Tips & Tricks

Cara Menghilangkan Cabean Gak Pake Ribet

by Danang Lukmana | June 21, 2021

Cara Menghilangkan Cabean Gak Pake Ribet
Gimana cara menghilangkan cabean? Sehabis mengolah cabai seperti saat mengulek sambal misalnya, seringkali tangan merasakan sensasi panas terbakar yang sangat bikin gak nyaman. Sensasi rasa panas di kulit sering disebut cabean atau wedangen. Sebetulnya hal tersebut gak berbahaya untuk tubuh karena gak merusak anggota tubuh kita. Akan tetapi rasa panas tersebut akan sangat mengganggu aktivitas kita, terlebih tangan yang sangat penting untuk beragam kegiatan. Sebetulnya apa sih penyebab rasa cabean tersebut?

Penyebab Cabean di Kulit

cara menghilangkan cabean akibat capcaisin

source: pexels

Dikutip dari Huffington Post, ternyata cabai mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Senyawa inilah biang keladi yang membuat kulit tangan bahkan saluran pencernaan kita terasa panas dan terbakar. Capsaicin akan merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit di tubuh. Akibatnya, ketika reseptor sakit ini diaktifkan, yang kita rasakan adalah sensasi panas dan terbakar. Tapi tenang saja, meski menghasilkan sensasi panas yang membakar kulit, capsaicin nggak akan sampai membuat kerusakan jaringan alias luka bakar beneran kok. Ini semua akibat molekul pada senyawa tersebut hanya berkaitan pada reseptor rasa sakit di sekitaran kulit tangan.

Berikut Cara Menghilangkan Cabean dengan Cepat

Sebetulnya supaya nggak terkena cabean, ketika mengolah cabai lebih baik menggunakan sarung tangan yang melindungi kulit. Akan tetapi jika sudah terlanjur kena, berikut cara menghilangkan cabean di kulit tangan tersebut:

1.      Cuci Tangan Pakai Sabun Cuci Piring

cara menghilangkan cabean sabun cuci piring

source: freepik

Saat rasa panas tersebut mulai menyerang, segera cuci tangan kalian menggunakan sabun untuk cuci piring. Gosokkan sabun tersebut ke seluruh bagian telapak tangan, punggung tangan, hingga sela-sela jari dan kuku. Sabun cuci piring biasanya lebih mudah melunturkan minyak yang terkandung pada cabai yang menempel di tangan. Hal tersebut lebih efektif daripada sabun pencuci tangan biasa. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

2.      Rendam ke Air Cucian Beras

cara menghilangkan cabean air beras

source: istockphoto

Cara berikutnya bisa dengan memanfaatkan air sisa cucian beras. Cukup dengan merendam tangan kalian ke dalam air cucian beras tersebut, lalu gosok-gosok dan diamkan lagi hingga 10 menit. Setelah proses tersebut selesai, kalian bisa membilas tangan hingga bersih. Jika masih terasa cukup panas, maka kalian bisa mengulangi proses tersebut hingga dua kali. Lalu bisa juga coba dibantu menggunakan sabun cuci piring agar rasa panas semakin menghilang.

3.      Rendam ke Dalam Susu

susu untuk cara menghilangkan cabean

source: istockphoto

Selain ampuh menghilangkan rasa pedas di mulut, susu ternyata ampuh juga lho buat dijadikan penghilang rasa cabean tersebut. Susu memiliki kandungan asam yang dapat mengurangi rasa panas di tangan akibat cabai. Bahkan, kandungan protein pada susu yang disebut dengan kasein, memiliki fungsi selayaknya deterjen alami yang dapat memecah capsaicin. Kandungan lemak pada susu juga mampu melarutkan senyawa capsaicin yang menjadi penyebab tangan menjadi panas. Caranya cukup dengan merendam tangan kalian ke dalam semangkuk susu. Lalu, biarkan selama beberapa saat hingga rasa panas sudah berangsur menghilang.

4.      Gunakan Hand Sanitizer Beralkohol

source: istockphoto

Cara menghilangkan cabean berikutnya adalah dengan menggunakan bantuan hand sanitizer yang mengandung alkohol. Cairan alkohol tersebut berguna untuk dijadikan penghilang rasa panas akibat sengatan capsaicin. Kandungan minyak cabai dan capcaisin tersebut akan lebih mudah larut dengan alkohol dibanding air biasa. Cukup dengan meneteskan cairan alkohol ke tangan, lalu gosok-gosokkan hingga merata. Sensasi dingin yang ditimbulkan alkohol ternyata sangat membantu dalam menurunkan gejala panas terbakar karena cabai tersebut.

5.      Baking Soda

source: istockphoto

Terakhir yang bisa kalian lakukan adalah dengan melumuri tangan menggunakan adonan dari baking soda. Caranya cukup campurkan baking soda dengan sedikit air hingga berbentuk adonan menyerupai pasta gigi. Setelah itu tinggal kalian oleskan merata di tangan. Baking soda juga diklaim dapat mengurangi rasa panas akibat cabean tersebut. Gimana, gampang kan cara menghilangkan cabean di kulit? Yang terpenting adalah kalian jangan panik dan jangan menggosok-gosokkan tangan ke area tubuh yang lain. Semoga tips ini bermanfaat ya!.