Foodies Guide To F&B Industry

Photo by conradhotels.com

9 Konsep Restoran Unik yang Belum Pernah Ada di Jakarta

January 6, 20206 min readInside Stories

Beragam restoran hadir di Jakarta. Mulai dari restoran cepat saji hingga restoran makanan khas daerah banyak tersebar di penjuru Jakarta. Meski begitu, kebanyakan restoran masih menggunakan konsep yang itu-itu saja. Masih sedikit konsep restoran unik yang hadir di Jakarta, padahal sudah banyak dipakai di berbagai belahan dunia lain.

Penasaran dengan konsep-konsep restoran yang kami maksud? Cari tahu dalam artikel berikut ini!

Restoran Melayang

Photo source: scoopwhoop.com

Makan di restoran yang berada di rooftop sebuah gedung pencakar langit Jakarta, seperti Altitude, SKYE, atau Henshin Restaurant tentu menjadi sebuah pengalaman unik tersendiri. Melihat pemandangan kota Jakarta dari ketinggian menjadi salah satu nilai lebih dari makan di rooftop.

Tapi, pernahkah kalian membayangkan untuk menyantap makanan di sebuah meja yang melayang di atas tanah? The Fungroup memperkenalkan konsep yang diberi nama Dinner in The Sky Genuine ini. Bahkan, konsep ini sudah coba dilakukan di lebih dari 65 negara di 5 benua. 

Biasanya, konsep ini diterapkan di dekat bangunan yang menjadi landmark dari suatu kota. Tentunya akan menjadi pengalaman unik untuk makan sambil bersantai di sekitaran Monas dengan konsep ini.

Restoran Es

konsep restoran unik

Photo source: autocarhire.com

Sebagai warga negara Indonesia, tentunya kita tidak terbiasa untuk hidup di cuaca dingin yang ekstrim. Jangankan untuk terbiasa hidup dalam waktu yang lama, bahkan di keadaan cuaca yang lumayan dingin akibat dari hujan saja banyak di antara kita yang langsung jatuh sakit. 

Meski begitu, di negara gurun seperti Uni Emirat Arab, dibangun sebuah restoran yang berada di dalam sebuah ruangan yang membeku. Restoran yang bernama Chillout Lounge ini mirip seperti rumah khas suku Inuit. Tentunya dibutuhkan jaket yang sangat tebal, sarung tangan, bahkan sepatu khusus yang dirancang untuk menahan dinginnya ruangan tersebut.

Jangan khawatir akan membeku di dalam ruangan tersebut, kalian akan mendapatkan minuman hangat sebagai salah satu complimentary

Restoran Sarang Burung

Photo source: wandernesia.com

Sarang burung jadi tempat bersantap? Tentu bukan sarang burung berukuran kecil yang kami maksud, melainkan sarang burung buatan yang mampu menampung beberapa orang dewasa untuk berada di dalamnya.

Konsep restoran unik ini pertama kali hadir di Thailand, tepatnya di Soneva Kiri Resort. Konsep ini benar-benar serupa dengan sarang burung, di mana terdapat kayu yang dianyam sedemikian rupa hingga menjadi sebuah tempat yang kokoh di sebuah pohon besar. Biasanya, restoran seperti ini berada di tengah hutan yang memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Jika memiliki sebuah restoran dengan konsep ini di taman kota Jakarta tentunya akan semakin menambah keinginan masyarakat untuk datang mengunjungi taman kota.

Restoran Bawah Laut

Photo source: cnn.com

Makan di tengah-tengah mall atau perkantoran menjadi sebuah hal yang lumrah untuk ditemui di Jakarta. Namun, bagaimana jika kalian menikmati makanan sambil memandangi beragam hewan laut yang lalu lalang di sekitar kalian? 

Sebuah restoran di Maladewa yang bernama Ithaa begitu mendunia dengan konsep yang satu ini. Sensasi makan di kedalaman 5 meter di bawah permukaan laut sambil ditemani biota laut pastinya akan menjadi pengalaman unik yang tak akan mudah untuk dapat kalian lupakan.

Di Bali sendiri restoran dengan konsep ini sudah dibuka pada November 2019 lalu. Jika konsep ini bisa dihadirkan di Ancol tentunya akan menjadi boosting bagi pariwisata di kawasan utara Jakarta ini. 

