Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

14 Soto di Jakarta yang Ngumpet Tapi Rasanya Gokil

October 9, 20198 min readFoodie Trends

Jakarta sebagai ibu kota negara Indonesia sudah sejak dulu menjadi tempat utama bagi banyak orang daerah untuk mencari nafkah. Salah satu sektor bisnis yang menjadi incaran mereka adalah bisnis kuliner. Beragam kuliner didirikan oleh perantau, mulai dari kedai bakso, kedai sate, hingga kedai soto banyak berdiri di Jakarta. 

Berbicara mengenai soto, baru-baru ini Kementerian Pariwisata dan Bekraf sudah memutuskan soto menjadi makanan nasional Indonesia. Pemilihan soto ini tidak terlepas dari banyaknya ragam soto yang dapat ditemukan di Indonesia, mulai dari soto padang, soto kudus, soto ambengan, hingga coto makassar. 

Kedai soto yang berdiri di Jakarta begitu beragam bentuknya. Mulai dari gerobak yang berjualan di pinggir jalan, memiliki kedai sendiri, hingga berada di dalam pusat perbelanjaan tersedia di sini. Tidak sedikit kedai yang berada di pinggir jalan ternyata memiliki rasa dan tampilan yang lebih baik dibandingkan dengan soto yang dijual di dalam pusat perbelanjaan.

Setelah melihat soto juara di Jakarta versi Nibble, tentunya masih banyak lagi kedai soto di Jakarta yang justru masih jarang diketahui banyak orang. Pengen tahu kedai soto apa saja yang masih jarang diketahui banyak orang tetapi memiliki rasa yang tidak kalah dengan soto terkenal? Tengok saja 14 soto di Jakarta ini!

Sroto Sokaraja Eling Eling

Photo source: Selfi Tan @pergikuliner.com

Di Jakarta meskipun begitu banyak kedai soto di Jakarta yang menyajikan berbagai soto khas dari nusantara, nyata-nya kedai yang menjual soto sokaraja masih sedikit jumlahnya. Salah satu kedai yang menjual soto khas Banyumas ini adalah Sroto Sokaraja Eling Eling. Sama seperti soto sokaraja di daerah asalnya, soto sokaraja di kedai ini juga disajikan dengan taoge rebus, potongan ayam suwir, daun bawang, dan tentunya kerupuk merah khas Banyumas. Selain itu, sambal kacang yang juga menjadi khas dari soto sokaraja juga tidak lupa bisa kalian nikmati di kedai ini. Harga per porsinya sebesar Rp27.000.

Lokasi: Sroto Sokaraja Eling Eling, Jalan Tebet Utara I, Tebet.

Soto Mie Pak Udin

Photo source: @365harinyoto

Soto mie yang satu ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan kedai soto mie lainnya dalam hal kuahnya. Di Soto Mie Pak Udin kuah dari soto mie sangat bening tanpa ada warna apapun serta sangat gurih dan menyegarkan. Selain itu, risoles yang menjadi pelengkap dari soto mie juga terasa sangat renyah dan terasa pas digabungkan dengan sajian soto mienya. Setiap porsi soto mie di kedai soto ini hanya dihargai Rp20.000, sangat murah mengingat tempatnya yang berada di kawasan elit Jakarta.

Lokasi: Soto Mie Pak Udin, RS Bunda Menteng, Jalan Teuku Cik Ditiro No.28, Menteng.

Warung Soto Ceker Arifin

Photo source: @365harinyoto

Bisa dikatakan warung soto yang satu ini adalah salah satu legenda soto ceker di Jakarta. Sudah dari tahun 1994 kedai ini buka dan menjual soto ceker di Gandaria. Yang membuatnya menjadi legenda adalah ceker yang begitu empuk sehingga mudah dikonsumsi. Meskipun baru buka pada pukul 17:00, jangan heran jika hanya dalam waktu yang singkat kedai ini akan tutup karena sudah kehabisan stok ceker. Kalian hanya perlu merogoh kocek Rp18.000 untuk bisa menikmati sajian ceker yang menggoda lidah. 

Lokasi: Warung Soto Ceker Arifin, Jl. Gandaria II Kramat Pela, Kebayoran. Baru.

