Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pergikuliner

7 Mie Aceh di Bandung yang Sedapnya Paling Juara

January 22, 20204 min readFoodie Trends

Hidangan mie sangat digilai di tanah air. Jadi tidak heran kalau setiap daerah memiliki menu mie andalan yang rasanya disesuaikan dengan selera masyarakat lokal. Kalau ngomongin mie khas Nusantara, mie Aceh mungkin akan langsung terlintas di pikiran kalian. Hidangan yang satu ini memang sudah terkenal sampai ke pelosok negeri, tidak terkecuali Bandung.

Meski Bandung terkenal punya mie kocok yang menggoda, kehadiran rumah makan yang menyajikan mie Aceh juga selalu dinanti. Nah, kali ini kita akan membahas mie Aceh di Bandung yang paling recommended. Terus siapa saja sih mie Aceh yang juara banget di Bandung?

1. Kedai Aceh Cie Rasa Loom

Photo source: @weadblade

Berada di kawasan Buah Batu, tempat makan mie Aceh di Bandung yang satu ini hadir dengan makanan khas Aceh yang autentik karena pemiliknya asli orang Aceh. Cita rasa mie Aceh yang ditawarkan begitu menggoda, kaya rempah, dan bumbunya sangat meresap ke dalam mie. Bukanya sampai jam 2 pagi lho, pas banget buat kalian yang suka kelaparan tengah malam.

Lokasi: Jl. Buah Batu No.154, Cijagra, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

2. Dapur Aceh Bang Faisal

Photo source: @rahdhan

Seporsi mie Aceh dengan porsi yang cukup banyak bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp30.000 – Rp40.000. Rasa pedas dan rempahnya nikmat sekali dan bikin lidah tak kuasa menahan kelezatannya. Ditambah lagi, mereka tidak pernah pelit memberikan topping yang berlimpah. Untuk orang Aceh asli, rasa mie di sini pasti akan menghilangkan homesick kalian karena begitu mirip dengan yang ada di Aceh. Kalian bisa menikmati mie Aceh di Bandung ini dengan teh tarik yang juga menjadi minuman khas kota tersebut.

Lokasi: Jl. Cisokan No.58, Sukamaju, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

3. Sigli Jaya

Photo source: @megakulineran

Tak ada kesan mewah dan eksklusif yang akan kalian mampir ke tempat makan mie Aceh di Bandung ini. Tempatnya sangat sederhana, seperti warung makan pada umumnya. Namun, kalian tidak boleh meragukan mie Aceh buatan mereka. Untuk Mie Aceh dengan topping cumi menjadi menu yang recommended untuk dipesan. Kombinasi rasa rempah yang strong bergabung sempurna dengan gurihnya cumi. Selesai makan, kalian bisa menutupnya dengan roti cane atau martabak khas Aceh agar makin lengkap.

Lokasi: Jl. Tubagus Ismail Raya No.22, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

4. Kedai Aceh Peukan Biluy

Photo source: @iwanoteps

Kedai mie Aceh di bandung, tepatnya berlokasi di kawasan Antapani jadi magnet tersendiri untuk para pecinta pedas. Buka dari jam 12 siang sampai jam 10 malam, kalian bisa melepas rindu pada Aceh dengan mencicipi hidangan yang ditawarkan. Mie Aceh dan nasi goreng Aceh menjadi beberapa menu yang paling laris dipesan di sini. Pilihan toppingnya cukup banyak, ada sapi, ayam, cumi, udang, serta campur. Tak perlu khawatir dengan harganya, seporsi mie Aceh di sini hanya dibanderol mulai dari Rp20.000 saja.

Lokasi: Jl. Terusan Jakarta No.311, Antapani Wetan, Kec. Antapani, Kota Bandung.

5. Waroeng Atjeh

mie aceh di bandung

Photo source: @punny_budiyanti

Lokasi Waroeng Atjeh cukup strategis, berada di seberang GOR Saparua. Tempatnya apa adanya, dengan dekorasi yang mirip rumah bambu, seakan menyatu dengan alam. Banyak yang suka makan di kedai mie Aceh di Bandung ini karena tekstur mie yang dihidangkan besar-besar dan bertekstur kenyal. Bumbunya sangat terasa dan meresap, isian sayurannya bisa dikatakan sangat sedikit dibandingkan topping dagingnya yang melimpah ruah.

Agar rasanya makin nendang, kami sangat merekomendasikan untuk menambahkan acar bawang ke dalam menu ini. Aroma bawang dan rasa asam yang dihadirkan pasti akan membuat kalian makin semangat melahap mie Aceh ini.

Lokasi: Jl. Ambon No. 13, Riau, Bandung.

6. Mie Aceh Ayah

mie aceh di bandung

Photo source: @thiaslch

Buat yang lagi homesick dengan suasana dan makanan Aceh, adalah pilihan yang tepat jika kalian berkunjung ke Mie Aceh Ayah. Tak seperti kedai mie Aceh yang kami bahas di atas, Mie Aceh Ayah punya tempat yang cukup nyaman, didukung pula dengan area parkir yang luas. Meski begitu, harga mie Aceh di sini cukup terjangkau dan ramah di kantong kok.

Tak hanya mie Aceh, kalian juga bisa mencicipi nasi goreng Aceh, roti cane, serta martabak Aceh yang tak kalah enak.

Lokasi: Jl. Buah Batu, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

7. Kedai Mie Kopi Aceh

mie aceh di bandung

Photo source: @rochmad.gunawan

Tempat terakhir yang wajib kalian kunjungi saat berburu mie Aceh di Bandung adalah Kedai Mie Kopi Aceh yang berlokasi di daerah Sukasari. Tempatnya tidak sulit untuk dicari, pelayanannya pun juga memuaskan. Mie Tumis Daging menjadi menu favorit kedai ini. Harganya tidak mahal, hanya sekitar Rp25.000 saja. Sambil menyantap mie Aceh, lengkapi kunjungan kalian dengan secangkir kopi Gayo untuk melepas kangen dengan tanah Aceh.

Lokasi: Jl. Terusan Prof. Dr. Ir Sutami No.14, Sarijadi, Kec. Sukasari, Kota Bandung.

Nah itu dia jagoan-jagoan mie Aceh di Bandung versi Nibble. Selain itu kalau kalian ingin komparasi dengan yang versi Jakartanya bisa dilihat di artikel kami tentang restoran yang punya mie Aceh enak di Jakarta.Tunggu apalagi? Yuk menjelajahi mie Aceh di Bandung dan temukan yang rasanya paling autentik menurut kalian.

Related Articles

Connect with Nibble