Foodies Guide To F&B Industry

Photo by freepik

11 Menu Selama Social Distancing yang Gak Ribet

March 20, 20206 min readTips & Tricks

Program social distancing belakangan ini tengah digaungkan oleh pemerintah untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19. Setiap orang diharap hanya beraktivitas di dalam rumah dan hanya keluar jika memiliki kebutuhan mendesak.

Tentunya kebijakan ini akan membuat hampir semua orang merasa terperangkap di rumahnya sendiri. Tak sedikit pula yang mulai bosan dengan rutinitas di dalam rumah. Salah satu cara untuk mengusir kebosanan ini adalah dengan melakukan berbagai aktivitas, salah satunya memasak.

Ada banyak menu selama social distancing yang bisa kalian coba buat di rumah. Berikut ini beberapa di antaranya.

Sereal

Photo source: pexels

Menu sarapan memang dikenal sebagai menu yang paling mudah dibuat. Ini dikarenakan di pagi hari tidak banyak waktu yang tersedia untuk menyiapkan makanan. Oleh karena itu, beberapa menu sarapan bisa kalian manfaatkan sebagai menu makanan selama social distancing dilakukan. Meski sederhana, tetapi menu sarapan tetap mengenyangkan karena memang dibuat sebagai makanan yang kaya akan nutrisi.

Salah satu menu sarapan yang bisa kalian manfaatkan adalah sereal. Sereal seperti kinoa, gandum, atau corn flakes saat ini sudah dapat dengan mudah didapat di mana saja. Makanan-makanan ini memiliki serat yang tinggi sehingga juga cocok untuk dimakan saat snacking time tiba. 

Telur Mata Sapi

menu selama social distancing

Photo source: delish.com

Telur menjadi menu selama social distancing yang harus selalu disiapkan persediaannya. Ini dikarenakan telur menjadi salah satu bahan yang paling mudah untuk dijadikan sebagai sebuah menu.

Banyak varian masakan yang menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Salah satu yang termudah adalah memasak telur mata sapi. Kalian hanya perlu membuka telur tepat di atas sebuah wajan atau teflon yang diletakkan di kompor. Biarkan selama beberapa menit hingga putih telurnya berubah warna menjadi kecokelatan dan voila, telur mata sapi siap dinikmati bersama dengan nasi hangat.

Roti Panggang

Photo source: archanaskitchen.com

Roti panggang merupakan menu sarapan selain sereal yang bisa kalian manfaatkan sebagai penghilang rasa lapar saat social distancing masih diberlakukan. 

Menu yang satu ini begitu mudah untuk dibuat. Kalian hanya perlu menyediakan roti tawar ataupun roti gandum untuk membuatnya. Jika kalian tidak mempunyai pemanggang roti, kalian masih bisa memanfaatkan teflon untuk memanggang roti di atas kompor.

Untuk memberi rasa dalam roti yang memiliki rasa hambar, kalian bisa menggunakan selai rasa buah-buahan yang kalian sukai. Jika ingin sedikit repot, kalian juga bisa menyiapkan  scramble egg dan sayuran untuk membuat sebuah sandwich.

Onigiri

menu selama social distancing

Photo source: youmiam.com

Onigiri merupakan sebuah menu yang sudah menjadi ciri khas dari masyarakat di Jepang. Begitu mudahnya menyiapkan menu yang satu ini di pagi membuat onigiri sering dijadikan bekal bagi anak sekolah atau pekerja. Bahkan, onigiri pun bisa ditemukan di banyak tempat perbelanjaan.

Membuat onigiri hanya memerlukan nasi yang dipadatkan menjadi bentuk segitiga ataupun bulat. Di zaman dulu, isian onigiri adalah buah plum, tetapi seiring berkembangnya zaman isiannya pun mulai beraneka ragam. Selembar rumput laut yang ditempel di bagian luar nasi kepal menjadi pelengkap salah satu menu selama social distancing ini.

Sup Jahe Ayam

Photo source: nutritiouslife.com

Sup ayam merupakan salah satu makanan yang dipercaya menjadi salah satu menu sehat yang dianjurkan untuk dimakan oleh siapa pun. Belum lagi, tambahan jahe dalam menu ini membuatnya menjadi salah satu menu bagus untuk mencegah virus COVID-19 yang menyebabkan social distancing diterapkan di seluruh dunia.

Selain dapat menghangatkan tubuh di saat dingin menerpa, kandungan nutrisi dalam jahe akan semakin menguatkan tubuh guna menangkal masuknya segala macam penyakit. Mungkin menu satu ini adalah menu selama social distancing yang paling tepat untuk kalian buat di rumah.

