Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Berkumpul Bersama Keluarga di Playaround Coffee & Kitchen

February 24, 20207 min readReviews

Pertengahan Februari ini, kuliner di Bintaro semakin diramaikan dengan kehadiran sebuah restoran baru yang menganut konsep playcafe. Restoran yang bernama Playaround Coffee & Kitchen ini terletak di Sektor 3 Bintaro yang memang menjadi salah satu pusat kuliner Bintaro.

Playaround Bintaro lahir dari kegelisahan Panji Cakrasantana dan Fariz Shani yang khawatir melihat kurangnya tempat makan ramah anak yang tersedia di Bintaro. Keduanya lalu berkomitmen untuk membangun sebuah restoran yang bisa dijadikan sebagai tempat keluarga untuk berkumpul di akhir pekan. Meskipun begitu, Playaround juga tetap bisa menjadi tempat nongkrong untuk anak muda di kala senggang.

Menjadi Tempat Bonding yang Baik untuk Keluarga

Playaround Coffee & Kitchen sekilas jika dilihat dari luar memiliki bentuk restoran yang cukup kecil. Namun, ketika masuk ke dalam, baru terasa bahwa restoran yang satu ini cukup luas. Bentuk bangunan dari Playaround Bintaro ini ternyata memanjang ke belakang sehingga tidak terlalu terlihat luas dari depan.

Dominasi warna serba putih menjadi tampilan dari bagian dalam restoran baru satu ini. Dindingnya juga dihiasi dengan mural-mural dengan gambar yang lucu dan pastinya menarik bagi anak kecil. Untuk kapasitas, restoran ini bisa menampung hingga 50 orang dalam satu waktu.

Meskipun menjadi sebuah restoran yang ramah untuk anak, Playaround tetap menyiapkan ruangan khusus untuk merokok. Ruangan ini terdapat di bagian samping restoran dan agak tersembunyi sehingga aman dari jangkauan anak kecil.

playaround coffee & kitchen

Bagian belakang Playaround dikhususkan untuk ruangan terbuka. Di bagian ini, tidak terdapat meja dan kursi untuk makan, melainkan sebuah karpet hijau yang cukup luas. Untuk masuk, kalian harus melepaskan alas kaki agar tidak mengotori area yang satu ini. Tenang saja, lantainya cukup bersih, kok.

Tak cuma sekedar karpet hijau luas, tersedia juga beberapa mainan yang secara khusus sudah disediakan oleh Playaround. Mainan yang disediakan ini berupa mainan yang secara khusus melatih tumbuh kembang anak, seperti buku mewarnai, buku cerita, hingga berbagai permainan. 

Nantinya, Playaround berencana untuk melakukan kegiatan rutin untuk anak setiap seminggu atau dua minggu sekali. Acaranya ini bisa berupa story telling, crafting, hingga kegiatan anak lainnya.

Makanan & Minuman Teman Berkumpul

Selain menjadi restoran yang ramah dengan anak, Playaround Coffee & Kitchen Bintaro dilengkapi dengan pilihan menu yang cukup banyak. Bahkan, mereka memiliki kids menu yang cocok untuk disantap oleh anak-anak sembari bermain. Menu-menu ini diracik oleh owner dari Playaround yang bekerjasama dengan Food Consultant guna menemukan formula yang tepat untuk dijual di kawasan Bintaro.

Restoran baru Bintaro ini memiliki dua jenis menu yang dijual setiap harinya. Menu pertama adalah breakfast menu yang dijual pada pukul 08:00 - 11:00. Sedangkan menu makanan berat baru bisa dipesan setelah pukul 11:00. Selain itu, juga tersedia beberapa pilihan kopi dan platter sharing yang cocok untuk dinikmati sambil menunggu anak puas bermain.

All Day Breakfast

Meskipun memiliki nama All Day Breakfast, menu yang satu ini merupakan menu yang hanya dihidangkan pada pukul 08:00 hingga 11:00 setiap harinya. Menu yang satu ini berisikan sepotong sosis, beef bacon, telur mata sapi, baby potatoes, dan salad.

Jika dilihat dari nama-nama makanan yang dimasukkan dalam menu ini, sepintas pasti akan langsung terbayang seberapa besar porsi menu yang satu ini. Menu yang satu ini dilengkapi dengan salad yang diberikan dressing dengan rasa cukup manis.

Tidak ada masalah dengan sosis, telur, dan baby potatoes-nya. Namun, untuk kami, bacon yang digunakan memiliki ukuran yang terlalu tipis. Tipisnya bacon ini membuat tekstur dagingnya menghilang dan terlalu cripsy untuk dimakan. Tentu akan lebih baik jika di kemudian hari bacon ini bisa sedikit lebih tebal lagi.

Mie Ayam Truffle

Menu ini adalah menu andalan dari Playaround Coffee & Kitchen. Bahkan, menurut pemilik Playaround Coffee & Kitchen, Panji Cakrasantana, menu Mie Ayam Truffle adalah menu yang menjadi favorit dirinya dan rekan-rekannya yang pernah berkunjung ke Playaround Bintaro.