Soto Kudus Kembang Joyo

Photo source: gastronomy-aficionado.com

Berada di salah satu pusat kuliner di kawasan Jakarta Pusat, Soto Kudus Kembang Joyo seakan menjadi sebuah oasis. Kuahnya yang gurih terasa sangat menyegarkan. Soto Kudus Kembang Joyo ini masuk dalam daftar 7 soto kudus yang rasanya mantap di Jakarta. Kalian bisa menikmati soto kudus dengan pelengkap yang cukup mewah, yaitu potongan ayam kampung, taoge, seledri, dan bawang goreng. Selain itu, ada pula sate paru, sate kerang, sate otak dan tempe goreng yang bisa kalian tambahkan dalam pesanan kalian.

Lokasi: Soto Kudus Kembang Joyo, Jl. H. Agus Salim No.30, Kebon Sirih, Menteng.

Soto Ayam Ambengan Cak Soleh

Photo source: @365harinyoto

Kawasan Blok M memang dikenal menjadi salah satu tempat makan siang ataupun malam yang begitu digemari banyak orang. Salah satu tempat tersembunyi dan tidak banyak diketahui banyak orang adalah Soto Ayam Ambengan Cak Soleh ini. Buka dari pukul 07:00 hingga sore, kedai yang satu ini cocok untuk kalian jadikan tempat sarapan sebelum memulai hari. Setiap porsinya berisikan suun, kol, telur rebus, dan potongan ayam kampung. Tidak lupa juga taburan koya yang semakin menambah rasa dari soto ayam dan kuah yangsudah unik dengan tambahan kunyit.

Lokasi: Soto Ayam Ambengan Cak Soleh, Jl. Sampit I No.15, Kramat Pela, Kebayoran Baru.

Resto Koperia

Photo source: MakanDimana

Sedang mencari soto sulung khas Surabaya di Jakarta? Yuk datang ke Resto Koperia. Soto yang terkenal karena jeroannya ini masih jarang bisa kalian temukan di Jakarta. Di Resto Koperia, kalian bisa mendapatkan soto sulung dengan harga Rp25.000. Harga yang sangat murah untuk sebuah restoran yang sudah begitu dikenal dengan soto yang memiliki kuah kental ini. Jika kalian tidak menyukai jeroan, kalian juga bisa memesan beberapa menu soto lain yang tidak menggunakan jeroan, seperti soto daging, soto iga, atau soto ayam.

Lokasi: Resto Koperia, Jl. Radio Dalam Raya No. 45, Pondok Indah.

Warung Soto Mbak Ning

Photo source: @365harinyoto

Kalian bisa merasakan sebuah sajian soto ayam atau sapi khas Solo yang begitu autentik di kedai yang satu ini. Yang membedakan soto khas Solo dengan soto lainnya terletak di kuah. Rekomendasi soto utama di restoran ini adalah soto kuah santan dengan daging sapi. Jika kalian beruntung, kalian juga bisa merasakan soto tangkar yang tidak setiap hari disajikan di kedai ini. Dengan harga Rp22.000 per porsi kalian sudah bisa mendapatkan seporsi soto Solo yang autentik.

Lokasi: Warung Soto Mbak Ning, Jalan Cisanggiri I, Petogogan, Kebayoran Baru.

Warung Soto Ayam Ceker Arisap

Photo source: @365harinyoto

Idiom “ don’t judge a book by it’s cover” tampaknya cocok untuk ditujukkan bagi kedai satu ini. Berjualan hanya dengan modal sebuah gerobak di pinggir jalan, nyatanya banyak yang mencari kedai ini, terutama di jam makan siang dan di malam hari. Hanya dengan Rp14.000 kalian sudah bisa mendapatkan seporsi soto ayam dengan tambahan ayam suwir, kol rebus, potongan tomat segar. Selain itu, 2 buah ceker dengan ukuran cukup besar semakin membuat tampilannya menarik.

Lokasi: Warung Soto Ayam Ceker Arisap, Jalan Sungai Sambas VI, Kramat Pela, Kebayoran Baru.

Soto & Penyetan Cak San

Photo source: @365harinyoto

Dari nama kedainya saja kalian sudah tahu jika kalian bisa mendapatkan sebuah soto khas Jawa Timur yang autentik di sini. Di kedai yang satu ini, seporsi soto ayam lamongan dapat kalian tebus dengan harga Rp28.500. Sebuah harga yang cukup setimpal karena kedai ini berada di salah satu pusat perbelanjaan yang cukup besar sehingga kalian jangan takut kepanasan ketika berkunjung. Terlebih, porsi yang disajikan juga sangat melimpah sehingga pasti membuat kalian begah!

