Foodies Trends

Chinese Food Halal yang Bisa Dinikmati Bareng Keluarga

by Danang Lukmana | June 08, 2021

Chinese Food Halal yang Bisa Dinikmati Bareng Keluarga
Halo Nibblers, yuk kita bahas mengenai pilihan Chinese food halal yang bisa kalian nikmati bersama keluarga. Bagi beberapa kalangan, terutama umat Muslim, jika mendengar mengenai Chinese food pasti yang terpikir adalah keraguan untuk menyantapnya. Keraguan tersebut karena memang secara tradisional, masakan Chinese banyak menggunakan bahan yang dilarang untuk dikonsumsi di agama Islam. Tapi tenang saja, jika kalian lebih dalam menelusuri, banyak kok pilihan Chinese food halal yang sudah terkenal kelezatannya di Indonesia. Yuk simak apa saja makanan Chinese halal yang bisa kalian jadikan pilihan.

Pilihan Chinese Food Halal

Masakan China sudah gak bisa dilepaskan dari khazanah perkulineran Indonesia. Rentang sejarah kedua budaya telah bertemu sejak dahulu kala. Banyak masakan khas chinese yang sudah diadaptasi dengan cita rasa lokal, termasuk soal kehalalannya. Nah, berikut pilihan Chinese food yang halal dan pasti cocok di lidah kalian,

1.      Capcay

source: Istockphoto

Capcay merupakan nama hidangan Chinese-Indonesia yang terdiri dari banyak macam sayuran yang dimasak dengan cara direbus (kuah) atau digoreng tumis. Asal mula masakan ini dari variasi dari hidangan khas Fujian. Dikutip dari Endeus TV, nama capcay diambil dari dialek Hokkian yang artinya “bermacam-macam” karena terdiri dari aneka ragam sayur. Masakan capcay saat ini bukan lagi hidangan khusus di rumah makan khas Chinese. Menu sayuran ini sudah menjadi masakan rumah keluarga-keluarga Indonesia. Soal kehalalannya relatif bisa dijamin deh, tapi jika kalian ragu bisa langsung ditanya ke penjualnya saat membeli.

2.      Kwetiaw dan Bakmie

source: Istockphoto

Kwetiaw dan bakmie umumnya dijual bersamaan di restoran Chinese food. Keduanya memang salah satu makanan khas Chinese yang paling terkenal di Indonesia. Perbedaan kedua makanan tersebut hanya pada tekstur, bahan dan bentuknya saja kok. Kwetiaw memiliki tekstur kenyal yang lebar serta terbuat dari beras. Banyak variasi bakmie dan kwetiaw dari yang halal hingga yang non-halal. Bagi kalian yang ingin mencicipi kuliner bakmie dan kwetiaw yang halal dengan cita rasa yang otentik Chinese, kalian bisa coba ke restoran Kwetiaw Sapi 78 dan Kwetiaw Sapi Aciap di daerah Mangga Besar, Jakarta.

3.      Bakpao

source: Istockphoto

Bakpao alias Chinese bun, merupakan salah satu makanan Chinese lainnya yang sangat populer di Indonesia. Kata bakpao yang dikenal masyarakat kita saat ini berasal dari bahasa suku Hokkian, yaitu bak yang berarti daging dan pao yang berarti bungkusan. Aslinya daging yang digunakan adalah daging babi, tapi karena makanan ini sudah melebur dalam budaya lokal, maka bahan babi pun sudah banyak diganti. Isian bakpao saat ini umumnya daging ayam, kacang hijau, bahkan coklat.

4.      Nasi Hainan

source: Istockphoto

Nasi Hainan adalah hidangan khas Chinese yang halal dan bisa dinikmati berbagai kalangan. Hidangan ini dibawa masuk oleh imigran dari Pulau Hainan, di bagian China Selatan. Nasi Hainan yang lezat berasal dari penggunaan kaldu ayam dan bumbu rempah-rempah dalam proses memasak nasinya. Selain terkenal di Indonesia, masakan ini juga menjadi masakan nasional Singapura lho.

5.      Fuyunghai

Fuyunghai merupakan jenis omelette atau telur dadar khas Chinese. Fuyunghai dimakan bersama saus asam manis yang biasanya dibuat dari tomat dan kacang polong, tetapi ada juga saus yang disertai dengan potongan nanas di dalamnya. Memang secara tradisional, resep ini memasukkan daging babi di dalam adonan telurnya, tapi berbagai variasi di Indonesia sudah dibuat halal kok.

6.      Bacang

source: istockphoto

Bacang atau bakcang merupakan penyebutan dari dialek Hokkian. Bakcang secara harafiah memiliki arti ‘berisi daging’. Daging sebagai bahan isiannya adalah babi, namun di Indonesia sudah banyak yang menjualnya dengan isian ayam, sapi, dan jamur. Bagi kalian yang Muslim tinggal pilih saja isian yang sesuai.

7.      Siomay dan Dimsum

Siomay sendiri masih merupakan bagian dari dimsum, yang merupakan ‘makanan kecil’ dan populer di daerah China Selatan dan Hong Kong. Dalam resep tradisionalnya, dimsum dan siomay menggunakan cincangan daging babi di dalamnya. Tapi saat ini sudah banyak dijual variasi menu dimsum dan siomay yang halal. Siomay sendiri sudah memiliki versi Indonesianya dengan menggunakan isian ikan Tenggiri dan disajikan menggunakan saus kacang. Kalian saat ini bisa menikmati siomay maupun dimsum baik yang dijual menggunakan gerobak ataupun di restoran dalam Mall seperti Bamboo DimSum dan Din Tai Fung.

8.      Choi Pan

source: istockphoto

Choi Pan atau Chai Kue merupakan kuliner khas Chinese yang populer di Kalimantan Barat. Dari bentuknya, sepintas mirip pastel namun bahan dan cara pembuatannya berbeda. Bagian kulitnya terbuat dari tepung beras seperti bahan kwetiaw, serta cara pembuatannya dikukus bukan digoreng. Isian Choi Pan juga umumnya terdiri atas bahan-bahan halal seperti bengkuang, talas, dan kucai. Setelah itu bagian atasnya ditaburi bawang goreng dan disiram dengan saus sambal pedas yang sedikit asam. Nah Nibblers, itu tadi pilihan menu Chinese food halal yang bisa kalian nikmati. Jika masih ragu soal kehalalannya, gak ada salahnya kok bertanya kepada yang jual dengan cara yang sopan tentunya.