Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

9 Jenis Donat di Dunia yang Harus Kalian Tahu

February 12, 20204 min readInside Stories

Makanan itu tidak ada batasnya. Apa yang kita makan di tempat kita sekarang, juga bisa ditemukan di negara lain yang jaraknya jauh dari Indonesia. Nah, salah satu makanan yang menyebar ke seluruh dunia adalah donat.

Selama ini, kita mengenal donat sebagai makanan yang berasal dari adonan tepung dengan bentuk bulat dan ada lubang di bagian tengahnya. Kalau dilihat dari sejarahnya, donat dengan bentuk seperti ini konon berasal dari Amerika dan diperkirakan sudah ada sejak abad ke-19.

Namun, kalau kita pergi ke negara lain, kita bisa menemukan berbagai jenis donat dengan tampilan yang berbeda. Ada yang bentuknya bulat, panjang, atau kotak. Ada pula yang cara makannya harus dicelupkan ke saus cokelat dulu dan ada donat yang diselimuti oleh tepung. Sebutan untuk donat juga berbeda-beda loh di masing negara.

Biar nggak makin penasaran, simak yuk jenis donat dari beberapa negara di dunia berikut ini.

1. Churros – Mexico, Spanyol, dan Amerika Latin

jenis donat

Photo source: Cooking Classy

Penyebaran churros dimulai dari semenanjung Iberia, lalu dibawa ke Amerika melalui jalur perdagangan dari Spanyol. Sekarang churros sudah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Spanyol, churros sering disantap sebagai menu sarapan. Sedangkan di Mexico, kita bisa menyantap churros sepanjang hari.

Bentuk jenis donat yang satu ini seperti silinder memanjang, di mana bagian luarnya terasa crunchy, dan bagian dalamnya begitu lembut. Churros paling enak dimakan dengan cara dicelupkan dulu ke dalam saus cokelat meleleh.

2. BeaverTail — Kanada

jenis donat

Photo source: mycanadiancabin

Siapa sangka, ternyata orang Kanada merupakan pemakan donat terbanyak di dunia. Jumlah gerai donat di negara ini juga melebihi negara lainnya. Salah satu jenis donat unik yang bisa ditemukan di sini adalah beavertail. Seperti namanya, bentuk donat ini mirip dengan buntut berang-berang. Bentuknya lonjong dan flat.

Versi tradisional dari donat a la Kanada ini biasanya diberi topping taburan kayu manis dan gula. Namun, semakin dewasa, semakin inovatif pula topping yang digunakan, mulai dari selai cokelat hazelnut, maple cream, cokelat batangan yang dihancurkan, cookies, buah, hingga poutine yang merupakan makanan tradisional kebanggaan Kanada.

3. Pets de nonnes — Prancis

jenis donat

Photo source: tatagateau

Jenis donat yang satu berukuran kecil. Bahan pembuatnya terdiri dari tepung, mentega, susu, telur, dan gula. Adonan dari bahan-bahan tersebut kemudian dibentuk menyerupai bola, lalu digoreng dengan lemak babi atau lard, dan diberi taburan gula halus. Itulah kenapa donat ini bisa terasa manis sekaligus gurih pada saat digigit.

4. Berliner Pfannkuchen — Jerman

Photo source: n-land

Lain lagi dengan jenis donat di Jerman, mereka memakan donat bernama berliner pfannkuchen. Kudapan ini merupakan pastry yang bahannya sama seperti donat. Pastry ini juga diolah dengan cara digoreng. Yang bikin berbeda, pastry ini tidak memiliki lubang di bagian tengahnya. Bagian dalamnya kadang diberi filling krim, cokelat, atau potongan buah.

5. Zeppole — Italia

jenis donat

Photo source: christinascucina

Di Italia, ada berbagai jenis pastry menyerupai donat yang bisa kita temukan, seperti struffoli, bombolone, dan zeppole. Nah, kali ini kita akan membahas zeppole yang juga sering disebut dengan istilah frittele. Bentuknya cukup unik, mungil, dan bagian atasnya terdapat topping whipped cream dengan sentuhan kismis. Sedangkan di bagian dalamnya, jenis donat ini biasanya diberi filling custard, selai, cokelat, gula, atau bahkan ricotta cheese.

6. An-doughnut — Jepang

Photo source: Flickr Jocelyn & Cathy

Sama seperti Italia, Jepang juga punya beberapa cemilan yang dianggap sebagai donatnya orang Jepang. Ada Dango, Kakyoin, Sata–andagi, Taiyaki (pastry berbentuk ikan), dan yang paling terkenal dan menyebar ke seluruh pelosok negeri adalah An-doughnut. Adonan pada An-doughnut sama seperti donat berliner pfannkuchen dari Jerman. Hanya saja, filling An-doughnut diisi dengan pasta kacang merah.

Tidak diketahui sejak kapan jenis donat ini dibuat di Jepang. Namun, gerai donat ternama di Jepang, Mister Donut, memasukkan donat ini menjadi salah satu menu andalannya sejak tahun 1983.

7. Oliebollen — Belanda

Photo source: Teller Report

Secara harafiah, oliebollen diartikan sebagai ‘oily ball’ alias bola berminyak. Wajar saja, karena adonan jenis donat ini mengalami proses digoreng dulu sebelum disajikan. Terkenal sebagai sajian musim dingin, penampilan oliebollen semakin menarik dengan lapisan gula bubuk yang klasik.

8. Sel Roti- Nepal

Photo source: rove.me

Jenis donat dari Nepal ini tidak dibuat dari tepung terigu, melainkan dari tepung beras. Dikenal dengan nama Sel Roti, bentuk donat ini menyerupai cincin raksasa. Teksturnya renyah, dan biasanya dibumbui pula dengan rempah cengkeh dan kapulaga. Orang Nepal menyantap hidangan ini saat festival keagamaan atau menjadi cemilan sehari-hari.

9. Youtiao — China

Photo source: Red House Spice

Kalau dari tadi kita membahas donat dari berbagai negara dengan cita rasa manis, kini kita akan beralih ke China yang punya donat gurih. Nama jenis donat dari negara ini adalah Youtiao. Makanan ini juga ada di Indonesia dan dikenal dengan sebutan cakwe. Rasa adonannya asin, tapi ada sensasi manisnya sedikit. Youtiao biasanya disantap saat sarapan bersama susu dan bubur.

Ternyata variatif sekali ya jenis donat dari negara-negara yang ada di dunia? Untuk kalian yang sedang ngidam donat, cek yuk 12 Donat di Jakarta Paling Enak dan Instagramable.

Related Articles

Connect with Nibble