Lokasi: Soto & Penyetan Cak San, Lotte Mart Fatmawati, Jl. RS. Fatmawati Raya, RT.8/RW.6, Gandaria Selatan, Cilandak.

Warung Soto Ayam MDR

Photo source: @365harinyoto

Kedai soto di Jakarta yang satu ini sangat cocok untuk dinikmati ketika jam makan siang. Tempatnya yang berada tepat di belakang Jalan Jenderal Sudirman membuatnya memiliki lokasi yang strategis dan sering dikunjungi orang yang bekerja di kawasan Semanggi. Kalian sudah bisa menikmati seporsi soto ayam lamongan dengan harga Rp15.000. Jangan lupa untuk menghabiskan kuahnya ya, kuahnya sangat segar dan dijamin membuat kalian semangat untuk kembali beraktivitas.

Lokasi: Warung Soto Ayam MDR, Jalan Karet H. Abdul Jalil, Karet.

Soto Kudus Otista

Photo source: @langitdsp

Satu lagi kedai soto kudus yang menjadi rekomendasi kami. Terletak di daerah Jakarta Timur, kedai yang satu ini sudah menjadi sebuah legenda. Meski begitu, harga per porsi cukup murah. Hanya dengan Rp17.000 kalian sudah bisa mendapatkan seporsi soto kudus yang segar. Sebagai pelengkap, tersedia juga paru goreng, sate telor puyuh, atau otak goreng yang bisa kalian nikmati.

Lokasi: Soto Kudus Otista, Jl. Otista 3 No. 1, Kampung Melayu.

Soto Ceker Pak Ali

Photo source: @365harinyoto

Sudah mulai berjualan sejak tahun 1990 tentu menjadi gambaran jika kedai yang satu ini memang begitu digemari oleh banyak orang. Selain tentunya ceker yang menjadi andalan, kuah dari sotonya juga terasa begitu berbeda dengan kuah soto di Jakarta lainnya. Di kedai yang satu ini, kuahnya memiliki rasa gurih dan segar yang bercampur hingga terasa sangat pas. Harganya juga sangat ramah di kantong jika kita lihat betapa melegendanya kedai ini di kawasan Gandaria, yakni hanya Rp18.000 per porsi.

Lokasi: Soto Ceker Pak Ali, Jl. Gandaria Tengah 1 Kebayoran Baru.

Warung Soto Pak Gendut

Photo source: @365harinyoto

Kedai yang buka sejak pukul 05:00 ini selalu habis pada pukul 09:00 karena memang kelezatannya sudah mulai banyak dikenal. Jika kalian penasaran ingin ke sini, akan sedikit sulit untuk menemukannya karena tidak adanya plakat nama yang menunjukkan keberadaan gerobaknya. Namun, jangan khawatir, gerobaknya berada tepat di tengah antara Jalan Antasari dan Fatmawati, serta selalu dipadati oleh pembeli. Menjual soto ayam, yang membedakannya adalah tambahan kacang goreng seperti bubur ayam dan emping. Setiap porsinya dijual dengan harga yang sangat murah, yaitu Rp14.000.

Lokasi: Warung Soto Pak Gendut, Jalan Abdul Majid Raya, Cipete, Cilandak.

Warung Soto Padang H. Bang Karto

Photo source: @365harinyoto

Selain di 7 soto padang yang lamak bana, jika kalian sedang mencari soto padang yang begitu memikat dan memiliki rasa yang autentik, Warung Soto Padang H. Bang Karto adalah jawabannya. Tampilan sotonya begitu mirip dengan soto padang kebanyakan, yaitu terdiri dari suun, potongan daging, dan irisan daun seledri yang disajikan dalam mangkuk berukuran kecil. Setiap porsi soto padang di sini dijual dengan harga Rp22.000.

Lokasi: Warung Soto Padang H. Bang Karto, Jalan Mas Mansyur Gg. Riban No.25A, Kebon Kacang, Tanah Abang.

Sudah menentukan pilihan mau berburu soto apa hari ini?

Related Articles

Connect with Nibble