Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Dok. Nibble

17 Rumah Makan Padang di Bandung Paling Mantap

September 20, 20198 min readFoodie Trends

Nasi Padang adalah salah satu makanan favoritnya orang Indonesia. Makanan khas Minang dengan mudah melejit di nusantara karena rumah makan Padang tersebar di mana-mana. Selain itu, rasa makanan Padang yang gurih membuatnya mudah diterima oleh lidah masyarakat.

Belum lagi porsinya yang jumbo dan mengenyangkan perut. Semua itu bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bisa dibilang, selama budaya makan nasi masih dihidupi oleh orang Indonesia, nasi Padang akan tetap berjaya sampai kapanpun.

Menjamurnya rumah makan Padang tak hanya terjadi di ibu kota, tapi juga di Bandung. Jika kebetulan kamu sedang berada di sana dan mau menjelajahi rumah makan Padang di Bandung, ada beberapa spot yang recommended untuk kamu kunjungi. Simak aja di guide berikut ini!

1. Rumah Makan Malah Dicubo

Photo source: @lapercuy

Lokasi Rumah Makan Malah Dicubo cukup unik. Tempatnya bukan di pinggir jalan besar, tapi di dalam terminal. Jangan salah, rumah makan Padang di Bandung ini terkenal kelezatannya lho. Ada rendang, ayam balado, atau kalau mau cobain dendeng sambel ijo juga tersedia di sini. Harganya murah meriah banget. Untuk seporsi dendeng dan nasi bisa kamu dapatkan dengan Rp26.000 saja.

Lokasi: Rumah Makan Malah Dicubo, Hall Selatan, Jl. Stasion Selatan No.27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

2. Dendeng Batokok

Photo source: @bandungtrip

Sesuai dengan namanya, rumah makan Padang ini adalah spesialisnya dendeng batokok. Bagi yang belum familiar dengan makanan ini, dendeng batokok merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang direbus, lalu dipukul-pukul sehingga bentuknya jadi pipih. Berbeda dengan dendeng balado, dendeng batokok disajikan dengan sambel ijo yang terdiri dari cabe hijau, tomat hijau, bawang, dan garam.

Lokasi: Dendeng Batokok, Jl. Kanayakan Dalam No.344b, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

3. Rumah Makan Padang Bu Mus

Photo source: @duo_nyamnyam

Kalau membicarakan rumah makan Padang di Bandung, belum lengkap tanpa menyebut RM Padang Bu Mus yang berlokasi di Buah Batu. Ikan tongkol dengan bumbu tauco menjadi menu andalan di sini. Rasanya selalu enak dan autentik. Namun sayang, banyak yang mengatakan kalau harga yang dibanderol cukup mahal. Tapi kalau rasanya memang enak, tak ada salahnya untuk mencicipinya.

Lokasi: Rumah Makan Padang Bu Mus, Jl. Buah Batu No.182, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

4. Sari Bundo

Photo source: @adityaarief

Siapa sih yang tidak kenal dengan Sari Bundo? Selain terkenal di Jakarta, rumah makan Padang ini juga punya nama di Bandung. Pilihan menunya ada banyak banget, tapi yang paling favorit sudah pasti ayam baladonya. Nggak perlu khawatir soal harga, dengan Rp50.000 saja, kamu sudah bisa makan berdua di rumah makan Padang di Bandung ini.

Lokasi: Sari Bundo, Jl. Taman Pramuka No.175, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

5. Restoran Sederhana

Photo source: @flamingpeanut

Kalau mau mengajak keluarga menyantap makanan Padang, Restoran Sederhana sangat recommended untuk disinggahi. Ada beberapa outlet yang bisa kamu temukan di Bandung dan semuanya buka di titik-titik yang strategis. Penggemar masakan Padang tak akan dikecewakan dengan gulai otak, gulai ayam, paru, dan sambal ijo yang ada di sini. Kenikmatannya akan bikin kalian ingin tambah nasi lagi.

