Foodies Guide To F&B Industry

Photo by nanisgelato.com

7 Rasa Gelato Paling Unik yang Pernah Dibuat

January 24, 20204 min readFoodie Trends

Gelato belakangan ini mulai menjadi salah satu makanan pencuci mulut yang sering dicari banyak orang. Berbeda dengan es krim, gelato memiliki terkstur yang cenderung lebih padat. Meski begitu, serupa es krim, beragam rasa gelato paling unik juga sering dibuat. 

Rasa-rasa unik dari gelato ini uniknya sulit untuk kalian dapatkan di luar negeri. Justru beberapa kedai gelato di Indonesia yang berani untuk mengeksplorasi rasa-rasa baru untuk gelato.

Penasaran gelato rasa apa saja yang paling unik?  

Zuppa Inglese

Photo source: nicolettaconficconi.it

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, rasa yang satu ini memiliki arti sup Inggris. Namun, tenang saja, rasa ini bukan sebuah sup yang diolah lebih lanjut menjadi gelato. Banyak yang menyebut zuppa inglese ini terinspirasi oleh triffle, sebuah makanan tradisional asal Inggris yang sudah ada sejak abad ke-16.

Gelato paling unik ini memiliki rasa yang begitu kaya. Ini dikarenakan zuppa inglese terdiri dari custard dan sponge cake yang dipadukan dengan gula, whipped cream, dan cokelat. Selain itu, gelato ini juga dibalut dengan liquor seperti sherry atau alchermes.

Pecel

Photo source: unileverfoodsolutions.co.id

Salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Timur ini biasanya dinikmati pada saat sarapan. Cita rasa bumbu kacangnya yang sangat legit menggugah banyak orang untuk memulai hari dengan sarapan berat seperti pecel.

Namun, bagaimana rasanya jika pecel yang biasanya disajikan dengan lontong atau nasi dipadukan dengan gelato yang memiliki tekstur lembut? Yang pasti, rasa satu ini akan begitu creamy. Sensasi bumbu kacang yang biasanya ditemukan dalam pecel masih terasa ketika dipadukan dengan gelato. 

Rasa ini bisa kalian temukan di Fruto Gelato.

Lokasi: Trans Studio Mall Cibubur, Lantai 3, Jl. Alternatif Cibubur No. 230, Cibubur, Jakarta Timur.

Martabak 

Photo source: qraved.com

Mungkin hanya gelato di Indonesia yang memiliki rasa yang aneh bin ajaib. Di Indonesia, beragama makanan khas daerah mampu diolah menjadi sebuah rasa gelato. Salah satu kedai gelato yang memang khusus meracik rasa gelato dari makanan khas Indonesia ini adalah Locarasa.

Salah satu rasa gelato yang dibuat Locarasa adalah martabak bangka. Rasa manis dipadukan dengan roti cukup tebal yang biasanya kalian temukan di martabak Bangka saat ini bisa kalian temukan juga di gelato. Keduanya berpadu menjadi sebuah makanan pencuci mulut yang ciamik!

Lokasi: Belle Point Commercial Row, Jl. Kemang Selatan VIII No. 55, Kemang, Jakarta Selatan.

Klappertaart

gelato paling unik

Photo source: manual.co.id

Satu lagi makanan khas Indonesia yang diracik Locarasa menjadi sebuah rasa gelato adalah klappertaart. Klappertaart sering disebut sebagai salah satu makanan khas yang berasal dari Manado. Namanya sendiri dalam bahasa Indonesia memiliki arti kue kelapa.

Gelato klappertaart dari Locarasa memiliki rasa yang menyerupai klappertaart asli. Mulai dari rasa kelapa sampai taburan kismisnya menyatu dengan pas di dalam dinginnya gelato.

Kecap

Photo source: Nova

Penyedap rasa yang satu ini tak pernah dibayangkan sebelumnya mampu diolah menjadi sebuah rasa baru untuk gelato. Adonan gelato yang dicampur dengan kecap ini memiliki rasa yang manis. Ini dikarenakan di dalam pembuatan kecap manis memakai gula Jawa.

Tempe

Photo source: @gelatosecrets

Tempe yang biasanya hanya dijadikan sebagai makanan pendamping mampu diubah menjadi salah satu rasa gelato. Untuk mendapatkan rasa yang tepat, biasanya kedai gelato memadukan sari tempe goreng dengan adonan gelato.

Meski menggunakan sari tempe goreng, tempe dalam gelato paling unik ini tidak terlalu terasa. Locarasa sengaja menonjolkan rasa karamel dari gelato untuk lebih terasa. Meski begitu, potongan tempe goreng yang sudah jadi karamel ditambahkan ke gelato agar terdapat tekstur crunchy.

Riso

gelato paling unik

Photo source: megustagelateria.com

Riso merupakan bahasa Italia yang memiliki arti nasi. Bagi kita yang biasa mengonsumsi nasi sebagai makanan sehari-hari tampaknya rasa yang satu ini akan cocok dengan lidah kita. 

Mungkin tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya, nasi yang biasa menjadi menu makanan utama bisa juga dinikmati sebagai makanan pencuci mulut. Namun, jika kalian pernah mencoba rice pudding, rasa gelato paling unik ini mirip dengan makanan itu.

Meski menjadi salah satu rasa yang populer di Italia, kelihatannya belum ada kedai gelato di Indonesia yang menjual rasa riso sebagai salah satu pilihan menunya. Jika sudah ada, tentu harus kita coba langsung!

Related Articles

Connect with Nibble