Foodies Guide To F&B Industry

Photo by mareenasrecipecollections

8 Pisang Goreng di Bandung yang Gak Bisa Dilupakan

January 6, 20205 min readFoodie Trends

Pisang goreng kerap menjadi cemilan favorit orang Indonesia karena rasanya yang manis dan teksturnya yang renyah. Tak jarang, cemilan ini disandingkan dengan kopi di warung-warung sederhana. Terus seperti apa kalau kita membahas cerita pisang goreng di Bandung?

Pisang goreng ternyata sudah ada sejak jaman kolonial. Banyak yang menceritakan kalau camilan istimewa ini merupakan makanan favorit bangsa Portugis dan Belanda. Pisang goreng juga dikaitkan sebagai makanan kaum protelar karena cara memasakanya mudah.

Kepopuleran pisang goreng makin melejit berkat adanya inovasi cara memasak yang dilakukan oleh para pelaku industri kuliner. Di Bandung cemilan ini laris manis sebagai makanan pengisi perut antara jam makan besar.

Mau tahu pisang goreng di Bandung yang terkenal paling enak? Simak yuk beberapa rekomendasi kami!

1. Pisang Goreng Simanalagi/Pisang Goreng Caroline

Photo source: @e_ndro

Semua orang Bandung pasti familiar dengan Pisang Goreng Simanalagi. Konon warung pisang goreng ini sudah ada sejak tahun 1948 dan didirikan oleh warga asal Tionghoa bernama Ny. Tjiong. Saat ini, usaha pisang goreng tersebut dilanjutkan oleh menantunya yang bernama Caroline. Jadi jangan bingung kalau ada orang yang menyebutnya sebagai Pisang Goreng Caroline.

Saat makan pisang goreng di sini, kalian pasti akan puas dengan ukurannya yang super besar berkat penggunaan pisang tanduk. Tapi tak hanya itu saja, mereka juga menyediakan pisang goreng kipas, pisang goreng raja, hingga pisang goreng gegedoh.

Lokasi: Toko You, Jl. Hasanudin No.12, Lebak Gede, Coblong, Bandung.

2. Pisang Keju Papaday

Photo source: @dwiarifwicaksono

Tempat makan ini wajib kalian datangi saat mencari pisang goreng di Bandung yang enak. Lokasinya berada di Cibadak, mereka menjual pisang keju andalannya dengan menggunakan gerobak sederhana.

Pisang goreng di sini cukup beda karena diolah tanpa menggunakan tepung apapun, tapi langsung digoreng di atas minyak panas. Rasanya yang manis jadi makin menonjol. Bagian luarnya menciptakan sensasi kriuk saat digigit, namun bagian dalamnya tetap lembut. Yang membuatnya makin istimewa adalah adanya topping keju coklat super melimpah di atasnya yang membuat rasanya seperti surga.

Lokasi: Jl. Cibadak, Jamika, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

3. Warung Taru

Photo source: @bubueataway

Udara dingin Dago sangat serasi jika kita menyantap pisang goreng yang hangat. Soal pisang goreng di Bandung khusus daerah Dago, Warung Taru bisa kalian andalkan. Cukup dengan Rp15.000 saja, kalian bisa mendapatkan seporsi pisang goreng yang disajikan dalam porsi yang cukup banyak, lengkap dengan parutan keju dan taburan gula merah sebagai toppingnya.

Yang bikin makin tak terlupakan, kalian bisa menikmati pemandangan bukit khas Dago yang indah dan suasananya yang homey serta bikin betah.

Lokasi: Jalan Ir H Juanda No.437, Dago, Coblong, Bandung.

4. Pisang Tanduk di Depan Toko Emas Eropa

Photo source: @tikatheexplorer

Biarpun hanya bermodalkan gerobak kaki lima, pisang goreng di Bandung yang satu ini mampu membuat banyak orang jatuh cinta dengan rasanya. Kalian bisa mendapatkannya berjualan di depan Toko Emas Eropa.

