Foodies Guide To F&B Industry

Photo by TripCanvas

15 Kuliner Jakarta Timur yang Bikin IG Hits Kembali

September 26, 20197 min readFoodie Trends

Banyak yang bilang gudangnya makanan enak itu terletak di Jakarta Selatan dan Utara saja. Padahal, jika kita melipir ke timur, banyak kuliner Jakarta Timur yang nggak kalah enak. Kalau kalian butuh bukti, kali ini kita sudah menyiapkan 15 rekomendasi restoran enak di Jakarta Timur yang kece banget buat jadi konten Instagram kalian. Yuk disimak!

1. Ajwad

Photo source: @eatandcapture

Ajwad bisa jadi salah satu destinasi kuliner Jakarta Timur saat kalian ingin makanan Middle East. Interior di Ajwad sangat menjiwai konsep Timur Tengah yang penuh dengan ornamen antik yang berkesan mistis. Banyak yang bilang nasi Mandhi dan Nasi Kabsah merupakan menu terbaik yang wajib dicoba saat ke sini.

Predikat tersebut tidaklah salah. Menu nasi yang konon penuh dengan limpahan daging kambingnya ini benar-benar terasa lezat. Aroma khas daging kambing yang bikin orang mundur teratur, sama sekali tidak tercium saat kalian menyantap menu ini.

Lokasi: Ajwad, Jl. Condet Raya No. 50, Kramat Jati, Jakarta.

2. Hakuna Matata

Photo source: @jktgo

Konsep restoran bergaya bohemian masih jarang ditemukan di Jakarta. Tapi cobalah untuk blusukan lebih dalam lagi saat berburu kuliner Jakarta Timur. Kalian akan menemukan sebuah cafe catchy di daerah Cijantung yang mengadopsi konsep tersebut.

Bisa ditebak, suasana dalam cafe ini sangat homey dan banyak spot foto-foto yang bisa bikin Instagram kalian makin hits. Mereka bahkan menyediakan makanan yang lagi trending saat ini, yaitu Salmon Mentai. Rasanya nggak main-main, begitu creamy, gurih, dan salmonnya pun segar.

Lokasi: Hakuna Matata, Jl. Pertengahan 5, Cijantung, Jakarta.

3. Sukinabe

Photo source: @sukinabe.id

Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menikmati suki dan Japanese grill saat cari kuliner Jakarta Timur. Singgahlah di Sukinabe di mana kalian hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp99.000 untuk merasakan makanan all you can eat dengan menu suki atau grill.

Biarpun ramah di kantong, dagingnya ternyata berkualitas. Rasa kaldunya pun memanjakan lidah. Selain itu, ada aneka tempura renyah yang akan melengkapi menu pesanan kalian.

Lokasi: Sukinabe, Jl. Raya Kalimalang, Blok E No. 4F, Pondok Bambu, Jakarta 13440.

4. Meet/N/Work Coffee & Eatery

Photo source: @eatlikeomnivores

Sesuai dengan namanya, Meet/N/Work Coffee & Eatery bisa jadi tempat yang pas untuk meeting, ketemu teman, atau buat kerja. Senyaman itu suasana yang kalian akan rasakan saat makan di sini. Apalagi jika kalian memesan Wagyu Donburi.

Daging wagyu yang disediakan begitu empuk dan dimasak dengan bumbu yang meresap. Buffalo Chicken Wings-nya juga juara dan perfect untuk jadi cemilan yang mengenyangkan.

Lokasi: Meet/N/Work Coffee & Eatery, Jl. Sunan Giri No. 3, Lantai 2, Rawamangun, Jakarta.

5. PUBLIKA Eat and Coffee

Photo source: @ericekos

Tak jauh dari AEON Mall JGC, kalian akan menemukan Food Garden yang penuh dengan makanan enak. Salah satu kuliner Jakarta Timur yang bisa kalian cicipi di area tersebut adalah Mie Goreng Belacan dari PUBLIKA.

