Foodies Guide To F&B Industry

Photo by @tuturbona

3 Malam Menjelajahi Keindahan Kota Wisata Batu

November 21, 201915 min readNibble's Guide

Kota Wisata Batu saat ini menjadi destinasi paling favorit bagi para traveler yang sedang melancong ke Jawa Timur. Bagaimana tidak, segala macam keseruan yang kalian cari untuk mengisi liburan ada semua di kota ini.

Menuju Kota Wisata Batu pun tidak sulit. Berhubung lokasinya tidak begitu jauh dari Malang, hanya sekitar 1 jam perjalanan saja, kalian bisa naik pesawat atau kereta menuju Malang dan melanjutkan perjalanan ke Batu. Buat yang dari arah Surabaya atau kota-kota Jawa Timur di bagian utara, kalian bisa menggunakan tol Surabaya - Singosari menuju kota Batu dengan singkat.

Sebelum merencanakan liburan ke sana, baca dulu yuk itinerary rekomendasi kami untuk menghabiskan 3 hari 2 malam di Kota Wisata Batu.

Hari Pertama

Predikat Kota Wisata yang melekat pada batu membuat area ini dipadati oleh banyak hotel dan penginapan untuk mengakomodir wisatawan dari berbagai kalangan. Nah, kali ini kami punya satu rekomendasi hotel unik yang pastinya tidak akan kalian temukan di kota lain di Indonesia. Penasaran? Simak yuk!

Menginap di The Onsen Hot Spring Resort yang Kental dengan Suasana Jepang

Buat kalian yang tidak masalah untuk mengeluarkan budget untuk penginapan, kami sangat merekomendasikan untuk menginap di The Onsen Hot Spring Resort. Biaya menginap termurah bisa kalian dapatkan di Agoda dengan harga sekitar Rp2,369,059 per malam.

Photo source: TripAdvisor

Harganya terbilang mahal karena kamarnya disediakan dalam bentuk villa kecil atau ryokans. Untuk rate di atas, kalian akan mendapatkan villa Deluxe Suite Twin di mana di dalamnya terdapat dua kamar tidur yang bisa diisi oleh 4-5 orang. Cocok banget kan kalau kalian ingin pergi dengan keluarga besar atau rame-rame bersama sahabat?

Sesuai dengan namanya, interior villa di The Onsen dipengaruhi dengan gaya Japanese. Kasurnya dibuat mirip seperti futon yang digelar di atas tatami. Menurut kami, hal paling unik di resort ini adalah adanya onsen privat di setiap ryokans. Itu artinya, kalian bisa berendam air hangat sepuasnya.

Uniknya lagi, sumber air yang digunakan untuk memenuhi onsen di villa berasal dari pegunungan sekitar Candi Songgoriti. Jadi jangan kaget jika air onsen mengandung belerang yang kaya akan mineral.

Photo source: theonsenresort

Tak hanya bayar mahal untuk fasilitas kamar, fasilitas umum di resort ini pun tak kalah menarik. Banyak spot Instagramable yang Jepang banget di sekitar resort, seperti gerbang merah, jembatan merah, dan pohon sakura. Kalian juga bisa mengelilingi area resort dengan menggunakan yukata agar terlihat makin ciamik saat difoto.

Lokasi: Jl. Arumdalu No.98, Songgokerto, Kota Batu.

Sarapan di Warung Rawon Djamiah Putra

Photo source: @dapurbekal

Untuk memulai hari pertama di Kota Wisata Batu, kalian bisa mengisi perut terlebih dahulu di Warung Rawon Djamiah Putra. Jaraknya tidak terlalu jauh dari hotel, hanya 2,7 km saja. Warung makan ini buka dari jam 6 pagi sampai setengah 4 sore saja.

Namanya sudah cukup melegenda karena telah ada sejak tahun 1970-an. Di sini kalian bisa menikmati Nasi Rawon dengan harga sekitar Rp30.000. Daging yang tersedia cukup besar, dan makin mantap saat disantap bersama perkedel atau tempe goreng.

