Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram: gitaoy2

Resep Sambal Matah Khas Bali Bikin Nagih

May 28, 20213 min readRecipe

Nah, kali ini kita akan mempelajari resep sambal matah khas Bali yang sudah sangat populer itu. Sajian menu makanan yang menggunakan sambal matah juga sudah banyak dijual di mana-mana.  Tentu di antara kalian sudah pernah ada  yang mencicipinya kan?

Cita rasa sambal khas pulau Dewata ini memang khas karena selain pedas, juga ada rasa gurih, nikmat, dan segar. Yang pasti bikin kalian ketagihan deh. Di pulau asalnya, sambal ini sering disajikan bersama menu khas Bali lainnya seperti sate lilit, lawar, dan nasi campur.

Namun ternyata bukan hanya cocok untuk makanan khas Bali saja, sambal ini juga sangat cocok menjadi pendamping menu makanan nusantara lainnya. Resep membuat sambal matah juga bisa dibilang sangat gampang lho. Gak perlu punya skill level dewa, kalian juga sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. Begini nih tips membuat sambal matah yang enak dan nagih.

  1. Pilih Bahan yang Berkualitas dan Segar

Pertama-tama kalian harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan utama untuk membuat sambal matah. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain;

  • bawang merah,
  • cabai rawit merah,
  • cabai rawit hijau,
  • serai,
  • daun jeruk,
  • jeruk nipis,
  • garam dan gula,
  • merica,
  • terasi,
  • minyak

Sambal Matah

Photo source: Freepik

Kesegaran dan kualitas bahan-bahan baku menjadi kunci dari enak dan nggaknya sambal yang kalian buat. Hal itu karena secara harfiah, sambal matah memiliki arti sambal yang mentah. Maksudnya sambal ini gak dimasak dengan proses yang panjang, alias langsung dinikmati dalam keadaan segar dan mentah.

  1. Cuci dan Rendam Bahan-Bahan Utama Sebelum Diiris Halus

Selanjutnya, bahan-bahan utama seperti bawang merah, cabai, serai, dan daun jeruk dicuci bersih terlebih dahulu di air yang mengalir. Tujuannya agar bersih dan gak ada noda kotoran yang bisa merusak cita rasa serta tampilannya. Menurut Chef Erwin Hidayat yang dikutip dari laman Kompas, untuk menjaga kesegaran warna dan tampilan dari bahan-bahan utama tersebut, kalian bisa merendamnya terlebih dahulu di air es.

Chilli pepper for making sambal

Photo source: Freepik

Selanjutnya iris bahan-bahan dasar seperti bawang merah, cabai, batang serai, dan daun jeruk. Untuk daun jeruk, sebaiknya dibuang dulu bagian tulang daunnya.

Sambal matah harus tetap bertekstur dan nampak segar ya, jadi bahan-bahannya jangan kalian ulek atau blender. Cukup kalian iris halus agar mudah untuk dimakan dan gak bikin keselek.

  1. Gunakan Minyak Kelapa

Kunci utama dari rasa gurih dan aroma khas sambal matah yang menggugah selera, ada pada jenis minyak yang digunakan. Jenis minyak yang paling baik untuk digunakan dalam resep ini adalah minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga dapat menyatu sempurna dengan bahan-bahan utama lainnya. Tapi jika kalian gak punya minyak kelapa, bisa juga digunakan minyak goreng biasa.

Coconut oil

Photo source: Freepik

Selanjutnya panaskan minyak tersebut untuk nantinya disiram ke atas rajangan bahan-bahan utama yang lainnya. Tunggu sampai bahan-bahannya mengeluarkan aroma yang sedap sambil dimasukkan garam, gula, merica dan terasi yang sebelumnya sudah ditumis.

  1. Beri Perasan Jeruk Nipis

Setelah bahan-bahan utama sudah bercampur dengan minyak panas, selanjutnya kalian bisa menambahkan air perasan jeruk nipis ke dalamnya. Air jeruk nipis bertujuan untuk semakin memberikan sensasi rasa asam yang segar dan nikmat. Kalian juga bisa mengganti perasaan jeruk nipis dengan perasan lemon jika suka.

lime for sambal

Photo source: Pexels

  1. Sajikan Langsung atau Tuang di atas Makanan

Ketika semua langkah sudah dilakukan, berikutnya kalian tinggal menyajikannya saja. Kalian bisa menyajikannya di mangkok kecil sebagai sambal cocolan atau bisa dituang langsung ke menu makanan lain yang ingin dimakan. Sambal ini semakin menambah sensasi makanan yang ingin kalian lahap. Sensasi pedas, gurih, segar dan wangi pasti bikin selalu ketagihan.

Sambal Matah rice box

Photo source: Instagram @christabellenanetta

Nah itu tadi tips dan resep cara membuat sambal matah sendiri dari rumah. Sangat mudah, bukan?

Related Articles

Connect with Nibble