Nibble'S Guide

10 Bak Kut Teh di Jakarta untuk Para Pork Lovers

by Danang Lukmana | September 14, 2021

10 Bak Kut Teh di Jakarta untuk Para Pork Lovers
Terkesan susah-susah gampang mencari restoran bak kut teh di Jakarta, tapi ternyata ada banyak kok yang layak dicicipi. Secara harafiah bak kut teh berarti “daging, tulang, dan teh”. Makanan khas Peranakan-Tionghoa yang populer di Singapura dan Malaysia ini menggunakan iga babi sebagai bahan utamanya. Potongan daging dan tulang iga babi akan direbus dengan rempah-rempah khusus sehingga menghasilkan kuah kaldu kecokelatan yang nikmat. Semakin lengkap menikmatinya sambil minum teh yang dipercaya bisa melunturkan lemak dari babi. Berikut ini rekomendasi restoran untuk berburu bak kut teh terbaik di Jakarta!

1.      Song Fa Bak Kut Teh

Jika diminta menyebut nama restoran bak kut teh yang terkenal di Jakarta, banyak orang akan merujuk pada Song Fa Bak Kut Teh. Restoran ini sudah populer di Singapura sejak 1969 dan menyajikan kuah kaldu babi yang jernih namun kaya rasa. Kamu bisa merasakan sensasi lada yang cukup kuat ditambah adanya bawang putih utuh yang ikut direbus. Dagingnya pun sangat empuk dan mudah lepas dari tulangnya.

Source: @songfajakarta

Alamat: PIK Avenue Lantai 1, Jl. Pantai Indah Kapuk, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

2.      Djiba Bak Kut Teh

Menyusuri kawasan Mangga Besar, kamu bisa menemukan restoran bak kut teh bernama Djiba yang khas Tanjung Pinang, Kepulauan Riau. Kalau kamu pesan yang campur, maka dapat isian yang banyak dari mulai daging iga, jeroan, dan sayuran hijau. Porsinya pun besar dengan kuah kecokelatan yang sedap. Satu lagi yang unik, di sini kamu bisa menikmati bak kut teh sembari ditambah potongan cakwe lho.

Source: @begahbareng

Alamat: Jl. Mangga Besar I No. 33, Mangga Besar, Jakarta Barat.

3.      Ta-Chia

Salah satu bak kut teh favorit yang ada di Muara Karang, Jakarta Utara adalah Ta-Chia. Sajian sup bak kut-nya konsisten menerapkan gaya tradisional dengan kuah herbal berwarna cokelat yang khas. Rempah-rempah herbal akan langsung terasa begitu kamu menyeruput kuah kaldunya. Isiannya banyak mulai dari iga, daging iris, hingga daging cincang. Semua dagingnya empuk, juicy, dan bumbu herbalnya benar-benar meresap.

Source: @dewintaifang

Alamat: Jl. Pluit Karang Indah Timur Blok O8 Timur No. 30 - 31, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara.

4.      Bak Kut Teh 100

Dahulu saat restoran bak kut teh masih terbilang jarang dan kurang dikenal, Resto Bak Kut Teh 100 jadi salah satu pelopor. Pilihan menu bak kut teh-nya mulai dari ala Singapura yang pedas lada, ala Malaysia yang kuat herbalnya, hingga spesial ginseng. Bumbu herbal dan ginsengnya diimpor langsung dari Malaysia lho. Meskipun bumbu herbalnya kuat tapi gak bikin eneg saat dimantap dan dagingnya pun sangat empuk.

Source: @ericekos

Alamat:  Jl. Boulevard Raya Blok WB2 No. 3 - 4, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

5.      Sing Bak Kut Teh

Sebelumnya lokasi resto Sing Bak Kut Teh ada di Lippo Mall Puri, namun sekarang sudah pindah ke Ruko North Goldfinch, Serpong. Selain ada bak tuh teh reguler, di sini juga ada sajian spesial yakni bak kut teh on fire. Dalam menu on fire tersebut, daging iganya ditaruh di sebuah wadah lalu disiram arak beralkohol dan dibakar. Setelah selesai terbakar baru deh bisa dinikmati bersama kuah kaldunya.