Restoran Gempa

konsep restoran unik

Photo source: herbeauty.co

Pernah merasakan gempa dengan kekuatan hingga 7,8 skala richter? Apalagi ketika kalian tengah menikmati makan siang atau malam di sebuah restoran. Pastinya akan menimbulkan kepanikan yang luar biasa.

Spanyol memiliki restoran yang menggunakan tema unik ini. Alih-alih ditinggalkan pengunjung karena konsep aneh ini, justru pengunjung rela antre untuk merasakan sensasi makan di tengah gempa bumi dengan kekuatan yang lumayan besar ini.

Jika bisa hadir di Indonesia, konsep restoran unik ini tentunya akan menjadi salah satu tempat belajar bagi masyarakat di Indonesia yang terkenal rawan akan gempa bumi.

Restoran Anak

Photo source: time.com

Memiliki anak yang bercita-cita menjadi seorang Koki handal di masa depan? Atau ingin mengajarkan anak kalian untuk bisa mengenal dapur dan isinya sejak usia dini? Konsep restoran unik yang satu ini sangat cocok untuk dihadirkan di Jakarta.

Kinderkookkafe di Amsterdam, Belanda menjadi salah satu restoran yang terkenal karena konsep ini. Di restoran ini semua operasional restoran akan dilakukan oleh anak-anak berusia 5-12 tahun. Mulai dari menjadi Koki, Kasir, hingga Pramusaji bisa dilakukan di restoran ini. Tentunya ada pengawasan dari orang dewasa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tidak ada salahnya kan mengajarkan anak sejak dini untuk menggapai cita-citanya di masa depan lewat sebuah restoran.

Robot Restaurant

Photo source: eater.com

Dalam zaman di mana teknologi semakin berkembang, kehadiran robot dalam kehidupan sehari-hari tidak mampu kita elak lagi. Bukan tidak mungkin dalam waktu beberapa tahun ke depan semua pekerjaan manusia sudah dilakukan oleh robot. Salah satu bukti robot sudah mampu menggantikan peran manusia bisa terlihat di restoran yang menganut konsep robot restaurant.

Berbagai negara sudah menggunakan konsep ini. Ada robot yang bertugas menyapa dan menerima pesanan, ada juga yang memasak, bahkan ada yang bertugas menghibur tamu dengan berdansa.

Jika semua robot ini bisa disatukan dalam satu restoran tentunya akan membuat manusia di masa depan bisa benar-benar kehilangan pekerjaan. Namun, tentunya akan menjadi sebuah pengalaman unik menikmati makanan yang disajikan oleh robot.

Restoran Konflik

Photo source: conflictkitchen.org

Kita tentunya tahu bahwa di masa lalu Indonesia menjadi negara jajahan dari Portugis, Belanda, Inggris, dan Jepang. Bagaimana jika semua makanan khas dari negara tersebut hadir dalam satu restoran?

Sebuah kedai di Amerika Serikat mengenalkan konsep ini. Conflict Kitchen ini hanya menyajikan makanan yang berasal dari negara-negara yang pernah berkonflik di Amerika Serikat, seperti Palestina dan Irak.

Jika sebuah restoran di Jakarta mampu menghadirkan sushi, poffertjes, caldo verde, dan fish and chips dalam satu tempat tentunya akan memudahkan kita dalam mencari restoran yang sesuai selera.

Naked Sushi

Photo source: inyourpocket.com

Mungkin makan sushi di Jakarta bisa dilakukan di mana saja. Beragam jenis restoran sushi, dari yang mewah hingga murah tapi rasanya juara bisa kalian dapatkan dengan mudah di segala penjuru Jakarta. Tapi, pernahkah terbayang untuk menyantap sushi yang disajikan di atas tubuh manusia?

Di Jepang, terdapat beberapa restoran yang menyajikan sushi di atas tubuh manusia, tepatnya di atas tubuh perempuan yang tidak menggunakan pakaian. Konsep ini dikenal dengan istilah naked sushi.  Meski begitu disajikan di atas tubuh wanita, terdapat beberapa aturan yang harus dipatuhi. Beberapa di antaranya adalah dilarang berbicara pada model, dilarang menyentuh model, dan dilarang berkata tidak senonoh kepada model.

Mungkin konsep yang satu ini tergolong agak vulgar dan akan ditentang oleh banyak pihak. Tapi, tentu akan menjadi sebuah hal yang unik jika ada restoran di Jakarta yang berani menggunakan konsep ini.

Jadi, di antara 9 konsep restoran di atas, mana yang membuat kalian paling penasaran?

Related Articles

Connect with Nibble