Lokasi: Jalan Panglima Sudirman No. 62, Ngaglik, Kota Batu.

Kembali ke Jaman Prasejarah di Jawa Timur Park 3

Photo source: IDN Times

Beroperasi sejak akhir tahun 2017, Jawa Timur Park 3 menjadi destinasi wajib saat kalian berlibur ke Kota Wisata Batu. Hadir dengan konsep yang cukup berbeda dari theme park lain pendahulunya, yaitu Jawa Timur Park 1 & 2, di Jatim Park 3 kalian akan diajak kembali ke jaman prasejarah.

Pernah menonton film Jurassic Park? Nah, taman bermain seperti itulah yang akan kalian rasakan selama berkunjung di Jatim Park 3. Isinya penuh dengan dinosaurus, mulai dari patung, replika rangka, serta cerita mengenai sejarah dinosaurus tersaji lengkap di sini.

Tenang, tak hanya itu saja, di bagian lain dari Jatim Park 3, kalian akan dimanjakan dengan keseruan  berbagai area menarik, sebut saja wahana Ice Age, Infinite World yang instagenic, The House of Zombie yang menyeramkan, foto-foto di The Legend Star yang mirip dengan Madame Tussaud, Museum Musik Dunia, serta Fun Tech Plaza yang akan membuat anak lebih pintar.

Untuk berkeliling Dino Park, The Legend Star, dan Museum Musik Dunia atau Fun Tech Plaza, kalian hanya perlu mengeluarkan Rp 200.000 saja per orang.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.144,  Junrejo, Kota Batu. 

Mencicipi Uniknya Sate Kelinci Khas Batu

Photo source: istock

Setelah puas mengeliling Jatim Park 3, kalian bisa meluncur sedikit ke arah kiri untuk menemukan rumah makan sate kelinci. Jaraknya hanya 1,7 km saja kok dari Jatim Park 3. Penyuka hewan kelinci mungkin tidak tega saat menyantap makanan khas Kota Wisata Batu, tapi rugi banget jika kalian tidak mencicipinya sama sekali.

Tekstur daging kelinci itu lebih lembut dari daging ayam atau sapi. Sate kelinci di sini disajikan dengan saus kacang dan harganya sekitar Rp40.000 saja. Kalian juga bisa mencicipi sate kalkun yang juga jarang ditemukan di tempat lain lho.

Lokasi: Jl. Patimura No.126, Temas, Kota Batu.

Rasakan Gurihnya Bakso Malang di Bakso Arief

Photo source: @surabayafoodies

Belum kenyang dengan seporsi Sate Kelinci? Tak jauh dari tempat makan sate yang tadi, ada Bakso Arief di mana kalian bisa menikmati Bakso Malang asli yang rasanya enak banget. Langsung saja pesan seporsi Bakso Campur dengan harga Rp17.000 di sini.

Kalian bisa menikmati semangkuk bakso urat, bakso halus, bakso jumbo, dan beragam gorengan khas bakso Malang. Jangan lupa dikasih sambal dan taburan bawang goreng ya agar makin nikmat.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.222, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Menghabiskan Malam di Alun-alun Kota Wisata Batu

Photo source: jejakpiknik

Menjelang sore, kalian bisa melipir ke Alun-Alun Kota Wisata Batu yang menjadi tempat kebanggaan masyarakat lokal. Tapi kalian perlu kerja keras saat mencari tempat parkir di sini. Meski areanya luas, area parkir cukup sulit didapatkan karena begitu banyaknya orang yang memenuhi kawasan alun-alun.

Saran kami, carilah parkir di area Jl. Kartini, khususnya jika kalian akan berburu ketan di Pos Ketan Legenda.  Di ujung jalan tersebut, kalian bisa menemukan Pos Ketan Legenda dengan sangat mudah.

Area alun-alunnya sendiri dilengkapi dengan beragam fasilitas yang atraktif. Yang paling diminati sudah jelas bianglala. Kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan saat naik bianglala ini. Selain itu ada air mancur menari dan kumpulan pedagang kuliner kaki lima di mana kalian bisa jajan sepuasnya dengan harga yang ramah di kantong.

