Foodies Guide To F&B Industry

Photo by indonesiana

8 Kedai Gelato Enak di Kota Besar Indonesia

January 22, 20205 min readFoodie Trends

Gelato yang digadang-gadang sebagai alternatif ice cream yang lebih sehat kini sedang naik daun. Popularitas gelato di Indonesia makin menjadi-jadi karena negara kita berlimpah sinar mataharinya sehingga membuat gelato pas untuk dimakan kapan saja.

Tak hanya di Jakarta, demam gelato juga merambah ke ke kota-kota besar lain di Indonesia. Kali ini, kami akan membahas kedai gelato terbaik di 8 kota besar di Indonesia. Daripada makin penasaran, simak yuk ulasannya langsung.

1. Jakarta - Latteria Gelato

Photo source: @latteriagelato.id

Banyak nama kedai gelato enak di Jakarta yang recommended. Tapi, kali ini kami memilih Latteria Gelato untuk mewakili ibu kota. Kedai Gelato yang berlokasi di PIK ini sudah ada sejak tahun 2016. Kalau biasanya kedai gelato memiliki area seating yang minim, lain halnya dengan konsep yang dibawa oleh Latteria. Area kedainya cukup luas, nyaman pula, dan pastinya Instagramable.

Ada begitu banyak jenis rasa gelato yang ditawarkan di sini, mulai dari rasa strawberry, susu atpe, matcha, gandalf the grey, hingga vanilla and brownies yang enaknya tak perlu diragukan lagi. Untuk menikmatinya, terdapat tiga ukuran yang bisa dipilih, yaitu small, medium, dan large. Harganya mulai dari Rp38.000 -  Rp63.000.

Lokasi: Ruko Crown Golf, Blok D No. 39, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Jakarta.

2. Bandung - Terminale Gelato

Photo source: @sisidamping

Tempatnya yang tak terlalu besar tidak membuat foodies menghentikan niat mereka untuk berkunjung ke kedai gelato enak ini. Bagaimana tidak, penampilan kedai ini sangat eye-catching dari depan. Konsep vintage yang dihadirkan membuat banyak orang penasaran untuk mampir.

Tekstur dan rasa gelato di sini pun bikin jatuh cinta. Ada cheesecake, Oreo, greentea brownies, dark chocolate, serta pistachio klasik yang bisa kalian pilih untuk menyegarkan tubuh di tengah hiruk pikuk kota Bandung.

Lokasi: Living Plaza Dago, Jl. Ir. H Juanda No. 61-63, Bandung Wetan, Bandung.

3. Semarang - Gelato Matteo

Photo source: @semarangfoodhunter

Kawasan Kota Lama selalu jadi destinasi para wisatawan untuk napak tilas di Semrang. Jika kalian sedang jalan-jalan di area ini, mampirlah ke Gelato Matteo. Gerahnya udara Semarang bisalangsung terobati saat kalian menyantap ice cream di kedai gelato enak ini.

Di sini kalian bisa menikmati gelato dalam cone, cup, dan waffle. Kalau kami lebih suka saat gelato disajikan dengan waffle karena rasanya lebih enak sekaligus mengenyangkan. Varian rasa yang ditawarkan cukup beragam, seperti vanilla, Oreo, chocohip, dan tiramisu. Serunya lagi, gelato tersebut bisa ditambahkan topping sesuai dengan selera kalian.

Lokasi: Jl. MT. Haryono No.914, Wonodri, Kec. Semarang Sel., Kota Semarang.

4. Yogyakarta - Tempo Gelato

Photo source: @tempogelato

Siapa coba yang tak kenal Tempo Gelato di Yogyakarta? Kedai gelato enak yang berlokasi di pusat turis, yaitu Prawirotaman, selalu jadi destinasi wajib para traveler saat ke Jogja. Antrean di Tempo Gelato selalu mengular, cafenya pun selalu padat pengunjung.

