Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Freepik

12 Snack Paling Sehat Buat Snacking Time

February 21, 20205 min readHealthy Foodie

Kalau selama ini kalian selalu menghindari sesi ngemil karena takut gendut, kalian harus mengubah kebiasaan kalian. Faktanya, ngemil punya banyak manfaat untuk tubuh, bahkan bisa bikin angka timbangan turun juga. Asalkan kita bijak dalam memilih snack yang akan dikonsumsi.

Daripada memilih ice cream, coklat super manis, atau chiki penuh micin, ganti snack kalian dengan yang lebih sehat. Mau tahu snack paling sehat buat snacking? Yuk disimak artikel berikut ini.

1. Dark Chocolate dan Almond

Photo source: aarp.org

Buat kalian penggemar cokelat, masih bisa kok untuk ngemil cokelat waktu snacking. Syaratnya, pilih dark chocolate yang mengandung 70% cocoa. Dark chocolate kaya akan flavanol yang dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung. Agar lebih enak, kalian bisa mengombinasikan dark chocolate tersebut dengan almond.

Almond dikenal mengandung lemak tak jenuh tunggal yang sehat buat jantung dan dapat mengontrol gula darah juga. Selain itu, almond juga dapat menekan nafsu makan dan membantu kita menurunkan berat badan.

2. Buah

snack paling sehat

Photo source: joyfoodsunshine

Memilih snack paling sehat itu nggak ribet kok. Kalian bisa dengan mudah makan buah saat ngemil. Adapun beberapa buah yang mudah dibawa ke mana-mana, antara lain pisang, apel, pear, anggur, dan jeruk.

3. Tomat Cheri dengan Keju Mozarella

Photo source: iloveitalianfood

Kalian mungkin tak pernah membayangkan bagaimana rasa tomat ceri saat dicampur dengan keju mozarella. Nyatanya, kedua makanan ini sempurna untuk menjadi snack paling sehat buat snacking time.

Tomat kaya akan vitamin C, potasium, dan lycopene, antioksidan yang mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung. Sedangkan mozarella kaya protein, kalsium, dan vitamin B12. Keju ini bermanfaat untuk mengurangi risiko sakit jantung dan menaikkan kadar HDL.

Jika ingin menyantapnya, kalian bisa menyiapkan 1 cup tomat cheri (sekitar 149 gram) dengan 60 gram keju mozarella. Porsi tersebut mengandung tidak lebih dari 200 kalori.

4. Telur Rebus Matang

Photo source: onceuponachef

Telur juga merupakan salah satu snack paling sehat dan dapat mendukung kalian dalam menurunkan berat badan. Kandungan protein, vitamin K2 dan B12 di dalamnya juga sangat tinggi. Yang paling penting, ngemil telur sangat mengenyangkan sehingga dapat mengurangi asupan kalori yang mungkin akan kita makan saat tidak mengonsumsi telur.

Kalau selama ini telur dianggap sebagai penyebab kolesterol nomor satu, penelitian terbaru menunjukkan kalau konsumsi telur yang tidak berlebihan tak akan berpengaruh pada kesehatan jantung kita.

Dalam satu hari, kalian bisa ngemil dua telur rebus matang berukuran besar yang mengandung sekitar 140 kalori dan 13 gram protein.

5. Sepotong Keju

Photo source: businessinsider

Kita selalu menyandingkan keju dengan makanan lain demi food experience yang tak terlupakan. Padahal saat keju juga bisa jadi snack paling sehat yang bisa dimakan apa adanya, tanpa tambahan bahan lain. Meskipun keju terkenal mengandung lemak jenuh, masih belum ada studi yang membuktikan kalau makanan ini bisa membuat risiko penyakit jantung makin besar.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan konsumsi dua porsi keju sehari tidak meningkatkan kadar kolesterol LDL. Kalian bisa ngemil 1 porsi keju (60 gram) untuk mendapatkan 14 gram protein dan 200 kalori.

6. Edamame

Photo source: Food Detik

Edamame merupakan sajian yang terbuat dari kacang kedelai mentah yang dikukus. Cemilan ini sempurna untuk vegetarian. Profil rasanya yang unik bisa membuat kita ketagihan dan tidak bisa berhenti menyantapnya lho.

Kandungan antioksidan kaempferol yang tinggi terbukti bisa membantu kita menurunkan berat badan, dan menurunkan kadar gula darah. Edamame juga mengandung asam folat, zat besi, magnesium, dan mangan.

Untuk snacking time, kalian bisa menyiapkan 1 cup (155 gram) edamame untuk menerima asupan 17 gram protein dan 180 kalori.

7. Yogurt

snack paling sehat

Photo source: nutriholist

Lagi cari snack paling sehat yang rasanya menyegarkan? Kalian bisa ngemil yogurt di siang hari. Yogurt mengandung kalsium, serta, protein, dan probiotik yang baik untuk usus. Tapi sebaiknya pilih yogurt plain tanpa tambahan perisa dan gula. Lalu, campur dengan buah yang bisa berperan sebagai pemanis alami.

8. Popcorn

Photo source: foodandwine

Susah lepas dengan chiki yang gurih dan bikin nagih? Ganti saja dengan popcorn. Snack paling sehat yang satu ini mengandung serat yang sangat tinggi. Satu porsi (sekitar 3 cup ) popcorn bisa menyumbang 4 gram serat dan 110 kalori untuk tubuh. Itulah kenapa popocorn cocok untuk jadi cemilan yang menjaga semangat kita sepanjang hari.

9. Oatmeal

Photo source: platingsandpairings

Oatmeal merupakan sumber karbohidrat kompleks, yang artinya makanan ini dapat membuat kita merasa kenyang tanpa meningkatkan gula darah. Snack paling sehat ini juga menjadi sumber serta baik yang bisa menurunkan berat badan. Tapi kalian harus ingat, saat membuatnya, pastikan untuk tidak memberikan gula tambahan ke dalamnya.

10. Seeds

Photo source: homeguides

Seeds seperti pumpkin seeds atau kuaci (biji bunga matahari) juga bisa menjadi pilihan snack paling sehat. Seeds memiliki kandungan protein yang tinggi. Makanan ini juga mudah disimpan dan dibawa-bawa, sehingga dapat dimakan kapanpun dan di manapun. Seeds bisa dicemilin apa adanya atau dijadikan topping untuk toast, yogurt, atau oatmeal.

11. Nori

Photo source: maangchi

Cemilan gurih dan renyah yang satu ini merupakan alternatif pengganti keripik yang biasanya kita makan saat mau ngemil. Nori jelas lebih sehat karena mengandung mineral dan vitamin A, C, E, K. Banyak yang menganggap nori sebagai sayuran dalam menu sehari-hari kita karena rendah kalori, berserat, dan padat nutrisi.

12. Granola

Photo source: thepioneerwoman

Saat ini sudah makin mudah menemukan cemilan granola di supermarket. Ini bisa menjadi pilihan snack sehat karena kaya protein, serat, dan karbohidrat sehat. Beberapa brand cemilan granola yang bisa kalian pilih, misalnya East Bali Cashews, Singabera, Oat Morning, Granola Creations, Granolab, dan masih banyak lagi.

Jadi cemilan paling sehat mana yang paling kalian suka?

Related Articles

Connect with Nibble