Lokasi: Jl. Diponegoro, Sisir, Kota Batu.

Rasakan Legitnya Pos Ketan Legenda – 1967 yang Laris Manis

Photo source: @dapurbekal

Ini dia primadonanya Kota Wisata Batu, yaitu Pos ketan Legenda yang sudah berdiri sejak tahun 1967. Jangan kaget dengan antrean di sini, semakin malam, semakin panjang pula antrean yang mengular. Sebenarnya, tempat makan ini hanya menyuguhkan makanan tradisional berupa ketan yang dimodifikasi dengan ragam topping yang kekinian.

Kami sangat merekomendasikan Ketan Duren saat kalian ke sini. Bayangkan saja perpaduan antara ketan yang gurih, siraman susu kental yang manis dengan buah duren segar yang nikmat. Semuanya berpadu jadi satu dan lumer di mulut, menyisakan kenangan rasa yang tak akan terlupakan. Harganya juga murah meriah, hanya Rp15.000 saja untuk satu porsi.

Nggak suka durian? Tenang, masih ada ketan dengan topping lain yang tak kalah enak, mulai dari topping kelapa bubuk, kelapa gula, susu kacang, susu nangka, hingga susu keju coklat. Harganya mulai dari Rp6.000 sampai Rp16.000 saja.

Lokasi: Jl. Kartini No. 6, Ngaglik, Sisir, Kota Batu

Santap Malam di Warung Bethania Batu

Photo source: @foodirectory

Lelah menjelajahi Alun-Alun Kota Wisata Batu, tapi perut masih lapar? Tak jauh dari alun-alun, sekitar 550 meter saja, kalian bisa mengisi perut di Warung Bethania. Konsep dan desain interior restoran ini sangat ikonik dengan dominasi ornamen kayu pohon di mana-mana.

Mereka punya beragam masakan Indonesia yang enak-enak. Salah satu makanan yang tak boleh dilewatkan adalah Gurame Goreng dan Gurame Bakarnya. Harganya sekitar Rp75.000 dan rasanya mantap banget, apalagi saat dicocol dengan sambal cobeknya.

Lokasi: Jl. Diponegoro No.103, Sisir, Kota Batu.

Hari Kedua

Keseruan di Kota Wisata Batu tidak akan habis jika dinikmati dalam satu hari saja. Di hari kedua ini, kami akan mengajak kalian berkeliling ke spot instagenic sambil merasakan gurihnya kuliner Kota Batu.

Isi Perut Pagi-Pagi di Warung Makan Sidik Batu

Photo source: @sbykulinerinfo

Buka sejak pukul 7 pagi, Warung Makan Sidik ini bisa menjadi destinasi buat sarapan paling perfect buat kalian yang mau mengarah ke Coban Rais. Meski buka dari pagi, warung makan ini selalu ramai. Beragam kuliner khas Jawa Timur bisa kalian cicipi di tempat ini.

Ada Nasi Rawon yang dijual dengan harga Rp20.000, Nasi Campur Empal yang bisa didapatkan seharga Rp29.000, jangan lupa juga pesan Ayam Bumbu Rujak seharga Rp18.000 yang pedasnya nampol di lidah.

Lokasi: Jl. Agus Salim, Temas, Malang.

Hunting Foto Selfie di Batu Flower Garden

Photo source: @batuflowergarden

Pelaku usaha wisata di Kota Wisata Batu memang sangat kreatif. Bukit yang tidak terjamah di area Coban Rais bisa disulap menjadi Batu Flower Garden yang cantik banget pemandangannya. Lokasinya berada di dalam kawasan Perhutani, jadi kalian harus membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk masuk kawasan ini.

