Foodies Guide To F&B Industry

Photo by edura.id

11 Tempat Makan di UI Paling Ngehits se-Depok

January 27, 20206 min readFoodie Trends

Di tengah tumpukan tugas dan padatnya aktivitas di kampus, mahasiswa butuh asupan makanan enak untuk tambahan energi sekaligus untuk menjadi mood booster. Salah satu kampus yang sangat memperhatikan kebutuhan kuliner para mahasiswanya adalah Universitas Indonesia (UI). Bergelimang dengan kuliner, kami-pun penasaran dengan apa saja yang enak kalau sudah bicara soal tempat makan di UI.

Selain punya makanan enak, efek dari pembangunan yang melonjak beberapa tahun belakangan di kampus ini membuat beberapa lokasi kulinernya terasa lebih kece dan Instagramable.

Buat kalian yang berada di kawasan UI, yuk sesekali singgah ke 11 tempat makan di UI paling nge-hits berikut ini.

1. Hiroya

Photo source: @myrenoland

Hiroya adalah surga untuk penyuka makanan Jepang. Sesuai dengan konsepnya, interior di Hiroya sangat kental dengan nuansa Jepang. Ini didukung pula dengan makanan andalannya yang semuanya serba ke-Jepangan. Bagi pecinta salmon, kalian bisa mencicipi paket salmon namban yang rasanya autentik. Potongan salmonnya tebal dan paket menu ini juga dilengkapi dengan air putih atau es teh manis free flow.

Lokasi: Universitas Indonesia, PSJ, Jl. Prof. Dr. Selo Soemardjan, Beji, Depok.

2. Mini Pique Nique

tempat makan di ui

Photo source: @ardyatheodore

Buat anak-anak FE pasti nggak asing lagi sama Mini Pique Nique. Tempat makan di UI ini selalu ramai saat jam makan siang. Tidak heran, menu yang ditawarkan memang cukup lengkap, mulai dari Western food, menu Asia, sampai dessert yang enak-enak. Menurut kami, spaghetti aglio olio di sini bisa banget jadi penyelamat saat kelaparan. Harganya murah, tapi rasanya enak dengan saus creamy yang berasa banget bumbunya.

Lokasi: Universitas Indonesia, FE, Jl. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Beji, Depok.

3. Mie Ayam "Sengketa" LBI FIB UI

tempat makan di ui

Photo source: Happy Ferdian

Nama tempat makan yang satu ini udah jadi legenda di kalangan anak-anak UI. Ada cerita unik di balik nama Mie Ayam Sengketa. Konon mie ayam ini menjadi rebutan anak-anak FIB dan FISIP UI. Anak FIB meng-klaim kalau ini adalah mie ayam FIB, sebaliknya anak FISIP menganggap ini adalah mie ayam FISIP. Akhirnya tercetuslah nama Mie Ayam Sengketa karena kasus ‘perebutan’ hak milik tersebut.

Mie ayam ini sebenarnya sangat sederhana, dijajakan menggunakan gerobak kaki lima. Tapi antriannya luar biasa ramai, terlebih saat jam-jam makan. Harganya pun ramah di kantong mahasiswa, hanya Rp10.000 per porsi. Rasanya memuaskan dengan potongan ayam yang tidak pelit.

Lokasi: Universitas Indonesia, FIB, Jl. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Beji, Depok.

4. Ayam Bakar Ortega

Photo source: yudistira ishak abrar

Meski tidak berada di kawasan UI, Ayam Bakar Ortega selalu jadi tempat makan hits untuk para mahasiswa yang ngekos di daerah Kukel (kukusan kelurahan) UI. Ayam Bakar Ortega yang menjadi menu andalan tempat makan di UI ini. Bumbunya pecah banget di mulut, ada sensasi rasa pedas, manis, dan asam yang menyatu saat kalian menyantapnya. Apalagi dimakan dengan lalapan dan sambal terasi, pasti kalian tidak bisa berhenti mengunyahnya.

Lokasi: Jl. Palakali No.52A, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat.

5. Bikun Coffee

Photo source: @hadisetyodiny

Kalau bicara tentang makanan enak FH, Bikun Coffee menjadi tempat makan di UI yang wajib kalian kunjungi. Cafe ini hadir dengan konsep yang sangat unik karena menggunakan bis kuning (bikun) tua yang direnovasi menjadi sebuah area makan. Vibesnya asik banget buat nongkrong, makanannya pun cocok buat jadi pengganjal perut, ada nasi goreng, pisang bakar, roti bakar, sosis bakar, bakmi goreng, spaghetti, dan Milo dinosaurus yang super segar.

