Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Istimewa

11 Tempat Ngopi di Bogor Paling Cetar Buat Foto-Foto

December 10, 20197 min readFoodie Trends

Bogor sudah lama dikenal sebagai kota yang memiliki curah hujan tertinggi di Indonesia. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi dinginnya cuaca tentunya adalah dengan mengonsumsi makanan ataupun minuman hangat. 

Inilah yang menjadi salah satu alasan menjamurnya tempat ngopi di Bogor. Saking banyaknya coffee shop yang baru dibuka, salah satu cara terbaik dari mereka untuk menarik pengunjung adalah dengan menyediakan spot foto yang instagramable.

Pengen tau kedai kopi mana saja di Bogor yang menjadi rekomendasi kami? Yuk cari tau dalam artikel ini!

Kopi Daong 

Photo source: dakatour.com

Sebelum dikenal sebagai salah satu kedai kopi, kawasan ini sudah lebih dulu dikenal sebagai salah satu tempat wisata bagi masyarakat Bogor. Terletak di tengah hutan pinus, banyak spot instagramable yang bisa kalian temukan, seperti gardu pandang, skybike a la Coban Rais atau permadani terbang a la Dago Dream Park.

Pada awalnya kedai kopi ini hanya menyediakan kopi. Namun, karena banyaknya permintaan dari pengunjung untuk menyediakan makanan berat, maka pada pertengahan tahun 2019 ini makanan berat juga disajikan.

Sesuai namanya, Es Kopi Daong adalah menu andalan dari kedai ini. Rasa dari biji kopi terasa sangat kuat dalam sajian satu ini. 

Lokasi: Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor. 

Anthology

Photo source: bobocantik.com

Varian kopi yang disajikan di tempat ngopi di Bogor satu ini cukup lengkap. Mulai dari espresso, piccolo, hingga affogato dapat kalian pilih sesuai selera.

Selain menu kopinya yang lengkap, ambiance yang ditawarkan juga sangat menenangkan jiwa dan raga. Memiliki bangunan yang cukup besar didukung dengan penataan interior yang ciamik menjadi salah satu nilai lebih Anthology. Tempatnya yang terletak di pinggir danau tentu menghasilkan banyak spot foto cantik yang bisa kalian eksplor. 

Lokasi: Komplek Danau Teratai, Jl. MH. Thamrin, Sentul, Bogor.

Finch Coffee and Kitchen

tempat ngopi di bogor

Photo source: jktgo.com

Terletak di sebuah hutan pinus membuat pemandangan dari salah satu tempat ngopi di Bogor ini didominasi oleh warna hijau dari tanaman. Bahkan, banyak juga tanaman hijau yang digantung di langit-langit kedai. Memiliki 2 lantai, salah satu spot foto terbaik dari Finch Coffee and Kitchen adalah lantai dua dimana pemandangannya begitu menenangkan.

Sama seperti Anthology, varian kopi dari Finch Coffee and Kitchen juga cukup lengkap. Bahkan, beberapa menu es kopi di kedai satu ini disajikan dengan tambahan es krim vanila yang tentunya semakin menambah cantik tampilan kopi.

Lokasi: Taman Budaya, Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Sentul, Bogor.

Sama Dengan

Photo source: @samadengancoffee

Sama Dengan memiliki 3 cabang di kawasan Jabodetabek. Salah satu cabangnya terletak di Cisarua, Kabupaten Bogor. Di cabang Cisarua ini, pemandangan dari Sama Dengan sangat cantik dengan latar perbukitan sebagai pemanis.

Meskipun pemandangan perbukitan hanya bisa kalian nikmati di bagian outdoor dari kedai ini, tapi ternyata bagian indoor-nya juga tidak kalah instagramable. Nuansa hijau dari tanaman ditambah dengan kicauan burung pastinya akan semakin membuat kalian betah berlama-lama di kedai ini. 

Lokasi: Jl. Raya Puncak - Cianjur No. 54, Cisarua, Bogor.

Popolo

Photo source: rikisugianto.weebly.com

Popolo memiliki tiga cabang di kawasan Bogor. Salah satu cabangnya berada di Sentul dan terletak tepat di depan Finch Coffee and Kitchen. 

Pada awal kemunculannya, coffee shop ini langsung menjadi buah bibir di kalangan millenial. Ini tidak terlepas dari desain kedainya yang mengambil konsep rumah kaca. Berada di sebuah rumah kaca yang dikelilingi pohon-pohong yang menjulang tinggi tentunya akan menghadirkan suasana cozy. Pada malam hari bahkan Popolo akan semakin cantik dengan kilauan lampu.

Lokasi: Taman Budaya Sentul, Jl. Siliwangi No. 1, Sentul City, Sentul, Bogor.

Kopi Nako

tempat ngopi di bogor

Photo source: jktgo.com

Dari namanya saja sudah tergambar bahwa jendela di tempat ngopi di Bogor yang satu ini didominasi oleh kaca nako. Kaca nako ini hanya satu di antara beberapa keunikan lain di Kopi Nako. Spot instagramble lainnya bisa kalian temukan di bagian atap Kopi Nako yang dipenuhi kaca.