Untuk mengeksplor Batu Flower Gardennya, kalian harus mengeluarkan biaya lagi sebesar Rp25.000. Di dalamnya, ada banyak sekali spot foto yang keren-keren. Tapi catat, untuk berpose di setiap area spot foto, akan ada biaya tambahan lagi, sekitar Rp10.000 sampai Rp25.000. Biayanya worth it kok dengan pemandangan yang diabadikan dalam jepretan kamera.

Kapan lagi kalian bisa difoto saat tiduran di flying hammock, naik ayunan dengan pemandangan dari atas bukit, naik kursi terbang, atau balon udara. Di area ini juga ada duplikat The Hobbiton juga lho yang cocok jadi spot foto OOTD.

Lokasi: Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kota Batu.

Menyepi di Dalam Keheningan Coban Rais

Photo source: TravelingYuk

Selagi ada di kawasan Coban Rais, sempatkan diri yuk untuk hiking dan menelusuri hutan demi mencari air terjun Coban Rais. Dari area parkir, kalian harus berjalan sekitar 7 km masuk ke dalam hutan untuk menemukan air terjun ini.

Jalurnya cukup menantang, jadi sangat disarankan untuk mempersiapkan tenaga, dan bekal terlebih dahulu ya. Meski jalurnya berat, indahnya pemandangan yang akan kalian dapatkan saat sampai di air terjun tidak ada duanya.

Suasananya masih sangat alami dengan pohon tinggi yang lebat di mana-mana. Air terjun setinggi 75 meter begitu terlihat kokoh berdiri menghadap kalian. Cocok sekali untuk menjadi tempat untuk refleksi dan menenangkan diri.

Lokasi: Jalur Lkr. Bar. No.8, Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

Nongkrong di Cafe Hits De Kleine

Photo source: Daka Tour

Saat lapar menyergap sesudah menikmati pemandangan alami di Coban Rais, kalian bisa langsung menuju ke De Kleine yang terletak tak jauh dari situ, hanya sekitar 1,5 km saja. Kawasan cafe ini dibuat sangat instagenic. Terdapat bangunan prisma yang terbuat dari kaca sebagai salah satu area makannya juga.

Makanan yang ditawarkan restoran ini cukup beragam, mulai dari makanan Indonesia sampai Western pun ada. Cobain deh Hawaian Skewers yang dibanderol dengan harga Rp42.000 saja. Dalam menu ini, kalian akan menikmati sate khas Hawaii, di mana terdapat daging ayam, sosis, jamur, paprika, atau nanas di setiap tusuknya.

Lokasi: Jalibar, Batu, Kota Batu.

Seru-Seruan Naik Wahana di Batu Night Spectacular

Photo source: RadarMalang

Sejalan dengan jalan keluar dari De Kleine untuk menuju Kota Wisata Batu, mampirlah untuk seru-seruan sejenak di BNS alias Batu Night Spectacular. Jaraknya hanya 3,5 km dari De Kleine, dekat kan?

Tempat wisata yang juga menjadi bagian dari Jawa Timur Park group ini menyuguhkan berbagai wahana permainan yang seru-seru. Untuk masuk, Harga tiket terusannya hanya sebesar Rp99.000  saat weekday dan Rp120.000 saat weekend.

Kalau menurut kami, konsep BNS ini seperti pasar malam rakyat yang dibuat dengan sentuhan modern. Banyak permainan yang bisa dijajal, seperti flying swinger, gravitron, merry go round, hingga rumah hantu.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi lampion garden di mana kalian bisa menemukan beragam bangunan ikonik di seluruh dunia dalam bentuk lampion warna-warni.

Lokasi: Jalan Hayam Wuruk No.1, Oro-Oro Ombo, Kota Batu.

Masak dengan Api Unggun di Campfire

Photo source: @campfiremalang

Kalian pasti pernah dong merasakan serunya BBQ-an di depan api unggun bareng keluarga atau teman-teman? Nah, ada satu restoran di Kota Wisata Batu, yaitu Campfire, yang menawarkan pengalaman unik di mana kalian bisa memanggang sendiri makanan kalian seperti saat sedang berkemah.