Mie Ayam Truffle memiliki tekstur mie yang mirip dengan mie milik Bakmi Tiga Marga. Menu ini disajikan kering tanpa kuah, tetapi mienya sendiri sudah basah dengan minyak yang dipakai untuk memasaknya. Jika di antara kalian ada yang tidak menyukai tekstur berminyak, mungkin menu yang satu ini harus kalian hindari.

Meski begitu, potongan ayam yang disajikan dalam menu ini cukup besar dan tebal. Playaround pun tidak pelit dalam memberikan potongan ayam di menu ini. Ayamnya juga cukup memiliki rasa ketika digigit. 

Senada dengan ayam, truffle dalam menu satu ini juga dimasak dengan takaran yang pas. Tekstur dari truffle dalam menu Mie Ayam Truffle ini cukup kenyal, tetapi justru menambah rasa dalam menu ini. 

Classic Japanese Curry with Beef Katsu

Classic Japanese Curry with Beef Katsu merupakan menu andalan lainnya dari Playaround Bintaro. Menurut kami, menu yang satu ini wajib kalian pesan jika berkunjung ke Playaround.

Dagingnya dimasak dengan waktu yang pas sehingga tidak alot tetapi tidak dengan mudah hancur pula. Daging dalam menu ini digoreng dengan dilapisi oleh tepung roti. Ukuran dagingnya juga cukup besar sehingga mengenyangkan perut ketika disantap.

Sayangnya, sebagai pelengkap utama, curry dari menu ini memiliki tekstur yang terlalu encer. Ini sedikit berbeda dengan curry Jepang lainnya yang lebih kental. Meski begitu, rasa kuah curry juga cukup lezat dan gurih ketika disantap dengan daging dan nasi putih hangat.

Salted Caramel Latte

playaround coffee & kitchen

Varian kopi yang satu ini menjadi salah satu signature dish dari Playaround Bintaro. Berisikan campuran espresso, susu, dan salted caramel, menu yang satu ini seharusnya terasa asin, manis, dan pahit yang bercampur menjadi satu. Namun, satu-satunya rasa yang kami rasakan adalah manis. Tidak terasa sama sekali dua rasa lain yang seharusnya ada guna makin menambah keunikan menu ini.

Tropikale

Perpaduan pisang, nanas, dan kale menjadi bahan dasar dari Tropikale. Warna yang hijau pekat khas kale menjadi ciri khas dari menu minuman yang satu ini. Sekilas, bahkan minuman ini terlihat seperti jus bayam,

Rasa yang keluar dari minuman ini dominan berasal dari pisang. Rasa pahit yang biasanya hadir dari kale sama sekali tidak terasa di minuman ini. Nanas yang memiliki rasa cenderung asam manis hanya sedikit terasa karena tertutup oleh rasa pisang. Namun, tetap saja meskipun rasa pisang lebih dominan, minuman satu ini tetap menjadi salah satu minuman sehat yang harus kalian cicipi.

Chicken Finger dan Degoed Bitterballen Cheese

Playaround Coffee & Kitchen Bintaro tidak memiliki cookies atau cake yang biasanya tersedia untuk menemani minum kopi. Namun, mereka memiliki menu platter sharing yang bisa dipesan jika kalian sedang malas memakan makanan  berat. Dua di antara beberapa menu sharing ini adalah chicken finger dan degoed bitterballen cheese.

Menu chicken finger sendiri sebenarnya merupakan potongan daging ayam yang digoreng dengan balutan tepung. Porsi yang disajikan cukup banyak serta ukuran daging ayamnya juga cukup besar. Sayangnya, rasa dari menu chicken finger terasa agak hambar. Kalian memerlukan saus tomat, cabai, atau bahkan keju untuk lebih menikmati menu satu ini.

playaround coffee & kitchen

Berbeda dengan chicken finger, menu degoed bitterbalen cheese justru memiliki rasa keju yang diluar ekspektasi kami. Sekali gigit saja kalian sudah bisa merasakan isian kejunya yang begitu melimpah. Selain itu, bitterballen a la tempat makan baru di Bintaro ini juga begitu renyah dan lembut sehingga bisa dinikmati oleh siapa saja.

Rekomendasi Kami

Untuk sebuah restoran baru, Playaround bisa menjadi alternatif bagi kalian yang bosan dengan Mall atau restoran cepat saji di kawasan Bintaro. Anak kecil pastinya juga akan menyukai restoran yang satu ini karena mereka bisa dengan bebas bermain dan bahkan mengikuti beberapa acara yang diadakan oleh Playaround Coffee & Kitchen Bintaro.

Konsep restoran yang masih jarang bisa ditemui di Bintaro ini pastinya bakal membuat keluarga kalian betah berada di restoran ini dalam waktu lama. Pilihan makanan yang cukup lengkap pun pastinya akan membuat kalian memiliki banyak pilihan dan tidak bosan dengan menu yang itu-itu saja.

Related Articles

Connect with Nibble