Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pexel

8 Makanan Traveling yang Praktis Buat Keliling Dunia

January 17, 20204 min readTips & Tricks

Sudah ada rencana untuk traveling di tahun 2020 ini? Kalau kalian lihat kalender, total ada 16 hari tanggal merah di sepanjang tahun 2020. Kalau kalian cermat, dengan modal cuti beberapa hari, kalian bisa mendapatkan libur panjang lho. Kalian bisa memanfaatkan cuti tersebut untuk traveling ke luar atau dalam negeri.

Bicara tentang traveling, ada banyak hal yang perlu disiapkan sebelum liburan, salah satunya adalah makanan. Budget liburan tentu bisa ditekan jika kita membawa makanan dari rumah. Pilih saja makanan praktis yang bisa dimakan kapan saja dengan mudah. Kalau kebetulan kalian bepergian ke luar negeri, ada beberapa makanan traveling yang praktis dan wajib dibawa agar kalian tidak homesick dengan rumah. Simak yuk rekomendasinya berikut ini.

1. Mie Instan

Photo source: bangkokpost

Bisa dibilang, semua orang Indonesia pasti suka dengan yang namanya mie instan. Kombinasi antara bumbu mie yang gurih, serta mie yang mengenyangkan perut sungguh bisa menjadi makanan traveling paling praktis yang harus dibawa.

Kalian bisa membawa mie dalam kemasan gelas jika harus menempuh perjalanan panjang. Dengan begitu, kalian hanya perlu mencari asupan air panas untuk membuat mie. Jangan lupa untuk membawa beberapa bungkus mie untuk disantap di destinasi liburan ya. Cocok banget untuk jadi pengganjal perut di malam hari jika mengalami jetlagged.

2. Buah

Photo source: weelicious

Kalau kalian lebih memilih makanan traveling yang menyehatkan, buah utuh bisa menjadi pilihan untuk cemilan selama perjalanan. Paling enak untuk membawa buah seperti pisang yang mengenyangkan, apel, strawberry, atau plum. Tentu semua buah tersebut mudah dibeli di supermarket terdekat. Selain sehat, buah-buah tersebut bisa bikin tubuh tetap fit selama kalian traveling keliling dunia.

3. Abon

Photo source: ResepKoki

Salah satu dilema yang sering dihadapi saat keliling dunia adalah soal makanan lokal di tempat liburan yang tidak cocok dengan lidah Indonesia kita. Kalau kalian sering mengalami kondisi ini, kalian bisa membawa bekal abon sebagai makanan traveling.

Umurnya yang tahan lama, serta penyajiannya yang praktis jadi faktor kenapa abon banyak diminati untuk dibawa liburan. Cukup menaburkan abon ke makanan yang terasa aneh di lidah agar rasanya bisa lebih bisa diterima oleh kita.

4. Sereal Kemasan

Photo source: thekitchn

Kalau lagi lapar di perjalanan, sereal kemasan yang dicampur dengan susu UHT kemasan bisa menjadi pengganjal perut kalian. Makanan traveling ini termasuk sehat karena biasanya sereal terbuat dari gandum yang nutrisinya akan bermanfaat untuk tubuh. Susu pun bisa membuat imunitas tubuh kalian tetap terjaga selama sedang berlibur lho.

5. Roti

Photo source: spot.ph

Tidak kalah praktis, roti juga menjadi makanan traveling yang paling sering dibawa orang-orang yang sedang berlibur. Roti sangat mudah ditemukan di supermarket dan hampir semua negara di dunia pasti memiliki roti yang dijual bebas di pasaran. Kandungan karbohidrat pada roti bisa menjadi pengganti nasi yang mungkin jarang ditemukan di beberapa negara.

6. Snack Bar

Photo source: frommybowl

Biskuit juga pas untuk jadi makanan traveling karena kemasannya praktis. Ini berguna banget lho untuk kalian yang kerap diserang penyakit maag. Dengan biskuit, kalian bisa mengisi perut secara berkala di manapun kalian berada agar perut tidak pernah kosong. Akan lebih baik lagi jika kalian memilih biskuit penuh nutrisi, seperti biskuit dari gandum atau granola bars.

7. Kacang-Kacangan

Photo source: healthylittlepeach

Buat yang suka ngemil, kacang bisa menjadi makanan traveling yang menyehatkan. Cemilan ini sangat praktis karena biasanya dijual dalam kemasan. Kandungannya juga sehat karena kaya serat dan protein. Pilihlah kacang seperti almond, kacang mete, atau pistachio agar makin sehat.

8. Lauk Pauk Khas Indonesia

Photo source: @ocha_chupid

Rasa cinta kita pada makanan Indonesia kadang membuat kita sulit beradaptasi dengan makanan baru di berbagai negara. Untuk mengatasinya, kalian bisa membawa lauk pauk kering buat jadi makanan traveling. Ini bisa berupa dendeng atau kering tempe.

Kini juga ada makanan Indonesia yang tersedia dalam kemasan vakum lho, seperti rendang sampai ayam goreng bumbu rica. Dengan begitu, kalian pasti akan lebih siap untuk keliling dunia dalam jangka waktu yang panjang.

Banyak banget kan pilihan makanan traveling yang bisa kalian bawa selama liburan keliling dunia? Nggak ada lagi deh perasaan ingin buru-buru pulang karena kangen dengan masakan Indonesia. Kondisi perut juga tetap aman karena banyak makanan dengan kemasan praktis yang bisa disantap dalam perjalanan.

Related Articles

Connect with Nibble