Tak heran, rasa gelato yang ditawarkan memang spesial. Tekstur gelato yang tidak cepat meleleh menjadi nilai plus. Salted caramel, tiramisu, praline, banana chocolate, matcha tea, kiwi, dan mangga menjadi varian rasa yang bisa kalian cicipi saat ke sini.

Lokasi: Prawirotaman St No.43, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta.

5. Surabaya - Bebini Gelati Café

Photo source: @bebinigelati

Hadir dengan desain interior yang chic, Bebini Gelati Cafe jadi tempat favorit warga Surabaya menikmati kesegaran gelato. Pemilik kedai gelato enak ini ternyata adalah Arnold Poernomo yang juga menjadi juri Masterchef Indonesia.

Chef Arnold memang tahu betul cara mengemas sajian kuliner menjadi hits. Bebini Gelati menuai bayak pujian karena kedai gelato ini mengusung konsep cafe, sehingga kita bisa menikmati hidangan lainnya sambil makan gelato. Kalau kalian mau membuktikan nikmatnya gelato karya Chef Arnold, pesanlah gelato dengan aneka rasa, seperti Thai tea, Milo Oreo, Strawberry Yakult, Mango Tango, dll.

Lokasi: Jl. Dharmahusada No.183-185, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur.

6. Malang - Bvgil Gelato And Friends

Photo source: @bvgilgelato

Bergeser sedikit ke Malang, kalian bisa berkunjung ke Bvgil Gelato And Friends saat berburu kedai gelato enak. Harga gelato di sini sangat terjangkau. Kalian bisa mendapatkan gelato 3 rasa hanya dengan Rp28.000 saja.

Area restorannya pun asri dan homey sehingga akan membuat kalian betah berlama-lama nongkrong di sini. Soal rasa memang tidak terlalu banyak pilihan, tapi semuanya sangat memuaskan. Kami sangat merekomendasikan gelato rasa salted caramel, dan carnival coffee untuk dicoba.

Lokasi: Jl. Guntur No.33, Oro-oro Dowo, Kec. Klojen, Kota Malang.

7. Bali - Gusto Gelato

Photo source: @grace_graciana

Hati-hati bingung saat kalian berkunjung ke kedai gelato enak di Bali ini. Pasalnya, semua rasa gelato yang ada terbukti enak dan bikin nagih. Apalagi dimakan di tengah cuaca Bali yang super panas, kalian pasti tidak akan bosan untuk kembali ke sini berkali-kali. Tempatnya juga luas, mereka memiliki area outdoor dan indoor untuk bersantai.

Keunikan lainnya terletak pada pilihan rasa gelato yang nyeleneh. Selain varian rasa klasik, mereka juga punya gelato rasa sereh dan bika ambon yang tak bisa ditemukan di tempat lain.

Lokasi: Jl. Mertanadi No. 46, Kerobokan Kelod, Bali

8. Medan - Zisel Gelato & Cafe

Photo source: @ram_yu

Kota Medan juga tak mau melewatkan demam gelato berlalu begitu saja. Ada sejumlah nama kedai gelato enak yang berada di Medan, salah satunya adalah Zisel Gelato & Cafe. Gelateria dengan konsep cafe ini menempati bangunan dua lantai di komplek Cemara Asri yang dikenal sebagai surga kuliner di Medan.

Gelato di sini lebih cocok menjadi makanan penutup setelah kalian menyantap menu andalan cafe ini, seperti roasted chicken wings, pepperoni pizza, atau nasi goreng ayam bakar.kalau ngomongin rasa gelato yang recommended, pilihlah pistachio atau lemon sorbet yang menyegarkan.

Lokasi: Jl. Cemara Asri Boulevard Raya No.A24, Medan Estate, Percut Sei Tuan, Medan.

Seru banget ya kedai gelato enak yang tersebar di 8 kota besar di Indonesia? Kalau kalian butuh rekomendasi gelato di Jakarta, langsung aja ke 8 Tempat Makan Gelato di Jakarta Yang Bikin Ketagihan.

Related Articles

Connect with Nibble