Lokasi: Restoran Sederhana, Jl. L. L. R.E. Martadinata No.128, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

6. Simpang Raya

Photo source: @makansampaikenyang

Tempatnya yang luas, bersih, dan terang benderang pasti akan membuat kalian betah menyantap nasi Padang di sini. Memang harganya di atas rata-rata rumah makan Padang di Bandung lainnya. Tapi suasana dan kualitas rasa yang ditawarkan juga sebanding. Coba saja ayam pop di sini. Kuah santannya sangat meresap ke dalam daging. Saat dimakan bersama nasi hangat dan bumbu rendang, pasti akan membuat kalian kalap.

Lokasi: Simpang Raya, Jl. Dalem Kaum No.60, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung.

7. R.M. Sabana Kapau

Photo source: @londeeabduh

Tak perlu banyak kata untuk menjelaskan nikmatnya makan di RM Sabana Kapau. Rumah makan Padang di Bandung ini memang tidak seterkenal RM Padang dengan nama-nama besar. Tapi kalian tidak boleh meremehkan makanan yang mereka sajikan. Variannya cukup banyak, mulai dari rencang, cumi, bahkan ada juga bubur kampiun manis khas Padang. Yang paling tidak boleh dilewatkan adalah gulai tambusu yang berupa gulai usus sapi dengan kuah santan kental serta terdapat isian kocokan telur di dalamnya.

Lokasi: R.M Sabana Kapau, Jl. Moch. Ramdan No.12-14, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung.

8. Rumah Makan Pagi Sore

Photo source: @pagisore.bandung

Berada di daerah Dago Atas, rumah makan Padang di Bandung ini siap memanjakan kamu dengan masakan Padang berkelas dan harga bersahabat. Segala rupa masakan Padang bisa kamu temukan di sini. Duo nasi dengan rendangnya juga sangat mantap. Kalau mau yang lebih berat, tambahkan gulai tanjung alias kikil yang gurihnya tiada terkira.

Lokasi: Rumah Makan Pagi Sore, Jl. Tubagus Ismail Raya No. 1, Dago, Bandung.

9. Mitra Sederhana Pasteur

Photo source: @thefoodxplorer

Makan nasi Padang itu paling seru kalau rame-rame. Buat yang perginya rombongan, paling pas kalau kamu menuju Mitra Sederhana Pasteur. Tempatnya sangat luas, lahan parkirnya pun tidak susah, bahkan ada area lesehan yang bisa mempererat suasana kekeluargaan. Bila mau datang harus cepat-cepat karena kadang banyak makanan favorit yang habis saat mampir agak malam.

Lokasi: Mitra Sederhana Pasteur, Jl. Kebon Kawung No.24, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

10. Pondok Kapau

Photo source: @anissaratnaputri

Tempatnya seperti restoran rumahan, tapi siapa sangka rasa nasi Padang buatan RM. Pondok Kapau layak disandingkan dengan rumah makan Padang di Bandung yang ternama. Menu paling sederhana, seperti nasi dan rendang saja bisa membuat lidah kita takjub. Apalagi saat makan gulai otak dengan kuah yang kental dan gurih, pasti tak cukup jika hanya melahap satu porsi nasi saja.

Lokasi: RM. Pondok Kapau, Jl. Dipati Ukur No.100, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

11. Rumah Makan Padang SAIYO BANA

Photo source: @lily.lobilobi

Bagi masyarakat Bandung, khususnya yang di daerah Mekarwangi, pasti tahu kalau makanan Padang di Saiyo Bana sudah terjamin rasa dan kualitasnya. Cita rasa makannya tak pernah berubah, selalu sedap, meski begitu, harganya tidak terlalu mahal. Rendang, ayam balado, gulai kikil, dan perkedel merupakan deretan menu paling juara buatan rumah makan Padang di Bandung ini.

Lokasi: Rumah Makan Padang SAIYO BANA, Jl. Mekar Utama No.111E, Mekarwangi, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung.