Di Campfire, terdapat area makan yang dilengkapi dengan perapian alias api unggun. Di atas api unggun inilah kalian bisa membakar makanan pesanan kalian, seperti grilled chicken, campfire satay beef, campfire satay chicken, oxtail soup, black pepper beef, ribs BBQ, campfire sampler, tuna tofu, canai, dan masih banyak lagi.

Kalau kalian datang rame-rame, ada beberapa pilihan paket dengan harga ekonomis yang bisa kalian pilih. Misalnya saja untuk paket 8 orang, kalian bisa mengeluarkan biaya sekitar Rp510.000 – Rp555.000 untuk menikmati Flame Grilled Chicken, Shashilk Beef, Sausage, Grilled Corn, Beef Steak, dan Salad.

Lokasi: Jl. Ir. Soekarno, Mojorejo, Junrejo, Kota Batu.

Ngemil Tengah Malam di Yoenoes STMJ & Roti Bakar

Photo source: @justdoeat__

Beranjak dari Campfire, kini saatnya pulang ke hotel. Tapi sebelum itu, nikmati dulu yuk rasanya nongkrong malam-malam di Kota Wisata Batu. Kalian bisa menuju ke Yoenoes STMJ & Roti Bakar, tempatnya tidak jauh kok dari The Onsen Resort.

Konon katanya Yoenoes STMJ ini merupakan tempat makan roti bakar paling rame di Kota Wisata Batu. Bukanya dari jam 5 sore sampai 2 pagi. Ada beragam roti bakar dengan aneka filling yang bisa kalian cicipi di sini. Harganya cuma Rp5.000 – Rp15.000 saja.

Berhubung suhu kota Batu sangat dingin, kami sangat menyarankan untuk menyeruput STMJ saat nongkrong di sini. Takaran susu, madu, jahe, dan telur dalam segelas STMJ ini sangat pas. Tenang, kalian tak akan mencium aroma amis khas telur kok saat meneguk segelas STMJ hangat ini.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Pesanggrahan, Kota Batu.

Hari Ketiga

Tibalah di hari terakhir liburan di Kota Wisata Batu. Kira-kira tempat seru mana lagi yang harus dijelajahi? Simak yuk ulasan berikut ini.

Sarapan Sushi di The Fushimi Resto

Photo source: Mei's Unique Blog

Kalau dari kemarin kami mengajak kalian untuk sarapan di warung makan sederhana, kini saatnya kalian merasakan sarapan ala Jepang di The Fushimi Resto yang terletak di resort yang kalian tempati.

Tak jauh berbeda dengan pojok-pojok lain di sekitar resort, interior di The Fushimi Resto juga sangat kental dengan gaya khas Jepang di mana-mana. Sushi, sashimi, dan deretan makanan Jepang lainnya menjadi menu andalan dari restoran ini.

Lokasi: Jl. Arumdalu Jl. Raya Songgoriti No.14-4, Songgokerto, Kota Batu.

Main Sama Kelinci di Taman Kelinci

Photo source: Let's Travelling Keluar Yuk

Setelah mengisi perut dengan sarapan di hotel, sekarang waktunya jalan-jalan. Hari ini, kami akan mengajak kalian ke area Paralayang Batu di mana kalian bisa menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian.

Namun, sebelum itu, mampirlah sejenak di Taman Kelinci yang sejalan dengan Bukit Paralayang Batu. Untuk masuk ke area taman ini, kalian harus membayar tiket sebesar Rp5.000 saja. Di area taman ini terdapat beberapa kelinci yang bebas berlari-larian ke sana ke mari.

Selain itu, di taman ini terdapat pula spot foto-foto seperti area The Hobitton di Batu Flower Garden Coban Rais.

Lokasi: Samaan, Klojen, Pandesari, Jurangrejo, Kota Batu.

Menikmati Batu dari Ketinggian di Area Paralayang Batu

Photo source: TravelingYuk

Setelah puas bermain dengan kelinci, kini saatnya menjelajahi area Paralayang Batu yang juga dikenal sebagai kawasan Gunung Banyak. Tempat ini mulanya merupakan titik awal untuk naik paralayang. Namun, berhubung lokasinya yang strategis dan pemandangan yang bisa dilihat dari area ini sangat indah, area ini kemudian berkembang menjadi tempat wisata.

