Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexels

10 Sate Maranggi di Bogor yang Paling Nendang

October 14, 20197 min readFoodie Trends

Indonesia memang punya banyak sekali pilihan sate. Namun jika sudah bicara Jawa Barat tentu yang menjadi ikon adalah sate maranggi. Nah, walau merupakan kuliner sunda yang sudah lama ada, namun sate maranggi di Bogor sendiri baru bisa mencapai puncak popularitasnya beberapa tahun belakangan. Sate maranggi merupakan sate yang khas dari daerah Purwakarta dan Cianjur serta sudah menjadi bagian dari kuliner tradisional Indonesia.

Meningkatnya popularitas sate maranggi ini sendiri jelas tak lepas dari banyaknya wisatawan Jakarta yang berkunjung ke Jawa Barat. Nah, lantaran Bogor menjadi pintu utama masuknya para wisatawan ini menuju ke berbagai wilayah Jawa Barat, otomatis si Kota Hujan menjadi etalase utama bagi sate maranggi. Tak sedikit pula yang beranggapan kalau sate maranggi merupakan kuliner khas Bogor.

Buat kalian yang punya waktu liburan lebih buat main ke Purwakarta atau Cianjur, bisa hunting sate-sate maranggi enak di sana. Lalu untuk kalian yang cuma punya sisa waktu liburan di weekend saja, plus hanya bisa PP pula, tidak ada salahnya mencicipi kuliner ini di sekitaran Bogor saja. Di mana saja sih sate maranggi di Bogor yang rasanya nendang abis?

Sate Maranggi Sari Asih

Berkali-kali ke sate maranggi yang satu ini, kalian tidak akan pernah merasa bosan dengan kelezatan rasa satenya. Dikeroyok oleh banyak karyawan, di Sate Maranggi Sari Asih kalian tidak akan pernah merasakan yang namanya lama menunggu sate kalian dibuat. Padahal pada waktu-waktu ramai, pengunjungnya bisa benar-benar membludak seperti akan nonton konser.

Photos source: @yuliadela

Paling enak karena di Sari Asih kalian juga bisa memilih es kelapa sebagai teman minum si sate dan ketan bakar. Dengan harga per tusuknya Rp3.000 untuk yang campur lemak dan Rp4.000 untuk yang daging, kalian bisa mengenyangkan perut dengan harga yang cukup murah di sini. Satu kekurangannya adalah tak ada pemandangan lain selain ramainya kedai. Hal ini tidak terlalu masalah toh tujuan kalian ke sini memang untuk makan satenya kok.

Lokasi: Jl. Raya Pacet, Cisarua, Bogor.

Sate Maranggi SN 4444

Bisa dibilang SN 4444 merupakan salah satu jagoan sate maranggi di Bogor yang paling populer. Lokasinya di pinggir jalan Raya Tajur membuat kedai sate yang satu ini mudah sekali ditemukan. Selain itu desain restoran mereka yang terhitung modern untuk kelas kuliner sate maranggi, membuat pengunjung-pengunjung millennials bisa dengan mudahnya merasa betah untuk makan di sini.

Photos source: Tribunnews

Di SN 4444 pilihan sate marangginya ada tiga loh, yang full daging Rp3.500/tusuk, campur lemak Rp3.000/tusuk, dan full lemak Rp2.500/tusuk. Selain menu sate maranggi, tersedia juga berbagai menu lainnya seperti sop iga sapi, pepes ati ampela, pepes ayam, dan berbagai gorengan sapi. Jadi, kalian punya pilihan menu lainnya di sini.

Lokasi: Jl. Raya Tajur No. 289, Bogor Selatan, Bogor.

Sate Maranggi Ki Agah

Maranggi Ki Agah termasuk salah satu kedai sate maranggi yang berusia tua di Bogor. Memiliki potongan daging sapi yang gurih namun punya sedikit perbedaan di soal penyajian menu dan harga. Jika umumnya sate maranggi di Bogor menampilkan harga satenya per tusuk, di Sate Maranggi Ki Agah mereka menggunakan format per porsi.

Photos source: Travelingyuk

Terlepas dari itu, nilai lebih yang dimiliki Sate Maranggi Ki Agah adalah lokasinya yang berada di pusat Kota. Artinya aksesnya lumayan mudah untuk kalian yang memang sedang kulineran di Bogor. Sate

Lokasi: Jl. Sukasari 1 No. 35, Bogor Timur, Bogor.

Warung Sate Maranggi Abah Mahmud 2

Maranggi lainnya yang tak kalah enak dan hits adalah Warung Sate Maranggi Abah Mahmud 2. Di sini kalian bisa menikmati ragam kuliner sunda di samping menu utama sate marangginya. Bahkan ada nasi goreng dan mie goreng maranggi untuk kalian yang ingin alternarif lain.

Photos source: Travelingyuk

Dengan harga sate tanpa lemak Rp4.000 per tusuk dan sate campur lemaknya Rp3.500 per tusuk, membuat Maranggi Abah Mahmud patut diperhitungkan sebagai salah satu pilihan. Jangan tertipu oleh tampilan kedainya yang terasa biasa saja, karena sate maranggi di Abah Mahmud 2 rasanya teryata cukup lezat.

Lokasi: Jl. Pahlawan No. 131, Bondongan, Bogor.