Pisang tanduk matang yang manis siap menyambut kalian yang ngidam pisang goreng hangat. Manis pisangnya akan membuat lidah bertekuk lutut. Limpahan keju dan cokelatnya pun bikin nagih. Kalian bahkan bisa minta tambahan keju ke penjualnya jika merasa kurang banyak.

Lokasi: Jl. Dalem Kaum (depan Toko Mas Eropa), Bandung.

5. Jagung dan Pisang Bakar Unyil

Photo source: @biteandbrew

Keju dan pisang merupakan duet maut yang sulit untuk ditolak karena kelezatannya. Kalian bisa langsung merasakan sensasinya dengan mengunjungi Paskal Hypersquare. Di deretan gerobak penjaja makanan, ada satu gerobak bertuliskan ‘Jagung dan Pisang Bakar Unyil’  yang tak boleh luput dari kunjungan kalian.

Mereka tidak menyajikan pisang goreng, melainkan pisang bakar. Rasa pisangnya sangat manis dan teksturnya cukup lembut di mulut. Tak lupa, ada topping keju, gula, dan siraman susu kental manis yang membuat rasanya makin nendang.  Tersedia pula jagung bakar aneka rasa yang cocok dimakan saat udara di Bandung lagi dingin-dinginnya.

Lokasi: Paskal Hypersquare, Paskal Food Market, Jl. Pasir Kaliki No. 25 - 27, Pasir Kaliki, Bandung.

6. Pisang Goreng Kipas Gintar

Photo source: Rony Suleman

Kalau dari tadi sudah membahas tempat yang menjual pisang goreng di Bandung yang menggunakan pisang tanduk, kali ini kami punya rekomendasi tempat untuk menikmati pisang kepok goreng. Bertempat di daerah Cicendo, kalian bisa mencari mobil pickup dengan banner tulisan “Pisang Goreng Kipas Gintar’.

Pisang goreng ini tersaji dengan gaya khas Medan. Rasa pisang gorengnya tidak manis sepenuhnya, namun ada rasa asam juga yang terasa di lidah. Aromanya begitu menggoda dan selalu disajikan hangat, langsung dari penggorengan.

Lokasi: Jl. Dr. Djunjunan, Sukawarna, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

7. Pisang Sangkuriang

Photo source: @fie_drr

Siapa yang tak pernah absen mengunjungi Floating Market saat lagi di Bandung? Jangan lewatkan untuk mencicipi Pisang Sangkuriang ya saat ke sana. Melihat pisang tanduk yang dipajang di depan perahunya saja bisa membuat kita tergoda.

Penampilannya tak membohongi rasanya, pisang tanduk terasa legit, apalagi saat ditambahkan topping keju dan srikaya.

Lokasi: Floating Market, Jl. Grand Hotel No. 33E, Lembang, Bandung.

8. Laksana Jaya Pisang Keju - Pasar Cisangkuy

Photo source: @pisangkejukemuning

Pisang goreng di Bandung terakhir yang patut dapat acungan jempol adalah Pisang Keju Laksana Jaya yang ada di Pasar Cisangkuy. Pisang goreng ini bisa kalian temukan di antara penjual makanan kaki lima di pasar tersebut.

Pisang kejunya sangat legendaris dan bisa didapatkan mulai dari Rp12.000 per porsi. Pilihannya cukup beragam, ada pisang coklat susu, pisang gula, pisang keju coklat, dan pisang keju susu.

Lokasi: Cisangkuy St Foodcourt Pasar Cisangkuy No.64, Citarum, Bandung Wetan, Bandung.

Bagaimana? Makin tertarik untuk berburu pisang goreng di Bandung? Kalau penasaran dengan versi Jakartanya, nih ada kok 7 pisang goreng paling enak di Jakarta.

Related Articles

Connect with Nibble