Tumis Sayur

menu selama social distancing

Photo source: masakapahariini.com

Salah satu metode memasak yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menumis makanan. Kalian tidak memerlukan minyak goreng dalam jumlah banyak. Cukup kompor yang menyala dengan api yang besar kalian butuhkan untuk menumis sebuah masakan.

Salah satu tumis yang paling sering dibuat adalah tumis sayur. Dibandingkan dimasak dengan metode lain, memasak sayur dengan cara menumisnya adalah salah satu cara terbaik. Sayuran tidak akan terlalu banyak kehilangan kandungan nutrisinya karena hanya dimasak sebentar dan sedikit minyak.

Salad Buah

Photo source: bbc.co.uk

Buah-buahan menjadi salah satu makanan yang harus tersedia di rumah ketika social distancing dilakukan. Ini dikarenakan buah-buahan memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan bisa menjadi pelengkap dari menu berat yang kalian makan setiap harinya.

Salah satu cara menikmati buah-buahan ini selain dimakan langsung adalah dengan membuatnya menjadi salad buah. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa jenis buah dan mencampurnya dengan mayones dan yoghurt. Kedua jenis makanan ini dibutuhkan untuk memberikan rasa asam dari salad yang kalian buat.

Capcay

Photo source: pinterest

Selain ditumis, salah satu cara terbaik lainnya untuk memasak sayuran adalah dengan menjadikannya dalam satu jenis masakan, yaitu cap cay. Cap cay adalah masakan asli Tiongkok yang kemudian menjadi salah satu masakan yang dapat dengan mudah ditemukan di semua restoran Chinese food di seluruh Indonesia.

Memasak cap cay sendiri di rumah juga bisa kalian lakukan. Setiap menu cap cay biasanya berisikan kol, kubis, wortel, jagung, jamur, dan daun bawang. Kalian hanya perlu merebus semua bahan tersebut di dalam air dan minyak dalam jumlah kecil. Selain itu, tambahkan sedikit garam, bawang, dan gula untuk memperkaya rasa.

Nasi Goreng

Photo source: pexels

Siapa yang tidak menyukai nasi goreng? Makanan yang diyakini merupakan salah satu makanan asli Indonesia ini bahkan sempat menempati peringkat ke-2 dari 50 makanan terenak di seluruh dunia dalam survey yang dilakukan CNN International pada tahun 2011. Membanggakan bukan?

Membuat nasi goreng juga sangat mudah sehingga bisa menjadi menu selama social distancing dilakukan. Biasanya nasi goreng dibuat dari nasi sisa atau nasi pera yang tidak memiliki tekstur pulen agar tidak lengket ketika dimasak. Versi paling simpel dari nasi goreng hanya memerlukan nasi yang digoreng dengan tambahan kecap manis dan sambal akan menghadirkan rasa pedas.

Sambal

menu selama social distancing

Photo source: id.tastemade.com

Sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai makanan pedas. Oleh karena itu, memakan sebuah makanan tanpa sambal justru terasa kurang bagi mereka. Belum lagi bagi orang yang gila sambal, bahkan bisa saja dalam wadah makannya lebih dipenuhi oleh sambal dibandingkan dipenuhi nasi atau lauk lainnya.

Sambal sendiri memiliki banyak variannya di Indonesia. Hampir tiap daerah memiliki sambal sendiri sehingga tidak kurang dari 20 jenis sambal tersedia dari seluruh penjuru nusantara. Yang paling mudah adalah membuat sambal bajak karena hanya memerlukan cabai merah dan cabai keriting yang diulek dengan tambahan sedikit garam.

Bubur Kacang Hijau

Photo source: masakanmama.com

Bubur dikenal sebagai salah satu makanan yang cocok untuk dinikmati orang yang sakit karena tidak perlu banyak kunyahan untuk menelan makanan ini. Berbagai varian bubur pun hadir di Indonesia, salah satunya adalah bubur kacang hijau.

Bubur kacang hijau seringkali dianggap teman terbaik anak kos di tanggal tua karena harganya yang murah dan memiliki rasa yang enak. Untuk membuatnya sendiri di rumah kalian hanya memerlukan kacang hijau, air, dan gula aren. Daun pandan ditambahkan dalam rebusan bahan-bahan tersebut untuk memberikan bau harum.

Itu tadi beberapa menu yang bisa kalian siapkan selama social distancing dilakukan. Siap untuk berkreasi memasak selama berada di rumah?

Related Articles

Connect with Nibble