Foodies Guide To F&B Industry

Photo by klfoodie.com

Dalgona Coffee, Teman WFH Sempurna untuk Pecinta Kopi

March 26, 20204 min readFoodie Trends

Bekerja dari rumah (WFH) sudah mulai diterapkan hampir di seluruh dunia sejak pandemi COVID-19 mulai menyebar. Tindakan yang harus diambil ini pada awalnya diapresiasi oleh banyak orang untuk menekan laju penyebaran virus berbahaya satu ini. Namun, memasuki minggu kedua, mulai muncul kekhawatiran.

Kekhawatiran ini muncul akibat naiknya tingkat kebosanan pekerja yang tidak boleh keluar dari rumah masing-masing. Untuk mengakali hal tersebut, banyak orang yang akhirnya bertindak kreatif dengan melakukan hal-hal yang sebelumnya mungkin tidak pernah mereka bayangkan.

Salah satu hal yang paling banyak dilakukan oleh orang di masa ini adalah memasak. Berangkat dari hal inilah akhirnya salah satu varian kopi baru muncul. Bosan dengan jenis kopi yang itu-itu saja membuat kopi yang akrab dikenal dengan nama dalgona coffee ini dengan cepat menjadi viral dan banyak orang yang mencoba untuk membuatnya. Hasil akhir yang instagramable adalah salah satu alasan banyak orang yang tertarik untuk membuat kopi dalgona.

Apa sih sebenarnya dalgona coffee? Bagaimana cara membuatnya? Yuk cari tahu dalam artikel berikut ini.

Berasal dari Korea Selatan

dalgona coffee

Photo source: iamafoodblog.com

Dari namanya saja kita bisa menebak jika minuman yang satu ini berasal dari Korea Selatan. Ya, nama dalgona sendiri adalah sebuah street food snack yang sejak dulu sudah ada di Korea Selatan. Snack yang juga dikenal dengan nama ppopgi ini memiliki rasa yang manis dan warna cokelat. Warna cokelat inilah yang membuat minuman ini dinamakan dalgona coffee.

Mudahnya untuk dibuat ditambah warna dari perpaduan bahan-bahan yang menjadi satu menjadi mirip dengan ppopgi membuat tren baru ini dengan cepat menjadi viral. Terlebih dengan semakin digaungkannya seruan untuk tetap berada di rumah selama pandemi COVID-19 membuat lebih banyak orang mengakses sosial media mereka.

Disadur dari vice.com, tren ini pertama kali muncul di platform youtube. Pada tanggal 22 Februari 2020, kanal youtube “뚤기ddulgi” mem-posting sebuah video tentang cara membuat dalgona coffee. Dalam waktu singkat video tersebut menjadi viral dan saat ini menjadi video tutorial membuat dalgona coffee yang paling sering ditonton.

Dengan cepat banyak orang mencoba untuk membuat varian kopi yang satu ini. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga TikTok sekarang dipenuhi dengan tutorial membuat kopi dalgona a la masing-masing. Mulai dari influencer hingga orang biasa yang tengah bosan di tengah isolasi telah mencoba membuat minuman ini.

Tidak Memerlukan Banyak Bahan

Photo source:  뚤기DDULGI & 서담SEODAM @youtube.com

Salah satu hal yang disukai oleh banyak orang untuk membuat kopi dalgona ini adalah karena tidak butuh banyak bahan dan tenaga yang dikeluarkan.

Kalian hanya perlu menyiapkan empat bahan, yaitu kopi bubuk tanpa ampas, gula putih, air putih, dan susu. Untuk kopi, gula putih, dan air, kalian hanya perlu menyiapkannya sebanyak dua sendok makan. Sedangkan susu bisa kalian siapkan kira-kira ¾ penuh dari gelas yang kalian gunakan.

Tidak ada kriteria khusus kalian harus menggunakan kopi jenis apa untuk membuat minuman viral ini. Tapi, upayakan untuk menggunakan kopi tanpa ampas sehingga kalian tidak perlu menyaringnya lagi nanti. Begitu pula dengan gula, kalian juga bisa menggunakan gula putih pasir. Namun, untuk air, kalian dianjurkan untuk menggunakan air panas agar dapat melarutkan kopi dan gula.

Setelah ketiga bahan ini disiapkan, kalian bisa membuat foam kecokelatan khas dalgona coffee dengan dua cara, yaitu menggunakan peralatan elektronik seperti mixer atau mengaduknya secara manual.

Jika memilih untuk menggunakan mixer, kalian hanya perlu mengaduknya selama 4-7 menit. Namun, saran kami, gunakanlah mixer yang bisa kalian pegang, bukan standing mixer. Ini dikarenakan bahan untuk membuat kopi dalgona ini hanya sedikit porsinya sehingga standing mixer tidak bisa menjangkau seluruh bagian adonan.

Lain halnya jika kalian memutuskan untuk mengaduk paduan ketiga bahan ini secara manual menggunakan spatula. Waktu lebih lama pastinya kalian perlukan karena setidaknya diperlukan 400 kali adukan yang diperlukan untuk memastikan foam menyatu dan mengental dengan sempurna. Pastinya pegal, tetapi hasil akhirnya lebih memuaskan.

Instagramable?

dalgona coffee

Photo source: says.com

Setelah selesai membuat foam yang berasal dari perpaduan ketiga bahan tadi, waktunya untuk mencampurkan foam ini dengan susu. Patut dicermati, kriteria keberhasilan foam ini terletak pada tingkat kekentalannya. Jika masih terlalu encer, berarti kalian masih harus mengaduknya lagi.

Kenapa harus kental? Ciri khas dari kopi dalgona ini adalah foam kecokelatan yang berada di atas susu. Jika terlalu encer, maka foam ini akan cepat menyatu dengan susu sehingga akan merusak tampilan minuman ini. Kebanyakan orang membuat minuman ini adalah untuk dipamerkan di sosial media, maka jika tampilannya berantakan, hasil foto ataupun video juga akan kurang bagus.

Dalgona coffee ini bisa dihidangkan panas ataupun dingin. Tentunya jika kalian ingin menginginkan disajikan panas, susu harus dihangatkan terlebih dulu. Sedangkan jika ingin dingin, kalian hanya perlu menambahkan es batu.

Saat ini sudah banyak juga yang membuat dalgona ini dengan bahan lain selain kopi. Sudah muncul dalgona matcha atau dalgona chocolate. Sudah siap untuk berkreasi membuat dalgona lainnya?

Related Articles

Connect with Nibble