Source: @singbkt.jakarta

Alamat: Ruko North Goldfinch, No. 60, Jl. Springs Boulevard, Gading Serpong, Serpong, Tangerang.

6.      Chong Bak Kut Teh

Kamu yang tinggal di sekitaran Jakarta Barat, Tangerang dan Serpong, ada restoran Chong Bak Kut Teh yang punya banyak cabang di daerah tersebut. Menu bak kut di sini terdiri dari dua pilihan yakni daging babi dan ayam. Dominasi menunya lebih bergaya Malaysia yang kuah kaldunya menggunakan ramuan herbal dengan warna kecokelatan. Namun, untuk kamu yang mau bak kut teh dengan kuah lada yang jernih juga tersedia di sini.

Source: @chongbakkuttehjkt

Alamat: Rukan Crown M 6, Jl. Green Lake City Boulevard, RT.001/RW.010, Petir, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang.

7.      Superfood Bak Kut Teh

Resto Superfood ini menyediakan bak kut teh tanpa MSG dan resepnya otentik khas Penang, Malaysia. Telah ada sejak 1965, semua bumbu dan rempah-rempah di sini hampir semuanya impor dari Penang dan Singapura. Salah satu menu spesial di sini adalah bak kut teh kering yang isiannya daging, iga, jeroan, dan samcan (pork belly). Semuanya disajikan dalam mangkuk claypot panas dan ada ukuran yang bisa dipilih dari mulai small, medium, hingga large.

Source: @superfoodbkt

Alamat: Apartemen Mediterania Garden Residences 2, Tower E No. 7, Shop House, Jl. Tanjung Duren Raya, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

8.      Legend Kitchen

Kalau kamu ingin mencicipi hidangan ala Chinese-Malaysia dengan cita rasa otentik, bisa juga datangi Legend Kitchen di daerah Muara Karang. Menu yang bisa kamu pesan adalah herbal bak kut teh dengan kuah cokelat yang sangat berasa ramuannya. Lalu ada juga pilihan Legend Claypot bak kut teh yang isiannya lebih lengkap. Isiannya ada daging iga babi, samcan, kulit tahu, hingga jamur enoki.

Source: @legendkitchenid

Alamat: Jl. Muara Karang Raya Blok Y5 No. 40D, Muara Karang, Penjaringan, Jakarta Utara.

9.      Singapore Koo Kee

Di Singapore Koo Kee, kamu bisa menikmati ragam kuliner Singapura yang berlokasi di dalam mall. Dari mulai nasi lemak, laksa, nasi ayam hainan, hingga menu bak kut teh hotpot. Disajikan di atas hotpot, kamu bisa menikmati kuah bak kut ala Singapura yang lebih dominan bawang putih dan lada. Dagingnya pun empuk dan gak amis saat disantap.

Source: @grace_jane_moshi

Alamat: Ruko Crown Golf, Blok A No. 12 - 15, Bukit Golf Mediterania, Jl. Marina Indah Raya, Pantai Indah Kapuk, Penjaringan, Jakarta Utara.

10.   Sedap Wangi

Sedap Wangi merupakan nama kedai makanan Chinese yang lokasinya ada di ITC Mangga Dua. Di sini punya menu andalan seperti nasi campur, sapo ayam, hingga bak kut sayur asin dan bak kut teh. Untuk tipe kedai makan dalam pusat perbelanjaan, bak kut teh di sini tergolong gak pelit. Potongan dagingnya banyak dan kuahnya benar-benar terasa rempahnya. Bakalan bikin tambah energi deh setelah berkeliling untuk belanja.

Source: @sinful_deliciousness

Alamat: ITC Mangga Dua, Lantai 2, Jl. Mangga Dua Raya, Mangga Dua, Jakarta Utara. Memang benar sedikit susah-susah gampang mencari restoran yang menjual bak kut teh di Jakarta yang lezat. Umumnya kamu harus hunting kuliner ini di seputaran Jakarta Utara, Jakarta Barat, atau Tangerang.