Ada beberapa tempat yang instagramable banget untuk dijadikan tempat foto, seperti di Omah Kayu atau di puncak Gunung Banyak dengan latar pemandangan kota Batu.

Kalau mau kegiatan yang memicu adrenalin, kalian bisa mencoba naik paralayang. Harganya mulai dari Rp350.000 – Rp450.000. Memang cukup mahal, tapi kapan lagi bisa terbang di atas Kota Wisata Batu dengan paralayang?

Lokasi: Jl. Arumdalu No.20, Songgokerto, Kota Batu.

Makan Siang di Pupuk Bawang

Photo source: Radar Malang

Masih ada sedikit waktu yang tersisa untuk mengelilingi Kota Batu sebelum pulang kembali ke rumah. Tapi sebelum itu, isi dulu perut kalian di Pupuk Bawang. Makan siang di restoran ini menjadi alternatif yang menyenangkan. Pasalnya, restoran ini punya suasana yang adem dan sejuk karena terletak di pinggir kebun seledri.

Pemandangan yang akan kalian nikmati selama makan di Pupuk Bawang keren banget. Terdapat keindahan Gunung Arjuna dan juga sawah terbentang di belakang area makan restoran ini. Kalau beruntung, kalian juga bisa menyaksikan para pemain paralayang yang terbang dari Gunung Banyak.

Manjakan perut kalian dengan menu tradisional yang tersedia di restoran ini. Sego Ndeso yang terdiri dari nasi, urap, ayam bakar, dan disajikan di atas tampah tradisional menjadi hidangan yang paling diincar.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman No.116, Pesanggrahan, Kota Batu.

Mengunjungi Museum Terbaik Indonesia: Museum Angkut

Photo source: MLDSpot

Liburan ke Kota Wisata Batu tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Museum Angkut. Lokasinya hanya sekitar 2,1 km dari Pupuk Bawang. Museum ini didampik sebagai museum terbaik di Indonesia lho. Predikat ini dianugerahkan di tahun 2017 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak heran, isi Museum Angkut memang sangat berkelas. Museum ini punya koleksi berbagai jenis moda transportasi dari seluruh dunia. Tidak seperti museum pada umumnya, para wisatawan bebas menyentuh dan memegang koleksi kendaraan yang ada di sini.

Meski menjadi museum terbaik, harga masuknya tidak selangit. Cukup sisihkan Rp100.000 saja untuk menjelajahi museum ini dari jam 12 siang sampai jam 8 malam.

Lokasi: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kota Batu.

Romantisnya The Clubhouse Jambuluwuk Resort

Photo source: gotravelly

Sebelum kembali ke hotel, kalian harus merasakan santap malam terakhir di Kota Wisata Batu dengan pengalaman yang spesial. Datanglah ke The Clubhouse yang terletak di Jambuluwuk Resort. Saat menginjak restoran ini, kalian bisa merasakan atmosfer yang romantis dari pemandangan city view yang terpampang jelas di jendela restoran ini.

Tak hanya itu, ada area infinity pool view juga yang keren banget dan bisa jadi tempat candle light dinner. Di restoran ini, kalian bisa menikmati sederet menu internasional, seperti steak, dan juga menu lokal, sesederhana nasi liwet.

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.99, Songgokerto, Kota Batu.

Sudah siap untuk liburan di Kota Wisata Batu? Rekomendasi kami di atas baru sebagian kecil saja dari kota batu yang bisa kalian jelajahi. Selain tempat wisata dan kuliner di atas, masih banyak lagi yang harus dicoba. Jika punya waktu lebih untuk berkeliling ke Kota Malang, intip yuk Nibble’s Guide Kota Malang rekomendasi kami berikut ini. Selamat berlibur!

Related Articles

Connect with Nibble