12. Lontong Sayur Padang Dipati Ukur

Photo source: @foodgallerybdg

Olahan masakan Minang tak hanya terkenal dengan rendangnya saja. Jika menelisik lebih jauh lagi, lontong sayur Padang juga mampu membuat banyak pecinta kuliner jatuh hati. Tak sama seperti lontong sayur Betawi yang sering kita santap, makanan khas Padang yang satu ini punya bumbu yang kuat dan tambahan sambal lado merah yang membuat rasanya makin membara.

Penasaran untuk mencicipinya? Singgahlah di Lontong Sayur Padang Dipati Ukur. Porsi lontong sayur yang diberikan selalu banyak, harganya murah, tapi kaya rasa. Biasanya banyak yang menyandingkan makanan ini dengan segelas teh telur susu yang ikonik.

Lokasi: Lontong Sayur Padang Dipati Ukur, Gg. Dipatiukur II, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

13. RM Surya Paris

Photo source: Budi Satria

Berkunjung ke RM Surya Paris sangatlah menyenangkan. Racikan rendang buatan rumah makan Padang di Bandung ini sangat diminati karena bumbunya yang autentik. Harganya memang tidak murah, tapi sebanding dengan rasanya yang katanya lebih enak daripada restoran Padang lainnya.

Lokasi: RM Surya Paris, Jl. KH. Wahid Hasyim No.434 D, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung.

14. Rumah Makan Padang Surya Permai

Photo source: @elsa_ez19

Ini adalah rumah makan Padang yang bisa kalian temukan di tengah kota Bandung. Tempatnya sangat sederhana dan kecil, tapi antreannya nggak pernah sepi. Maklum, lokasinya berada di sebelah rumah sakit besar sehingga sering menjadi destinasi kuliner para pengunjung atau pekerja rumah sakit.

Makanan yang tersedia cukup lengkap. Kalian bisa memesan kikil, rendang, ayam balado, ayam pop, gulai cumi, ikan, bahkan babat di tempat ini. Daun singkong dan nangka mudanya pun tak kalah segar. Bisa menjadi pelengkap sempurna untuk nasi Padang pesanan kalian.

Lokasi: Rumah Makan Padang Surya Permai, Jl. Kebon Jati No.40, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

15. Mande Kanduang

Photo source: Intan Alvika88

Rumah makan padang di Bandung yang satu ini tidak terlalu tepat jika dikatakan sebagai sebuah restoran karena konsepnya seperti makanan kaki lima yang dijajakan dengan gerobak. Meski begitu, kalian tidak perlu mempertanyakan enaknya makanan di sini. Banyak yang tergila-gila dengan nasi Padang olahan mereka. Bumbu, rasa, dan porsi nasi Padang yang disajikan sangat memuaskan.

Lokasi: Mande Kanduang, Jl. Haur Pancuh No.76, Lebakgede, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

16. Uda Tambuah

Photo source: Christina Gloria Permatakasih

Jika diartikan secara harafiah, “Uda Tambuah” berarti “Uda, tambah (nasinya)”. Nama rumah makan Padang di Bandung ini sangat menggambarkan pengalaman orang-orang yang sudah pernah makan di sini. Banyak yang suka sehingga rela tambah porsi lagi untuk memuaskan perut dan lidah. Jika mau bukti, cobalah pesan gulai tanjung dan paru yang menjadi primadona di sini.

Lokasi: Uda Tambuah, Jl. Pajajaran No. No.122 C, Pajajaran, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

17. Rajo Minang

Photo source: Flickr Rajo Minang

Buka sejak tahun 2009, Rajo Minang sering dijadikan destinasi utama saat ada yang ngidam masakan Padang. Lokasinya strategis banget di tengah Jl. Cihampelas. Jadi tak heran jika rumah makan Padang di Bandung ini selalu ramai. Tak hanya menyajikan menu yang itu-itu saja, mereka juga suka berinovasi membuat masakan Padang semakin naik level. Salah satu menu inovatif di sini adalah Rendang Telor Crispy yang enak banget untuk dijadikan cemilan.

Lokasi: Rajo Minang, Jl. Cihampelas No.105, Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Banyak sekali bukan pilihan rumah makan Padang di Bandung yang enak-enak? Tunggu apa lagi, yuk langsung cobain satu persatu!

Related Articles

Connect with Nibble