Tips & Tricks

9 Tips Simpan Makanan di Kulkas Supaya Gak Cepat Basi

by Annisa Indah | May 10, 2021

9 Tips Simpan Makanan di Kulkas Supaya Gak Cepat Basi
Agar usianya lebih lama dan tidak cepat basi kamu harus mengetahui tips simpan makanan di kulkas. Pasalnya kulkas sudah dibuat sedemikian rupa dengan level suhu yang berbeda-beda untuk jenis makanan tertentu. Kalau kamu salah menyimpan makanan, bisa-bisa cepat basi dan akhirnya kebuang. Sayang kan kalau sudah begitu. Supaya makanan gak cepat basi, yuk simak 9 tips simpan makanan di kulkas berikut ini!

1. Simpan Makanan pada Tempat yang Sudah Disediakan

[caption id="attachment_19533" align="alignnone" width="1200"] Photo by Pexels[/caption] Salah satu penyebab makanan cepat basi adalah karena tidak disimpan di tempat semestinya. Di dalam kulkas sudah tertera tempat penyimpanan makanan, misalnya telur di bagian pintu atas; meat and fish ada di bagian drawer bawah freezer; dan sayuran berada di laci paling bawah.

2. Simpan Daging, Ikan, dan Unggas dengan Membungkusnya

[caption id="attachment_19559" align="alignnone" width="640"] Photo by Pexels[/caption] Supaya daging, ikan dan unggas tetap segar saat di kulkas, bungkus dengan wrapper plastik saat menyimpannya. Tips simpan makanan di kulkas ini digunakan untuk mengurangi paparan bakteri berbahaya dan bau dari makanan lain. Selain itu, daging, ikan dan unggas yang kamu simpan pun terbebas dari bau makanan lain yang juga disimpan dalam kulkas.

3. Simpan Makanan Sisa dengan Penyimpanan Khusus

  [caption id="attachment_19534" align="alignnone" width="750"] Photo by Pexels[/caption] Tips simpan makanan di kulkas untuk makanan sisa sebaiknya disimpan dalam penyimpanan khusus yang kedap udara. Kamu bisa pakai food container atau rubber pouch agar makanan sisa tetap segar. Tapi tak semua makanan sisa bisa disimpan dalam kulkas. Dilansir dari Real Simple, jangan menyimpan sisa makanan dari makanan kalengan. Ketika makanan kaleng dibuka, sisa logam di bagian tepi bisa meresap ke dalam makanan dan meninggalkan rasa seperti logam.

4. Simpan Keju dengan Plastik Pembungkus atau Alumunium Foil

[caption id="attachment_19560" align="alignnone" width="640"] Photo by Pexels[/caption] Sering mendapati keju yang sudah dipakai terus jadi mengeras karena disimpan di dalam kulkas? Artinya, cara penyimpanannya yang salah tuh Nibblers. Setelah dipakai dan bersisa, keju sebaiknya dibungkus dengan plastik atau alumunium foil agar ujungnya tidak mengeras.

5. Tak Perlu Cuci Buah-buahan Saat Disimpan di Dalam Kulkas

[caption id="attachment_19558" align="alignnone" width="1000"] Photo by Pexels[/caption] Setelah dicuci kelembaban buah menjadi meningkat karena kadar air yang menempel, pahadal buah-buahan tak memerlukan kelembaban yang tinggi. Supaya gak cepat busuk hindari mencuci buah sebelum dimasukkan kulkas, ya.

6. Simpan Jenis Buah yang Berbeda di Tempat Terpisah

[caption id="attachment_19561" align="alignnone" width="640"]tips-simpan-makanan-di-kulkas-06 Photo by Pexels[/caption] Tips simpan makanan di kulkas selanjutnya yaitu menyimpan buah yang jenisnya berbeda di tempat terpisah. Misalnya apel dengan apel, pisang dengan pisang, jeruk dengan jeruk. Soalnya setiap buah mengeluarkan gas dengan level berbeda yang justru bakal merusak satu sama lain. Akhirnya buah-buahan jadi cepat busuk dan kebuang, deh.

7. Jangan Simpan Sayuran Terlalu Lama dalam Kulkas

[caption id="attachment_19562" align="alignnone" width="640"] Photo by Pexels[/caption] Berbeda dengan buah yang tak perlu dicuci, sayuran sebaiknya dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu sebelum masuk kulkas. Kelembapan dapat membuat jamur lebih cepat menyebar dan merusak sayuran. Selain itu, sayuran hanya bisa bertahan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Jadi sebaiknya sayuran segera dikonsumsi sebelum akhirnya mengunging, busuk, terus dibuang.

8. Manfaatkan Kentang Sebagai Penyerap Bau

[caption id="attachment_19563" align="alignnone" width="640"] Photo by Unsplash[/caption] Sebenarnya kentang bukan jenis buah yang baik disimpan dalam kulkas karena zat tepungnya akan berubah menjadi gula. Kentang sebaiknya disimpan di ruangan gelap pada suhu kamar bersama dengan bawang-bawangan. Akan tetapi, kentang dapat menyerap bau busuk dari makanan yang ada di kulkas. Caranya dengan memotong kentang kecil-kecil kemudian disebar ke bagian kulkas. Ganti setiap tiga hari sekali dengan kentang segar.

9. Tak Semua Makanan Bisa Disimpan dalam Freezer

[caption id="attachment_19564" align="alignnone" width="640"] Photo by Unsplash[/caption] Freezer memang tempat andalan untuk penyimpanan makanan yang tahan lama. Tapi tak semua makanan bisa masuk ke dalam freezer, lho. Melansir dari Greatist, ada beberapa jenis makanan yang tak boleh dibekukan, yaitu; salad kemasan, daging kalengan, makanan siap saji yang sudah dimasak di toko, telur dalam cangkang karena cangkang bisa pecah dalam suhu sangat dingin. Makanan ini mengandung zat berbahaya jika dibekukan dan akan mengontaminasi makanan lainnya di dalam kulkas. Nah, sebaiknya kamu menerapkan aturan yang pertama masuk kulkas, yang pertama keluar juga. Maksudnya makan makanan yang lebih dulu disimpan dalam kulkas agar makanan tak ada yang terbuang.