Mie goreng ini memiliki tekstur nyemek yang bikin nagih. Terdapat paduan rasa manisnya kecap dan gurihnya belacan yang bikin mata merem melek karena kelezatannya. Menariknya lagi, porsi mie goreng ini sangat besar sehingga memungkinkan untuk dijadikan menu sharing.

Lokasi: PUBLIKA Eat and Coffee, Food Garden, Blok B No. 2, Jl. Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta.

6. Mardin Baklava

Photo source: @foodianafessa

Buat yang belum tahu, baklava merupakan dessert khas Turki yang terus naik daun di Indonesia. Saat hunting kuliner Jakarta Timur, ada satu tempat makan baklava yang selalu direkomendasikan orang-orang, yaitu Mardin Baklava.

Cara membeli baklava di sini cukup unik, harganya tidak dibanderol untuk satuan kue, melainkan untuk per kg kue. Ada banyak varian Baklava yang bisa ditemukan di sini, mulai dari chocolate creme, coconut chocolate, pistachio, atau walnut.

Serunya lagi, baklava di sini tak hanya dijual untuk dibawa pulang. Kalian bisa camil-camil cantik di restorannya sambil menyantap baklava dan secangkir kopi Turki yang enak maksimal.

Lokasi: Mardin Baklava, Jl. Cipinang Jaya No. 74, Jatinegara, Jakarta.

7. Kopi Kecil

Photo source: @foodwaw

Kalau soal urusan kopi enak di Jakarta Timur, Kopi Kecil selalu menjadi pilihan yang pas. Luas coffee shop ini cukup mungil, tapi suasananya asyik untuk dijadikan tempat nongkrong. Es Kopi Susu tentu menjadi minuman yang paling diincar. Kalian bisa memesan kopi susu dengan campuran caramel special house made yang rasanya legit dan beda. Harganya murah, hanya Rp19.000 saja.

Lokasi: Kopi Kecil, Jl. Kayu Putih Raya No. 1, Pulo Gadung, Jakarta.

8. NoMiNoMi Delight

Photo source: @ericekos

NoMiNoMi Delight menjadi tempat makan ramen wajib saat lagi mencari kuliner Jakarta Timur. Semua ramen yang disediakan di sini terjamin halal. Nomi beef ramen bisa menjadi andalan saat kalian ingin sesuatu yang menghangatkan perut. Kombinasi antara ramen dan beefnya terasa endul. Jangan lupa kasih sambal yang banyak agar nafsu makan semakin bertambah.

Lokasi: NoMiNoMi Delight, Jl. Pemuda No. 72-73 DE, Pulo Gadung, Jakarta Timur.

9. Cerita Cafe

Photo source: @vnsldy

Saat menelusuri jalan Otista, kalian mungkin tak akan menyangka dapat menemukan cafe super nyaman yang tempatnya instagenic banget, namanya Cerita Cafe. Saat memasuki cafe ini, kalian akan disambut dengan dinding berselimutkan tanaman hijau dan tulisan “cerita” yang cukup besar. Di dalamnya terdapat area indoor dan outdoor. Area outdoor-nya juga dilengkapi bean bag yang enak banget buat jadi tempat nyantai.

Sebagian besar kuliner Jakarta Timur yang bisa kalian temukan di sini merupakan comfort food. Ada sate taichan, onion ring, ayam bakar madu, bahkan gelato untuk yang mencari kesejukan di tengah panasnya Otista.

Lokasi: Cerita Cafe, Jl. Otista Raya No.125-127, Kampung Melayu, Jakarta.

10. ORVIA

Photo source: @orvia_id

Jarang-jarang ada restoran rooftop saat cari kuliner Jakarta Timur. Kalau ke daerah Kalimalang, kalian bisa merasakan nongkrong di rooftop sambil menengguk kopi enak. Penampilan ORVIA di luar terlihat kecil, namun di dalamnya cukup luas karena terdiri dari tiga lantai. Tak hanya kopi, ORVIA juga menyediakan latte serta artisan tea yang bisa menemani kamu bersantai sore.

