bisa dipakai untuk meminimalisir rasa pedas tersebut kok. Dirangkum dari The Kitchn dan Popmama, berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidangan yang terlalu pedas:

1. Tambahkan Bermacam Bahan Lainnya

tips-mengatasi-masakan-terlalu-pedas-03.webp

Source: pixabay

Tips mengatasi masakan terlalu pedas yang pertama adalah dengan memasukkan bermacam bahan lainnya dalam masakan. Bahan-bahan tambahan tersebut lebih baik yang bercita-rasa netral atau hambar. Antara lain seperti sayuran, protein, karbohidrat, dan apapun yang bercita-rasa menetralisir pedas.

Contohnya kalau kamu sedang masak makanan berkuah, bisa tambah lagi airnya supaya menetralisir pedas. Kalau misalkan kamu memasak nasi goreng yang terlalu pedas, bisa ditambah lagi porsi nasinya. Memang akan jadi lebih banyak, namun rasanya gak akan terlalu pedas lagi kok.

2. Tambahkan Produk Olahan Susu

tips-mengatasi-masakan-terlalu-pedas-04.jpg

Source: Istockphoto

Tips berikutnya untuk mengatasi rasa pedas adalah menambahkan produk olahan susu. Produk susu sangat bagus dalam menangkal rasa pedas dan memberi efek “mendinginkan” dari rasa pedas yang panas. Itulah kenapa kalau orang-orang kepedasan ataupun cabean, pasti akan minum susu untuk menetralkannya.

Produk susu yang bisa kamu gunakan dari mulai susu segar, krim asam (sour cream), dan beberapa sendok plain yogurt. Namun perlu diingat, selalu gunakan api kecil saat menambahkan produk olahan susu tersebut supaya mencegah teksturnya menggumpal. Untuk hasil terbaik, kamu bisa gunakan produk susu penuh lemak.

Taburan keju juga bisa kok dipakai di atas makanan yang bercabai atau dicampur dengan saus pedas. Karena pada dasarnya, produk susu mengandung kasein, yaitu protein yang menyukai lemak. Zat ini berfungsi mengikat partikel minyak capcaisin yang menghasilkan sensasi pedas dari cabai.

3. Tambahkan Bahan Bercita-rasa Asam

tips-mengatasi-masakan-terlalu-pedas-05.jpg

Source: Istockphoto

Metode berikutnya ini sering dipakai pada masakan Thailand yang berbumbu cabai dan pedas, yakni menambahkan sensasi asam. Ya, kamu bisa menetralisir rasa pedas tersebut dengan memasukkan komponen bahan makanan yang punya rasa asam. Seperti contohnya perasan lemon, jeruk nipis, cuka, wine, tomat, atau bahkan potongan buah nanas.

Semua bahan tersebut akan membantu menetralkan tingkat pH minyak pedas dan mengurangi sebagian rasa pedas yang membakar lidah. Capcaisin adalah sejenis minyak alkali yang bersenyawa dengan asam, maka bisa diimbangi pula dengan cita-rasa asam ketika memasak. Selain itu perpaduan asam-pedas membuat sensasi rasa tersendiri yang nikmat di lidah.

4. Masukkan Produk Makanan Bercita-rasa Manis

tips-mengatasi-masakan-terlalu-pedas-06.jpg

Source: Istockphoto

Sudah jadi pengetahuan umum jikalau kita kepedasan, bisa dinetralisir dengan mengkonsumsi suatu hal yang manis. Bukan hanya di lidah saja, suatu masakan yang diberi tambahan suatu hal yang manis maka bisa menetralkan rasa pedas yang berlebihan.

Kamu bisa memanfaatkan sedikit gula pasir, gula merah, madu, atau kecap manis dalam masakan supaya gak kelewat pedas. Cukup tambahkan sedikit saja rasa manis hingga tingkat pedas di dalamnya sesuai dengan yang kamu inginkan. Jangan lupa, untuk selalu mencicipi setiap menambahkan gula supaya rasanya gak berubah 180 derajat menjadi terlalu manis.

5. Tambahkan Selai atau Bumbu Kacang

tips-mengatasi-masakan-terlalu-pedas-07.jpg

Source: Istockphoto

Tips mengatasi masakan terlalu pedas yang kelima adalah dengan menambahkan selai atau bumbu kacang ke dalam masakan. Mungkin akan banyak orang yang heran dan mendadak ragu mengenai tambahan selai kacang dalam masakan. Akan tetapi, tambahan satu sendok selai kacang memang ampuh meredam rasa pedas membakar dalam makanan.

Minyak dalam selai kacang, seperti kacang tanah, almond, mete, dan wijen (tahini) selain meredakan pedas, bisa digunakan sebagai pengganti minyak sayur. Namun perlu diingat bahwa gak semua makanan cocok ditambahkan selai atau bumbu kacang ini. Perlu diperhatikan juga makanan yang sesuai dengan cita-rasanya, seperti tumis-tumisan atau saus cocolan pedas.