Nibble'S Guide

10 Tempat Berburu Cemilan di Bandung yang Manjain Lidah

by Danang Lukmana | October 08, 2021

10 Tempat Berburu Cemilan di Bandung yang Manjain Lidah
Berburu cemilan di Bandung jadi agenda yang wajib kamu lakukan saat berlibur menikmati indahnya Kota Kembang. Selain punya banyak ragam makanan berat, Bandung juga terkenal akan ragam jajanan dan cemilan ringan yang memanjakan lidah. Sebut saja jajanan serba aci, roti bakar, es cendol, batagor, dan masih banyak lagi. Nah, berikut ini pilihan tempat berburu cemilan di Bandung yang musti kamu cobain.

1.      Kue Balok Kang Didin

Udara sejuk Kota Bandung paling pas dinikmati sembari ngopi dan menikmati sajian kue balok. Kue yang serupa dengan pukis namun ukurannya sedikit besar dan tebal ini memang merupakan cemilan yang populer di Kota Kembang. Nah salah satu tempat berburu kue balok yang legendaris adalah Kue Balok Kang Didin yang sudah ada sejak 1967. Pilihan rasanya dari mulai keju, cokelat, hingga tiramisu dan green tea. Favorit pengunjung adalah kue balok yang dimasak setengah matang sehingga adonannya masih meleleh saat digigit.

Source: @jajanbarengan

Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No. 52, Pajajaran, Bandung.

2.      Colenak Murdi Putra

Kota Bandung juga terkenal dengan kuliner tapai singkong yang disebut peuyeum. Kudapan dari peuyeum yang sangat terkenal dari kota ini adalah colenak. Makanan ini berupa peuyeum yang dibakar lalu diberi gula merah cair. Salah satu pedagang colenak yang legend adalah Murdi Putra yang konon sudah berjualan sejak 1930-an. Rasanya legit dengan gula merah asli. Pilihan rasanya pun ada original, nangka, dan durian.

Source: @wa.nk

Alamat: Jl. Jendral Ahmad Yani No.733, Padasuka, Bandung.

3.      Batagor Haji Isan

Siapa sih gak kenal sama kuliner batagor yang sebetulnya merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Di Bandung sendiri, Batagor Haji Isan menjadi salah satu pelopor jajanan satu ini karena sudah berjualan sejak 1968. Menu batagor di sini punya tekstur kenyal serta rasa gurih ditambah bumbu kacang yang manis, sehingga menjadi paduan pas untuk disantap. Ciri khasnya Haji Isan adalah batagor dan saus kacangnya dalam mangkuk terpisah, serta batagornya masih panas baru digoreng.

Source: @foodperience.destination

Alamat: Jl. Bojongloa No.38, Panjunan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung.

4.      Surabi Cihapit

Jajanan dan cemilan tradisional Bandung berikutnya yang wajib dicoba adalah surabi. Salah satu penjual surabi yang cukup legendaris dari Kota Bandung adalah Surabi Cihapit. Sesuai namanya, lokasi berjualannya ada di Jalan Cihapit dan sudah ada sejak tahun 1991. Di sini menjual serabi dengan banyak variasi rasa dari mulai manis, asin, hingga tradisional yang disiram kuah kinca dari gula merah. Variasi rasa asinnya ada telur, sosis, hingga oncom.

Source: @foodgallerybdg

Alamat: Jl. Cihapit (Samping Toko Djitu), Riau, Bandung.

5.      Cireng Cipaganti

Aci digoreng alias cireng adalah cemilan tradisional Bandung yang banyak digemari. Tekstur garing di luar namun kenyal saat dikunyah jadi kesukaan banyak orang. Salah satu lokasi berburu cireng yang enak dan terkenal di Bandung adalah Cireng Cipaganti. Sebagai pelopor jajanan cireng di Bandung, di sini kamu bisa merasakan tekstur renyah dengan cita rasa saus kacang yang gurih. Selain isi sambal kacang, ada beberapa varian cireng lain seperti isi sosis, abon, kornet, dan keju.

Source: @cirengcipaganti

Alamat: Jalan Cipaganti No.143, Pasir, Sukajadi, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

6.      Seblak Sultan

Mencari cemilan seblak di Bandung sebetulnya gampang banget karena hampir di mana-mana tersedia. Nah salah satu tempat makan seblak yang sempat viral dan terkenal se-Bandung adalah Seblak Sultan. Karena di sini kamu bisa memilih aneka topping sesuai yang diinginkan. Seperti cireng, makaroni, pentol, bakso, sosis, siomay, cilok, ceker, hingga tulangan ayam. Level kepedasannya juga bisa kamu pilih sendiri sesuai kekuatan.

Source: @riderkulineran

Alamat: Jl. Sultan Agung No.10, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7.      Baso Aci Ganteng

Kuliner aci yang beberapa tahun belakangan ini sangat viral dan digemari adalah baso aci. Sebetulnya kudapan ini berasal dari Garut namun juga sangat terkenal di Bandung hingga sampai ke seluruh Indonesia. Salah satu penjual baso aci yang paling hits di Bandung adalah Baso Aci Ganteng. Isiannya banyak dari mulai ceker, daging tetelannya, hingga cuankie tahu.

Source: @lambemadhang

Alamat: Jl. LLRE Martadinata No. 61 (Samping FO The Outfit), Riau, Bandung.

8.      Perkedel Bondon

Di Bandung ada nih jajanan malam bernama Perkedel Bondon yang juga sangat terkenal. Sebenarnya ini sama saja dengan perkedel biasa yakni dibuat dengan kentang. Tapi cara masaknya tradisional dengan menggunakan arang. Hal unik lainnya adalah jam bukanya yang di atas jam 9 sampai dini hari. Perkedel Bondon ini cocok banget dijadikan pilihan camilan yang enak dan mengenyangkan.

Source: @sutisnohanny

Alamat: Jl. Stasiun Timur No.26, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung.

9.      Tahu Susu Lembang

Tahu susu menjadi salah satu camilan khas Lembang yang juga wajib kamu cobain di Bandung. Sebetulnya basic pembuatannya sama seperti tahu pada umumnya yang kedelai, cuma ditambahkan susu pada proses pembuatannya. Penambahan susu ini sekaligus memanfaatkan jumlah produksi susu sapi yang berlimpah. Di sisi lain, hal ini justru membuat tekstur tahunya jadi super lembut dan nikmat dimakan.

Source: @sevenmagic

Alamat: Jl. LLRE Martadinata No. 47 (Depan FO The Secret), Riau, Bandung.

10.   Es Cendol Elizabeth

Minuman es cendol memang bisa ditemukan di banyak tempat, kalau di Bandung ada nih yang legendaris namanya Es Cendol Elizabeth. Konon, Haji Rohman selaku pemiliknya sudah berjualan cendol ini dari tahun 1972. Cendolnya yang terbuat dari tepung hunkwe dan tepung beras terasa sangat lembut kenyal. Apalagi kalau sudah bercampur dengan es serut, gula merah cair, santan, dan potongan buah seperti nangka.

Source: @foodnusantara.id

Alamat: Jl. Inhoftank No.64, Pelindung Hewan, Kec. Astanaanyar, Kota Bandung. Sebetulnya masih ada banyak lainnya pilihan cemilan di Bandung yang wajib buat dicoba. Gak ada bosennya deh kalau kamu mau mencari cemilan dan jajanan di kota kuliner satu ini. Kamu pengen cobain yang mana dulu nih?