Lokasi: ORVIA, Jl. Raya Kalimalang, Blok A20 No. 1B-C, Kalimalang, Jakarta.

11. Ajag Ijig

Photo source: @ajagijig_resto

Kuliner Jakarta Timur yang satu ini cukup unik. Ajag Ijig mengusung konsep cafe modern khas anak muda yang kekinian banget. Kalian mungkin akan berpikir kalau menu utamanya pasti Western food. Kalau kalian melihat buku menunya, semua yang ditawarkan adalah makanan Indonesia, khususnya Betawi. Aneka makanannya cukup menggoda, ada Laksa Betawi, Asinan Kerupuk Mie, sampai Bir Pletok.

Lokasi: Ajag Ijig, Jl. Matraman Raya No. 49, Matraman, Jakarta.

12. Teras Rumah Nenek

Photo source: @vanessagnes_

Pernah nggak sih kalian merasakan nyamannya duduk-duduk di teras rumah nenek? Suasana seperti itulah yang coba dihadirkan oleh cafe yang satu ini. Atmosfer homey dan cozy membuat banyak orang sering bertandang ke sini untuk melepas penat atau sekedar bercerita dengan teman-teman.

Makanan dan minuman yang disuguhkan pun juga mendukung. Ibaratnya sama seperti seorang nenek yang selalu memberikan makanan terbaik untuk cucunya, begitu juga rasa makanan di tempat ini. Semangkuk Dori rice bowl black pepper dan mie rebus ayam pasti akan membuat kalian ingin kembali lagi ke tempat ini.

Lokasi: Teras Rumah Nenek, Jl. Abdulrahman No. 46, Cibubur, Jakarta.

13. 404 Eatery and Coffee

Photo source: @404eaterycoffee

Jalan jalan ke Pondok Bambu kurang lengkap jika kalian tidak mampir di 404 Eatery and Coffee. Coffee shop hits di Pondok Bambu ini akan membuat kalian tersihir dengan rasa Kopi Susu Kolonelnya. Ada dominan pahit dengan manisnya susu yang pas di lidah.

Untuk mengisi perut, pesanlah seporsi Mie Nyemek yang bisa didapatkan dengan Rp30.000 saja. Mie tradisional khas Jawa ini terdiri dari ayam, bakso, telur, dan sayuran dengan kuah bertekstur nyemek dan kental.

Lokasi: 404 Eatery and Coffee, Jl. Kolonel Sugiono No. 47, Pondok Bambu, Jakarta.

14. Kopilot

Photo source: @kopilot_id

Satu lagi tujuan kuliner Jakarta Timur yang tidak boleh kalian lewatkan, yaitu Kopilot. Berlokasi di daerah Pondok Gede, cafe ini terkenal dengan Kopi Turbo Dual Boost yang enaknya kebangetan.

Selain racikan kopi yang fenomenal, kalian juga bisa merasakan pedasnya Chilli Tuna Fettucine-nya Kopilot. Pastanya dimasak al dente dengan bumbu pedas yang merata dan terasa gurih.

Lokasi: Kopilot, Jl. Raya Pondok Gede No. 9, Pinang Ranti, Jakarta.

15. Gubhida Korean BBQ

Photo source: @gubhidakoreanbbq

Kuliner Jakarta Timur yang terakhir ini masih hot-hotnya karena baru buka beberapa waktu yang lalu. Inilah tempat di mana kalian bisa makan enak dan murah di tanggal tua. Gubhida Korean BBQ menawarkan paket all you can eat mulai dari harga Rp69.000. Variasi menu AYCE-nya cukup banyak, ada daging-dagingan, nugget, dan juga dessert berupa pisang berbalut cokelat.

Lokasi: Gubhida Korean BBQ, Jl. Duren Sawit No. 17, Klender, Jakarta.

Nggak nyangka ya, banyak spot kuliner Jakarta Timur yang kece-kece? Cafe mana nih yang ingin kamu coba datangi duluan?

Related Articles

Connect with Nibble