Nibble'S Guide

10 Bubur di Jakarta yang Legend dan Gak Pelit Topping

by Danang Lukmana | September 15, 2021

10 Bubur di Jakarta yang Legend dan Gak Pelit Topping
Banyak pilihan tempat makan bubur di Jakarta yang wajib kamu kunjungi. Pedagang bubur ini rata-rata sudah dalam tahapan legendaris karena konsisten sejak lama menyajikan bubur enak buat pembeli. Makan bubur juga gak harus selalu identik sebagai menu sarapan pagi saja lho. Kamu bisa menikmatinya di siang atau malam hari. Ini dia daftar bubur di Jakarta yang paling yummy dan legendaris.

1.      Bubur Ayam Senopati

Kita mulai pencarian bubur pertama dengan terlebih dulu sarapan di daerah hits Senopati. Di tengah deretan perkantoran area Senopati dan SCBD terdapat gerobak bubur ayam yang setia menjadi pilihan sarapan pagi. Buburnya sangat gurih khas kaldu ayam dengan topping mulai dari usus, ati ampela, dan suwiran ayam. Apalagi mereka punya kuah kari yang makin bikin sedap cita rasanya.

Source: @buburayamsenopati

Alamat: Jl. Senopati No.19-43, RT.6, RT.6/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan.

2.      Bubur Ayam Barito

Nah, siapa bilang makan bubur hanya enak untuk sarapan? Di Bubur Ayam Barito, kamu akan melihat orang-orang tetap antri untuk menikmati semangkuk bubur yang beroperasi dari sore hingga malam ini. Di sini buburnya seperti gaya Bandung yang gak pakai kerupuk melainkan cheese stick. Selain itu ada pilihan topping kuning telur mentah atau setengah matang. Suwiran ayam, kriuk dari cheese stick, dan creamy-nya kuning telur bikin sajian ini jadi sangat sedap.

Source: @ajakmakan

Alamat: Jl. Gandaria Tengah III No.3, RT.1/RW.4, Kramat Pela, Kota Jakarta Selatan.

3.      Bubur Cikini H.R. Suleman

Ada juga nih pilihan bubur legendaris yang menggunakan tambahan telur ayam mentah di dalamnya, namanya Bubur Cikini H.R.Suleman. Lokasinya tempat makannya gak jauh dari stasiun kereta Cikini. Jika kamu menyukainya bisa pesan bubur dengan isian kuning telur ayam kampung yang mentah. Lalu semakin nikmat dengan taburan topping suwiran ayam, emping, dan juga kacang yang melimpah.

Source: @akuh_fningrum

Alamat: Jl. Cisadane No.121, RW.4, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat.

4.      Bubur Ayam Spesial Bang Jaya

Kamu yang tinggal di Jakarta Barat pasti sudah gak asing dengan Bubur Ayam Spesial Bang Jaya. Saking terkenal enaknya, saat ini mereka sudah mempunyai dua cabang. Buburnya sendiri sudah cukup gurih dan manis. Makin sedap lagi kalau ditambah kacang kedelai, kuah sayur, bawang goreng, suwiran ayam, dan seledri. Kalau merasa kurang topping, bisa tambah macam-macam sate, dari usus, ati ampela, telur muda, dll.

Source: @liannywijaya

Alamat: Jl. Kembangan Selatan No.17, RT.1/RW.2, Kembangan Sel., Kota Jakarta Barat.

5.      Bubur Ayam Monas

Jangan tertipu dengan namanya, meskipun ada kata Monas tapi kamu jangan mencarinya di sekitaran Monumen Nasional. Lokasi tempat makan bubur ini ada di daerah Bendungan Hilir atau Benhil dan sudah cukup lama beroperasi. Di sini memang terkenal dengan buburnya yang lembut dan gurih. Semangkuknya berisi bubur dengan suwiran daging ayam dan potongan cakwe yang renyah.

Source: @htxalwayshungry

Alamat: Jl. Penjernihan II No.1558, RT.15/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat.

6.      Bubur Ayam Musi

Di wilayah Cideng, Jakarta Pusat, terdapat bubur ayam gerobakan yang sudah legendaris dan jadi favorit masyarakat sekitar. Bernama Bubur Ayam Musi sesuai nama jalannya, mereka menghabiskan lebih dari 15 liter bubur per harinya. Rasa dari bubur ayam ini terasa lezat dengan kuah kari yang sedap dan suwiran ayam yang gak pelit.

Source: @jktfooddestination

Alamat: Jl. Musi No.22B, RT.12/RW.2, Cideng, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat.

7.      Bubur Ayam Landmark

Meskipun masih berjualan dengan gerobak, bubur ayam yang berlokasi di dekat Gedung Landmark ini selalu ludes terjual di pagi hari. Buryam yang satu ini tergolong legendaris karena sudah eksis sejak 1987. Keunikannya justru pada porsi buburnya yang sedikit, namun dengan topping yang banyak dan berlimpah. Sebagai pelengkapnya, ada pilihan seperti cakwe, suwiran daging ayam, kacang goreng, hingga emping.

Source: @shintamaharani29

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.KAV54, RT.3/RW.3, Kuningan, Setia Budi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan.

8.      Bubur Khas Mayong

Nama bubur ayam Khas Mayong ini sudah dikenal luas pencinta kuliner di Kelapa Gading. Gak seperti penjual bubur gerobakan lainnya yang buka di saat sarapan, bubur Mayong ini justru memilih buka dari sore hingga malam hari. Khasnya di sini adalah isiannya yang melimpah ruah, mulai dari suwiran ayam, ampela ati, emping hingga bawang goreng. Dijamin puas kenyang deh.

Source: @ajakmakan

Alamat: Samping BCA, Jl. Boulevard Timur, RT.1/RW.12, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Kota Jakarta Utara.

9.      Bubur Angke

Salah satu tempat makan bubur ayam ala Chinese di Jakarta adalah Bubur Ayam Angke. Kaldunya yang super gurih dengan bubur yang sudah sedikit bercita rasa manis menjadi perpaduan yang mantap. Selain itu, topping ayam rebus yang disediakan juga sangat empuk dan juicy. Kamu juga bisa menambah ekstra topping seperti usus, ati ampela, serta kulit ayam.

Source: @kokofood.id

Alamat: Jl. Jatayu 1 Blok DD No.5 14, RW.7, Jelambar Baru, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat.

10.   Bubur Ayam Mangga Besar 1

Kalau kamu mencari bubur ala Chinese berkualitas dengan topping berlimpah, maka wajib cobain Bubur Ayam Mangga Besar yang sudah terkenal. Pilihan isian buburnya sangat banyak dari mulai ayam rebus, ayam panggang, telur pitan, telur kecap, telur asin, dan tahu. Gak lupa dikasih irisan cakwe dalam tempat terpisah yang bikin acara makanmu dijamin makin nikmat.

Source: @the.lucky.belly

Alamat: Jl. Mangga Besar I No. 46A, Mangga Besar, Jakarta Barat. Itu dia rekomendasi tempat berburu bubur ayam yang yummy di Jakarta. Dari pagi hingga malam pun bisa menikmati bubur hangat yang nikmat di perut. Kalau soal makan bubur, kamu tim yang diaduk atau nggak diaduk nih?