Sate Maranggi Aping

Di Sate Maranggi Aping kita akan menemukan cara penyajian menu yang unik dengan peralatan makan  a la zaman dulu. Piring-piring dan tempat minum dari enamel khas betawi akan membuat suasana makan kita sekilas menjadi vintage. Selain itu pikulan sate khas penjaja sate keliling menjadi tempat penjual sate membakar satenya memperkuat ide tentang makan sate itu sendiri.

Photos source: @riafetriyani

Cara penyajian dan warna di Sate Maranggi Aping mungkin tidak banyak dilakukan oleh penjual sate maranggi di Bogor lainnya, namun hal ini justru menjadi ciri khas yang akan kita ingat tentang kedai sate tersebut. Harga seporsi sate campur lemak di sini Rp25.000 sedangkan untuk yang polosnya Rp35.000. Nah serunya adalah nasinya bisa refill, alias nambah terus hanya dengan harga Rp5.000 per orang.

Lokasi: Jl. Pandu Raya No. 2, Tegal Gundil, Bogor.

Sate Maranggi Sambel Pencok

Maranggi Sambel Pencok ini punya nama yang agak unik sendiri. Nama sambel pencok sendiri datang dari salah satu jenis sambal yang digunakan di sini. Ya, pencok adalah sayuran rebus dan sambal yang dipakai di kedai sate ini adalah sambal yang sudah dicampur dengan sayuran rebus seperti timun. Rasanya cukup unik, karena umumnya sate maranggi di Bogor menggunakan sambal oncom.

Di Sate Maranggi Sambel Pencok ini kalian juga bisa memesan menu lainnya seperti nasi ayam goreng lalapan atau juga pecel sayuran. Lokasinya yang ada di sekitaran Ciomas memang agak jauh dari pusat kota, tapi demi satenya yang lezat kita rekomendasi banget untuk maranggi yang satu ini.

Lokasi: Jl. Raya Ciomas No. 276A, Ciomas, Bogor.

El Majlas Resto

El Majlas bukanlah adalah kedai sate yang hanya berdedikasi dengan sate maranggi. Di sini juga tersedia sate ayam dan sate kambing serta tongseng. Walau tidak fokus dengan maranggian, namun ternyata sate maranggi di El Majlas enaknya serius loh. Sambal oncomnya juga termasuk salah satu yang tergurih.

Photos source: @rialestariani

Menunya disajikan per porsi dan untuk sate maranggi di sini dihargai Rp35.000 untuk satu porsinya. Sayangnya tidak ada pilihan untuk daging polos atau yang campur lemak. Lokasi mereka bisa ditemukan di Jl. Raya Cihideung jika kalian menuju Sukabumi dari arah Bogor.

Lokasi:Jl. Raya Cihideung, Palasari, Cijeruk, Bogor.

Sate Maranggi 72

Sekilas terlihat seperti kedai sate biasa, namun ternyata Sate Maranggi 72 punya rasa yang rekomen banget loh. Kami suka dengan cara penyajian sate di sini yang cenderung masih tradisional. Dapur bakarnya yang tepat berada di depan kedai plus pikulan khas sate keliling akan membawa aura sederhana yang khas namun penting untuk sebuah kedai.

Photos source: @bobynurzen

Merupakan salah satu sate maranggi di Bogor yang punya reputasi bagus, Sate Maranggi 72 punya harga yang terhitung murah. Untuk sate daging polos dihargai Rp3.000 per tusuk, campur lemak Rp2.500, dan full lemak hanya Rp2.000 per tusuk. Wajib banget deh dicoba.

Lokasi: Jl. Cilendek No. 72, Bogor Barat, Bogor.

Sate Maranggi Ketan Bakar H. Abad

Di wilayah Tanah Sareal memang agak sulit menemukan sate maranggi yang enak, namun hal ini dimanfaatkan oleh Sate Maranggi Ketan Bakar H. Abad untuk tampil menonjol. Dengan gaya kedai yang cukup modern akan membuat suasana santap sate kalian cukup nyaman.

Photos source: @satehajiabad

Tidak seperti di kedai sate umumnya yang menawarkan pilihan nasi sebagai teman makan satenya, di H. Abad mereka lebih menekankan untuk menikmati sate maranggi yang autentik dengan ketan bakar. Dan benar saja ketan bakar di H. Abad ini memang juara banget loh.

Lokasi: Jl. Beo No. 1, Tanah Sareal, Bogor.

Sate Maranggi Kang U,J Boga Rasa

Sate maranggi di Bogor punya nilai lebih bersama wisata Puncak-nya. Udara yang dingin tentu akan terasa semakin enak dinikmati bersama kuliner sate. Maranggi Kang U,J Boga Rasa ini merupakan salah satu yang memanfaatkan hal ini. Letaknya yang sudah di jalur Puncak, Bogor membuat sate maranggi kang U,J banyak dicari oleh weekend traveler yang ingin refreshing.

Photos source: @rianpedri

Selain punya sate maranggi, di Kang U,J ini kalian juga bisa menemukan sop iga sapi yang pastinya akan enak banget dinikmati panas-panas di sejuknya Puncak.

Lokasi: Jl. Raya puncak Km 83, Tugu, Bogor.

Itu dia rekomendasi kami untuk sate maranggi di Bogor yang rasanya nendang banget. Selain sate maranggi, Bogor juga memiliki banyak pilihan kuliner seperti bakso enak hingga rumah makan lesehan asyik. Tertarik mencoba?

Related Articles

Connect with Nibble