Yang menarik, di cabang Kopi Nako di Bogor ini, selain menjual kopi mereka juga menjual aneka makanan berat. Ini dikarenakan di area yang sama dengan kedai Kopi Nako ini juga dibangun Warteg Nako yang menjual makanan yang biasanya dijual di warteg. Bahkan, rasa makanannya pun tak kalah lezat dengan Es Kopi Nako-nya.

Lokasi: Jl. Pajajaran Indah V No. 7, Bogor Timur, Bogor.

Janjian Coffee Roasters

Photo source: rinamutiadewi.com

Simpel tapi berkelas, mungkin kalimat itulah yang bisa menggambarkan kedai kopi satu ini. Banyak orang yang mengatakan Janjian Coffee Roasters mirip seperti kafe-kafe di Bandung yang berkarakter bangunan rustic. Tambahan mural dan hawa sejuk di bawah naungan pepohonan pinus akan semakin membuat kalian betah.

Setiap orang yang memesan kopi di kedai satu ini pasti akan selalu menuju halaman sebelum menikmati kopi yang mereka pesan. Mereka akan langsung meng-update Instagram mereka dengan latar pohon pinus ataupun meja di Janjian yang dibuat dari kayu bekas.

Lokasi: Jl. Lawang Gintung No. 57, Bogor Selatan, Bogor.

Death by Chocolate

Photo source: hellobogor.com

Siap-siap melihat hal menyeramkan jika kalian datang ke restoran yang satu ini. Death by Chocolate dipenuhi dengan replika benda menyeramkan, seperti kelelawar, laba-laba, dan bahkan tulang belulang. Bahkan, di waktu tertentu, restoran ini memiliki special show yang sayang untuk kalian lewatkan.

Meskipun bukan spesialis menyajikan kopi, Death by Chocolate memiliki kopi dalam daftar menunya. Walau menu kopi di resto satu ini tidak terlalu lengkap, tapi rasanya tidak kalah dengan kedai kopi lainnya, loh.

Lokasi: Jl. Bina Marga 1 No. 1, Bogor Timur, Bogor.

Two Stories

tempat ngopi di bogor

Photo source: taysbakers.com

Tatanan interior yang eye catching membuat kafe yang terdiri dari dua lantai ini sangat diminati anak-anak muda Kota Bogor. Setiap lantainya memiliki desain interior yang berbeda sehingga membuat banyak spot instagramble yang bisa dimanfaatkan.

Lantai pertama lebih sering dimanfaatkan pengunjung sebagai tempat untuk kumpul keluarga. Banyak orang yang menyukai lantai ini saat pertama kali masuk karena melihat gambar kelinci besar nan lucu yang melapisi dinding. Selain itu lantai satu ini adalah ruangan khusus tanpa asap rokok sehingga lebih banyak diisi oleh rombongan keluarga dengan anak kecil.

Pada lantai kedua atau area rooftop lebih berfungsi sebagai smoking area. Gaya industrial dan rustic begitu kuat saat menginjakkan kaki ke lantai ini. Furnitur perpaduan material kayu dan besi menjadi daya tarik tersendiri. Sebuah dinding batu bata merah tinggi bertuliskan “Tell Your Story” menjadi spot foto instagramable yang banyak disukai pengunjung. 

Lokasi: Jl. Pajajaran Indah V No. 7, Bogor Timur, Bogor.

Imah Nini

Photo source: mydairynote.blogspot.com

Banyak benda bernuansa zaman dahulu yang bisa kalian temukan di tempat ngopi di Bogor yang satu ini, seperti lukisan, hiasan dinding, bahkan meja dan kursi. Saking jadul-nya, benda-benda ini bisa menjadi spot foto yang menarik untuk Instagram kalian.

Varian kopi di Imah Nini ini pun termasuk cukup lengkap. Mulai dari mocchacino, frappe, latte, dan bahkan kopi jahe bisa kalian pilih. Bahkan, tersedia juga menu manual brew dengan berbagai metode, seperti pour over, cold drip, aeropress, dan syphon. 

Lokasi: Jl. Bangbarung Raya No. 6C, Bogor Utara, Bogor.

Cyrano Cafe

tempat ngopi di bogor

Photo source: komeorangecat.blogspot.com

Terdiri dari dua lantai, tampaknya Cyrano Cafe memang sejak awal sudah di-desain untuk menjadi sebuah kafe yang menjadi tujuan utama banyak orang yang mencari konten. Ini dikarenakan tiap sudut Cyrano Cafe sudah disulap dengan banyak spot foto dengan tema yang berbeda.

Meskipun berbentuk kafe, berbagai varian es kopi menjadi tetap menjadi andalan mereka. Es kopi melaka + boba menjadi salah satu menu es kopi yang harus dicoba bagi penggemar boba. Kopi dalam menu ini tidak terlalu kuat rasanya sehingga bisa juga diminum oleh orang yang bukan penggemar kopi. 

Lokasi: Jl. Surya Kencana No. 126, Bogor Tengah, Bogor.

Mulai masuk musim hujan nih, siap-siap datang ke rekomendasi kami di atas ketika berkunjung ke Bogor, ya!

Related Articles

Connect with Nibble