Recipe

Resep Sayur Bening Bayam Praktis Bergizi Tinggi

by Cista Laksono | November 23, 2021

Resep Sayur Bening Bayam Praktis Bergizi Tinggi

Resep sayur bening bayam – Pernah nonton serial kartun Popeye the sailorman ? Itu lho, kisah pelaut yang punya badan kuat dan suka makan ’spinach’. Meskipun sebenarnya jenis sayur yang berbeda, ’spinach’ di kartun ini diterjemahkan sebagai bayam.

Ya mungkin karena bayam lebih banyak ditemui di Indonesia ya. Yang jelas, anak era 90’s yang suka nonton Popeye jadi suka makan bayam karena pengen sekuat Popeye. Sebenarnya, ada gizi apa aja dan gimana cara masak bayam yang enak ya? Sebelum bahas lebih jauh tentang resep sayur bening bayam, yuk cari tahu dulu nutrisi dalam daun-daunan hijau yang satu ini!

Kandungan Gizi Bayam

Di dalam tiap 100 gram bayam terkandung 23 kalori. Bayam dikenal sebagai sayuran yang tinggi zat besi. Kandungan gizi lain adalah vitamin C, vitamin B, dan vitamin A yang terdapat dalam bentuk karetonoid seperti beta karotein, lutein, dan zeaxanthin.

Punya zat besi yang tinggi, bayam baik dikonsumsi mereka yang menderita anemia. Namun hati-hati, kalau kamu adalah seorang pengidap penyakit asam urat, sebaiknya kamu menghindari mengonsumi bayam karena ada senyawa purin yang bisa memicu asam uratmu kambuh.

Jenis Bayam

Bernama latin Amaranthus, bayam diperkirakan berasal dari Amerika tropik. Tanaman ini mudah tumbuh dan banyak ditemukan di wilayah Asia. Biasa disebut Chinese amaranth , bayam sering dianggap sama dengan sayur ‘spinach’ yang berasal dari genus spinacia atau secara umum dikenal dengan nama bayam jepang/ horenzo.

Dan ternyata ada banyak pula macam-macam jenis bayam berdasarkan lingkungan tumbuhnya yang juga memengaruhi bentuk, tekstur, dan rasanya. 1. Bayam petik. Bayam yang dapat tumbuh dengan tingga batang mencapai dua meter. Bayam petik punya daun yang lebar dan besar. Dipanen dengan cara dipetik, daunnya yang muda enak dimasak untuk gado-gado dan pecel. Kalau daun yang lebih lebar, bisa digoreng atau dijadikan keripik. 2. Bayam cabut. Punya ukuran yang lebih kecil, usia tanam bayam cabut maksimal hanya 25 hari. Dinamakan bayam cabut karena cara memanennya harus dicabut hingga ke akarnya. Daun dan batangnya lebih kecil sehingga bisa diolah semua. Bayam cabut cocok banget nih kalau kamu olah jadi sayur berkuah seperti sayur bening atau sayur bobor.

Kalau melihat ada sayur bayam dan berpikir untuk mengolahnya, gak perlu overthinking, karena dimasak jadi sayur bening pun udah enak banget. Nibble akan bagi resep sayur bening bayam yang bisa kamu coba di rumah.

Resep Sayur Bening Bayam

untuk 3-4 porsi

Bahan:

• 1 ikat bayam

• 2 buah jagung manis, pipil atau potong-potong

• 4 siung bawang merah

• 3 siung bawang putih

• 3 ruas temu kunci

• 1,5 liter air

• 1 sdt garam

• 3 sdm gula atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Potong atau cukup memarkan bawang merah, bawang putih, dan temu kunci. resep-sayur-bening-bayam-01.jpeg

  2. Rebus air hingga mendidih dan masukkan bumbu resep-sayur-bening-bayam-02.jpeg

  3. Kemudian masukkan jagung pipil. Tunggu hingga air kembali mendidih dan masukkan bayam. resep-sayur-bening-bayam-03.jpeg

  4. Bumbui dengan garam dan gula. Aduk sambal koreksi rasa. Sayur bening bayam biasanya punya rasa kuah yang ringa, segar, dan sedikit manis.

  5. Selesai, sayur bening bayam sudah matang.

Jenis sayuran lain yang bisa kamu pakai untuk sayur bening bayam ini antara lain adalah wortel, labu air, labu siam, ataupun gambas/oyong. Selain bergizi, si kecil yang mulai belajar makan bisa dapat manfaat dari variasi sayur yang digunakan, dengan mengenal ragam rasa dan tekstur makanan.

Itulah resep sayur bening bayam yang segar, enak, dan bergizi. Selamat mencoba!

resep-sayur-bening-bayam-04.jpeg

Photos by: Cista Laksono, Nibble