Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram @ajakmakan

10 Bakmi di Jakarta Barat Enak dan Bikin Kalap

September 20, 20215 min readFood

Gampang banget mencari bakmi di Jakarta Barat yang punya rasa sedap dan mantap. Bisa dibilang JakBar termasuk surganya buat para pemburu kelezatan bakmi. Apalagi di sini ada beberapa daerah Pecinan, sehingga mudah mencari beragam jenis pilihan bakmi yang enak dan autentik. Berikut ini rekomendasi Nibble tentang bakmi di Jakarta Barat. Isian dan toppingnya bikin kalap!

1.      Bakmi Ayam Asui

Kalau kamu lagi ngidam makan bakmi dengan topping ayam yang berlimpah, datang saja langsung ke Bakmi Ayam Asui. Lokasinya ada di Tanjung Duren, Jakarta Barat, dan sudah terkenal di sana. Harganya memang agak tinggi, tapi di sini kamu bisa mendapatkan potongan ayam rebus alias pecamke dalam jumlah banyak. Di sini semuanya menggunakan ayam kampung, baik daging, kulit, ati ampela, telur muda, hingga kuah kaldunya.

Source: @bemp777

Alamat: Jl. Tanjung Duren Utara IIIA No. 37, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

2.      Bakmi Ayam Acang

Di daerah Grogol, Jakarta Barat, kamu bisa menjumpai bakmi ayam lezat yang legendaris bernama Bakmi Ayam Acang. Bapak Acang sendiri sudah merintis usaha bakmi ayamnya sejak tahun 1970-an, hingga saat ini mempunyai restoran. Mie yang digunakan adalah mie karet yang kenyal dan sudah dibumbui sehingga sangat gurih. Untuk toppingnya ada daging ayam rebus (pecamke), suikiaw udang, dan bakso sapi. Kalau mau tambah telur muda atau hati ayam, tempat ini juga menyediakannya.

Source: @thehandsofcuisine

Alamat: Jl. Dr. Susilo III No.14, RW.5, Grogol, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

3.      Mie Ayam Acing

Masih di daerah Grogol, terdapat juga tempat makan bakmie ayam yang terkenal dan legendaris, namanya Mie Ayam Acing. Mereka sudah menjual mie ayam sudah sejak 1985 dan masih tetap konsisten dengan menunya. Mie di sini juga menggunakan mie karet yang kenyal saat dikunyah. Isiannya semuanya full dari ayam baik daging rebusnya, kulit, hingga jeroan. Kalau ke sini kamu juga wajib cobain bakso goreng dan siomay yang mereka buat sendiri.

Source: @godzillatummy

Alamat: Jl. Muwardi I No. 17, Grogol, Jakarta Barat.

4.      Bakmie Aloi

Kembali masih berkutat di kawasan Grogol, di sini ada rumah makan Bakmie Aloi yang bakal memanjakan para pencinta bakmi Palembang. Hal yang membedakan bakmi ala Palembang dengan yang lain adalah cara penyajiannya. Di sini gak menggunakan wadah mangkuk melainkan mie-nya ditaruh di atas piring makan. Pilihan toppingnya juga sangat banyak, mulai dari ayam, babi cincang, chasiu, dan jamur.

Source: @bakmie.aloi

Alamat: Jl. Dr. Muwardi Raya No. 40, Grogol, Jakarta Barat.

5.      Bakmi Ayam Alok

Sudah buka sejak 1978, Bakmi Ayam Alok adalah salah satu tempat makan bakmi legendaris dan sangat terkenal di Jakarta. Bahkan ada beberapa cabang yang bisa kamu kunjungi, namun pusatnya di Greenville Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tekstur mienya tebal tapi gak alot saat dikunyah. Isian toppingnya terdiri dari ayam rebus, bakso sapi, maupun pangsit.

Source: @bakmiayamalok

Alamat:  Jl. Mangga II B No. 38, Green Ville, Jakarta Barat.

6.      Bakmi Ahau 38

Meskipun berupa kedai sederhana, Bakmi Ahau 38di daerah Mangga Besar ini nyaris gak pernah sepi pengunjung. Apalagi bakmi ini juga sangat legend karena sudah ada sejak 1960 an. Di sini juga menggunakan mie yang agak besar dan kenyal seperti mie karet. Untuk isiannya sangat komplit dari mulai daging ayam, babi cincang, telur puyuh kecap, swekiau, bakso goreng, siomay dan sayuran.

Source: @markicobguys

Alamat: Jl. Mangga Besar No. 38, Mangga Besar, Jakarta Barat.

7.      Bakmi Bangka Aloiy 777

Di Meruya Utara, Jakarta Barat, ada satu kedai bakmi Bangka yang khusus menyediakan topping ayam dan terbilang legendaris, namanya Bakmi Bangka Aloiy 777. Kedai bakmi ini sudah buka sejak 2002 dan sering jadi andalan sarapan serta makan siang warga sekitar. Ciri khas bakmi Bangka adalah mie-nya yang sudah dibumbui dengan minyak dan kecap asin Bangka, sehingga sudah gurih. Untuk daging ayamnya menggunakan daging yang sudah dicincang atau giling dan dimasak kecap.

Source: @bakmibangka777aloiy

Alamat: Blok H 4, Jl. Taman Aries No.9, RT.13/RW.6, Meruya Utara, Kec. Kembangan, Kota Jakarta Barat.

8.      Mie Ayam Uban

Daerah Jalan Dr. Muwardi, Grogol memang banyak deretan tempat makan bakmi yang enak dan favorit. Salah satunya adalah Mie Ayam Uban yang toppingnya royal sampai menutupi mie-nya. Di sini juga spesial ada tambahan minyak ayam yang bikin rasanya jadi gurih nendang. Mie ayam ini memakai topping ayam kampung yang dicampur dengan ayam kecap dan juga bisa meminta kulit ayam goreng.

Source: @jktfooddestination

Alamat: Jl. Dr. Muwardi I No. 7, Grogol, Jakarta Barat.

9.      Bakmi Ka Heng

Di daerah Tanjung Duren juga ada pilihan bakmi favorit berikutnya yakni Bakmi Ka Heng. Di sini tersedia pilihan mie halus, mie lebar, atau mie karet. Tapi konon yang paling disukai adalah mie karetnya. Toppingnya komplit, mulai dari charsiu, daging ayam, hingga babi cincang ada semua. Tambahin juga pangsit rebus/goreng serta bakso agar rasanya lebih mantap.

Source: @kokogembul

Alamat: Jl. Lontar Raya No. 342, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

10.   Bakmi Bintang Gading

Nggak perlu jauh-jauh ke Kelapa Gading buat menikmati sedapnya sajian Bakmi Bintang Gading yang sudah terkenal. Mereka juga punya outlet di beberapa daerah Jakarta Barat seperti Tanjung Duren, Kembangan, dan Kebon Jeruk. Di sini terkenal dengan sajian bakmi khas Ujung Pandang dengan topping babi garing yang melimpah.

Source: @nataliaotaq

Alamat:

  • Green Ville Blok Blok No.34, RT.12/RW.13, Duri Kepa, Kec. Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat.
  • Tanjung Duren Raya No No.Kav 5-9, RT.3/RW.5, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

Bagaimana, sudah cukup puas belum dengan rekomendasi bakmi enak di Jakarta Barat tersebut? Kalau kalian punya rekomendasi tempat makan bakmi yang enak lainnya di Jakarta Barat, boleh dong share ke Nibble.

Related Articles

Connect with Nibble