Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

Efektif! Ini Cara Membersihkan Loyang Sehabis Baking

August 8, 20214 min readTips & Tricks

Sudah tahu belum nih cara membersihkan loyang supaya bersih dan mulus ketika dipakai? Dalam dapur masyarakat modern saat ini, loyang menjadi salah satu alat yang sering digunakan ketika memasak. Biasanya dipakai untuk membuat roti, kue, ataupun makanan serta lauk pauk lainnya.

Nah, ketika sudah keseringan dipakai, gak jarang akan timbul bercak kering warna coklat atau hitam. Bercak kering yang disebut kerak ini sering muncul di permukaan atau sudut-sudut pinggiran loyang. Hal tersebut akibat sisa adonan, maupun lemak dan minyak makanan yang tersisa setelah dipanggang di atas loyang. Selain merusak tampilan, kerak tersebut bisa jadi tempat berkembangnya bakteri yang merugikan.

Cara Membersihkan Loyang

Sebagian orang biasanya langsung mengambil cara cepat dengan menggosok bahkan mengorek-orek bekas kerak tersebut menggunakan benda tajam seperti garpu atau pisau. Padahal cara tersebut bisa merusak lapisan loyang itu sendiri, lho.

source: istockphoto

Ada banyak kok cara lain supaya bisa menghilangkan bekas kerak membandel pada loyang. Melansir Thespruceeats, berikut 5 tips cara membersihkan loyang.

1.      Rendam Loyang dengan Air Panas

Sebelum dilakukan proses pembersihan, kalian bisa merendam loyang terlebih dahulu menggunakan air panas. Tapi pastikan dulu ya bahwa bahan dari loyang tersebut gak mudah meleleh atau berkerut kalau tersiram air bersuhu panas.

source: istockphoto

Fungsi perendaman air panas ini untuk melelehkan atau melenturkan kerak-kerak kering yang menempel. Jika sudah meleleh atau melentur, akan lebih mudah untuk disikat dan disingkirkan dari permukaan loyang. Rendam saja sekitar 15 menit di air panas, kemudian tinggal dicuci menggunakan sabun cuci piring.

2.      Pakai Baking Soda dan Cuka

Pernah mendengar manfaat baking soda sebelumnya? Gak cuma bermanfaat untuk mengembangkan adonan kue, tapi bubuk putih ini juga bisa berguna untuk membersihkan permukaan loyang.

source: freepik

Caranya cukup taburkan saja bubuk putih baking soda pada permukaan loyang yang berkerak. Setelah itu, tuangkan dengan cuka sampai menjadi campuran seperti adonan atau pasta. Oleskan secara merata pasta campuran baking soda dan cuka tersebut ke seluruh permukaan loyang. Lalu diamkan saja selama semalaman.

Keesokan harinya tinggal kikis dan buang sisa pasta dengan alat gosok dan spons pembersih. Bilas dengan air hangat dan sabun.

3.      Hidrogen Peroksida dan Baking Soda

Metodenya hampir sama dengan yang menggunakan campuran baking soda dan cuka, hanya saja kali ini cairan cukanya diganti dengan cairan hidrogen peroksida. Kalian bisa mencarinya di toko-toko bahan kimia.

source: freepik

Seperti sudah dibilang, caranya sama yakni taburkan dulu bubuk baking soda ke permukaan yang berkerak. Lalu, semprotkan cairan hidrogen peroksida ke taburan baking soda. Reaksinya pun akan sama yakni berbentuk seperti pasta. Kemudian tinggal diamkan semalaman dan cuci bersih keesokan paginya.

4.      Saus Tomat

Barangkali hal ini masih terdengar agak aneh ketika membersihkan kerak permukaan menggunakan saus tomat. Tapi gak ada salahnya mencoba kok. Hal itu karena asam di dalam saus tomat bisa membantu mengikis kotoran. Sedangkan kekentalan sausnya membantu menahan kotoran tersebut sampai asamnya benar-benar bekerja dengan baik.

source: istockphoto

Cukup olesi loyang, terutama ke sudut dan tepinya, dengan saus tomat. Biarkan semalaman, lalu gosok, bilas, dan cuci loyang menggunakan sabun hingga bersih.

5.      Pembersih Oven

Sebetulnya menggunakan cairan pembersih oven adalah cara paling mudah untuk membersihkan loyang dibanding memakai metode yang lainnya. Cairan pembersih oven bisa bekerja jauh lebih cepat karena hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Jadi pembersih oven bukan dibuat untuk membersihkan peralatan masak, tapi untuk melarutkan minyak yang dipanggang dari dalam oven.

source: istockphoto

Cukup semprotkan cairan pembersih oven ke seluruh permukaan loyang berkerak, lalu diamkan selama 20 sampai 30 menit. Kemudian, tinggal bersihkan saja loyang tersebut menggunakan spons. Semua minyak dan kerak sisa memasak yang ada di loyang akan mencair dan langsung terhapus. Setelah itu cuci menggunakan sabun dan air hingga bersih.

---

Tips-tips tersebut semoga bisa membantu buat kalian yang bingung dengan cara membersihkan kerak di loyang yang membandel. Jika loyang selalu bersih, maka akan lebih awet dan tahan lama.

Related Articles

Connect with Nibble