Tips & Tricks

Wajan Anti-Lengket Berkat Teknik Wok Seasoning

by Danang Lukmana | June 24, 2021

Wajan Anti-Lengket Berkat Teknik Wok Seasoning
Pernah dengar istilah wok seasoning? Sebagian besar orang pasti lebih menyukai wajan anti-lengket dibandingkan dengan wajan biasa. Bukan tanpa alasan kok, siapa yang nggak suka kalau bisa berkreasi masak di atas wajan tanpa kuatir makanan menempel akibat lengket. Selain mengganggu kegiatan memasak, makanan yang menempel juga bisa merepotkan saat harus dicuci. Banyak orang akhirnya meninggalkan wajan dan beralih pada produk teflon yang mengandung lapisan anti-lengket. Tapi kalian perlu tahu nih Nibblers, kalau alat masak berbahan aluminium, teflon, dan lapisan anti-lengket buatan pabrik itu bisa mengandung bahan berbahaya untuk makanan. Alat masak yang paling bagus dan aman justru yang berbahan dasar stainless steel. Meskipun begitu, peralatan memasak berbahan stainless, terutama wajan atau wok gak bisa langsung dipakai begitu saja. Soalnya ia harus di-seasoning terlebih dahulu supaya nggak lengket. Kalau udah nggak lengket kan kalian akan lebih nyaman ketika menggunakannya.

Wok Seasoning, Mengubah Wajan Biasa jadi Anti-Lengket

wok seasoning wajan

source: pexels

Nah sekarang sudah ada caranya lho yang bisa kalian lakukan untuk mengubah wajan stainless biasa menjadi anti-lengket. Cara tersebut dinamakan “wok seasoning” alias membumbui wok atau wajan. Lah kok, kenapa harus di-seasoning atau dibumbui dulu wajannya? Ya, hal tersebut karena wajan yang terbuat dari logam baja masih memiliki pori. Pori pada permukaannya inilah yang bikin ia jadi lengket. Emangnya gimana sih teknik wok seasoning yang benar supaya wajan stainless steel di rumah bisa jadi anti-lengket? Daripada memelihara rasa penasaran, yuk langsung aja disimak berikut ini yang dirangkum dari Paragram.

1.      Gosok dan Bersihkan Wajan Terlebih Dulu

mencuci wok sebelum seasoning

source: istockphoto

Sebelum kalian melakukan wok seasoning, langkah awal yang harus dilakukan adalah membersihkan wajan biasa terlebih dahulu. Kalian perlu menggosoknya pakai spons dan sabun untuk menghilangkan semua minyak pabrik dan debu yang terkumpul di permukaannya selama proses pengiriman. Jika wajan sudah pernah dipakai sebelumnya, pastikan nggak ada sisa makanan dan minyak yang menempel. Kalian boleh bahkan perlu untuk menggunakan sabun dan spons yang agak kasar serta bersifat abrasif untuk membersihkan permukaan dari wok tersebut.

2.      Gunakan Juga Air Panas Lalu Keringkan

Selain digosok dengan sabun dan air biasa, kalian juga harus mencucinya menggunakan air panas. Siram-siram bagian dalam dan luar dari wok tersebut dengan air panas dan gosok-gosok dengan alat penggosok yang berserabut kasar. Lalu bilas wok atau wajan tersebut dengan air biasa dan keringkan. Kalian bisa mengeringkannya dengan handuk atau kain di seluruh permukaannya.

3.      Panaskan Wok Secara Maksimal

source: istockphoto

Setelah wajan wok kalian sudah bersih dan kering. Letakkan di atas kompor dan nyalakan api kompor secara maksimal. Akan lebih bagus kalau kalian memiliki kompor mawar yang biasanya digunakan abang-abang nasi goreng, karena nyala apinya lebih optimal. Panaskan wajan hingga benar-benar berada dalam kondisi panas kurang lebih 5 menit. Jangan lupa bolak-balik wajan hingga seluruh bagian, baik dalam maupun luarnya terkena panas. Apabila wok tersebut sudah berwarna kecokelatan artinya sudah cukup panas dan lapisannya sudah mulai terbentuk.

4.      Tuangkan Air Di Tengah Proses Pemanasan

source: istockphoto

Saat wajan masih dalam keadaan panas, tuangkan segelas air ke dalamnya. Lihat dan perhatikan apakan sudah gak ada air yang menempel ke permukaan wajan. Apabila masih ada air yang menempel tandanya lapisan anti-lengket masih belum terbentuk. Tambahkan lagi air dan ratakan ke seluruh permukaan wajan menggunakan sodet di atas api yang masih menyala tersebut. Kemudian, buang air dan ulangi tahapan kedua dari awal.

5.      Tuang Minyak Goreng Ke Dalam Wajan

Masih dengan kompor yang menyala, tuangkan sedikit minyak goreng ke dalam wajan. Lalu, ratakan minyak tersebut ke seluruh permukaan wajan menggunakan sodet. Seharusnya sih lapisan anti-lengket sudah terbentuk pada tahap ini dan udah nggak ada lagi minyak yang menempel. Bila sudah, buang sisa minyak goreng tadi dari wajan.

6.      Keringkan Kembali Wok dengan Tissue atau Kain

Kalau minyaknya sudah dibuang, keringkan wajannya hingga bersih. Lalu ulangi keseluruhan proses dari awal lagi sepaya memastikan lapisan anti-lengket sudah benar-benar terbentuk. Ulangi terus sebanyak dua hingga tiga kali sesuai kebutuhan.

7.      Tahap Uji Coba

source: istockphoto

Jika sudah melakukan semua tahapan di atas dengan benar, tinggal lakukan uji coba untuk membuktikan kalau lapisan anti-lengket sudah benar-benar terbentuk. Masaklah telur mata sapi hanya dengan menggunakan satu sendok minyak goreng. Jika telur sama sekali nggak lengket dan bisa meluncur leluasa ketika woknya digoyang-goyangkan, artinya lapisan anti-lengket sudah terbentuk secara sempurna. Tapi jika masih saja telurnya menempel di permukaan wajan, lakukan kembali ya prosesi wok seasoning dari awal. Terus coba hingga berhasil dan jangan menyerah! Pastikan saat melakukan wok seasoning ini, ventilasi dapur kalian terbuka secara lebar ya! Sebab proses ini akan mengeluarkan asap pembakaran yang mungkin bisa mengganggu pernapasan.