Lokasi: Universitas Indonesia, FH, Jl. Prof. Mr Djokosoetono, Beji, Depok.

6. Kafe & Restoran Korea

tempat makan di ui

Photo source: Ana Fitriyani

Sesuai dengan namanya, tempat makan di UI yang hits ini menyajikan hidangan Korea yang bisa memanjakan lidah kalian. Bibimbab di sini nggak kalah enak dari restoran Korea terkenal. Dibanderol dengan harga sekitar Rp49.000, porsi menu ini cukup banyak, rasanya enak, dan kimchi yang digunakan terasa segar. Kalau kalian cari makanan yang murah meriah dan mengenyangkan, kalian bisa memesan kimbap yang harganya sekitar Rp35.000. Dalam satu porsi, terdapat 12 potong kimbap yang akan bikin perut kalian penuh.

Lokasi: Universitas Indonesia, Perpustakaan Pusat, Jl. Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, Beji, Depok.

7. Dips Ice Cream

tempat makan di ui

Photo source: @dips.ice

Saat otak terasa panas akibat terlalu lama belajar, menyantap ice cream dapat menjadi jalan keluar untuk mendapatkan kesegaran. Melipir saja ke Perpusat UI karena di sana ada Dips Ice Cream yang punya banyak varian ice cream menggiurkan. Thai Tea Ice Cream di sini bikin nagih banget, manisnya tidak berlebihan, dan bisa ditambahkan bubble pula yang bikin rasanya makin mantap.

Lokasi: Universitas Indonesia, Perpustakaan Pusat, Lantai 1, Jl. Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, Beji, Depok.

8. Javaroma Bottega del Caffe

Photo source: @fotoperspektif

Javaroma merupakan pengganti Starbucks yang lokasinya berada di Perpusat UI. Pilihan kopinya dijamin bikin mata kalian segar dan pikiran tenang. Kalau tidak suka ngopi, Greentea Frappe juga bisa jadi pilihan. Rasa matchanya dominan banget sehingga membuat minuman ini tidak terlalu manis. Rasa frappenya sendiri terasa creamy seperti cream cheese.

Lokasi: Universitas Indonesia, Perpustakaan Pusat, Jl. Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, Beji, Depok.

9. Waroeng'e Harsa

Photo source: @ui.enak

Masih di Perpusat UI, saat kalian kangen dengan masakan Jawa atau rumahan, kalian bisa mampir ke Waroeng'e Harsa. Tempat makan di UI yang sudah lama berada di Perpusat ini punya Nasi Bakar yang terkenal sedapnya. Isi nasi bakar ini cukup lengkap, kalian bisa memilih filling teri, oncom, ayam, atau kombinasi semuanya.

Lokasi: Universitas Indonesia, Perpustakaan Pusat, Jl. Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, Beji, Depok.

10. Green T

Photo source: yudistira ishak abrar

Ingin nongkrong cantik di sela-sela jam kuliah? Datang saja ke Green T di Perpusat. Kalau ke sini, Green Tea Late yang merupakan signature drink tempat makan di UI ini haruslah kalian pesan. Rasa greentea autentik dengan tingkat kemanisan yang tidak berlebihan. Kalian juga bisa menambahkan whipped cream dan caramel agar rasanya makin enak. Sambil minum Green Tea Latte, isilah perut dengan Melted Cheese Mozarella. Hidangan ini merupakan sandwich dengan isian keju mozarella yang meleleh dan terasa gurih.

Lokasi: Universitas Indonesia, Perpustakaan Pusat, Jl. Prof. Dr. Nugroho Notosusanto, Beji, Depok.

11. AH Resto Cafe

Photo source: @coolinary

Satu lagi tempat makan di UI yang nge-hits banget di FE, yaitu AH Resto Cafe. Ini bisa banget jad pilihan saat kalian mau makan mewah dengan harga mahasiswa. Di sini kalian bisa mencicipi Wagyu Steak seharga kurang lebih Rp113.000. Empuknya dapet banget dengan saus steak yang finger lickin. Di tempat ini, kalian juga bisa mencari kue ulang tahun yang harganya terjangkau dengan kualitas bintang lima.

Lokasi: Universitas Indonesia, FE, Jl. Prof. Dr. Sumitro Djojohadikusumo, Beji, Depok.

Seru banget ya pilihan tempat makan di UI yang nge-hits abis? Menurut kalian, tempat makan mana nih yang paling enak? Buat yang mau menjelajahi kawasan Depok, kalian bisa intip 9 Coffee Shop di Depok Paling Cozy dan Kekinian buat jadi tempat nongkrong.

Related Articles

Connect with Nibble