Foodies Guide To F&B Industry

Awas! Hidden Sugar Mengintai di Balik Dessert Box Kekinian

November 11, 20204 min readFoodie Trends

Beberapa tahun belakangan viral kudapan manis kekinian bernama dessert box. Seperti namanya, camilan ini dikemas dalam toples kotak transparan. Selain rasanya yang lezat, penataan dessert box yang cantik juga menjadi daya tarik tersendiri dari cake pencuci mulut yang satu ini.

Dessert jenis ini umumnya terdiri atas beberapa lapisan, yaitu sponge cake yang lembut, krim, taburan bubuk cokelat, saus cokelat atau stroberi, biskuit, keju, dan lainnya. Pembuatannya pun sangat gampang, lho. Ada banyak resep dessert box kekinian di internet yang bisa kalian intip.

Bahaya Hidden Sugar dalam Sekotak Dessert Box

Kalau kalian hobi mengudap makanan yang satu ini, pasti sudah gak asing lagi dengan rasa manisnya yang menggoda selera. Begitu nikmatnya, gak jarang kita sampai tak sadar sudah makan setengah kotak dessert box. Namun, sebaiknya kalian juga berhati-hati ya!

Mengonsumsi makanan manis-manis memang gak dilarang, kok. Asal jangan sering-sering, tentu saja. Sebab tanpa kita sadari, di balik dessert box yang lezat itu ada kandungan gula super tinggi yang mengintai, lho!

Dessert box adalah makanan yang bahan-bahannya banyak mengandung gula. Nah, proses pengolahan yang sedemikian rupa itulah yang bikin konsumen gak sadar kalau dirinya sedang mengonsumsi makanan yang terlalu banyak gula.

Ini yang Terjadi Kalau Kalian Kebanyakan Makan Dessert Box

Gula memang dibutuhkan oleh tubuh, tapi kalau terlalu banyak juga bisa berdampak negatif untuk kesehatan jangka panjang, lho. Lalu, kira-kira apa saja sih risiko kesehatan yang mengintai jika kita terlalu sering mengonsumsi dessert box?

  1. Merusak gigi

Sering merasakan gigi senut-senut akhir-akhir ini? Waspada, jangan-jangan itu disebabkan oleh terlalu sering makan dessert box. Ya, kandungan gula dalam sekotak kudapan manis tersebut punya efek negatif pada kesehatan gigi, apalagi jika kalian gak rajin menggosok gigi setelahnya.

Gula yang bercampur dengan bakteri dalam mulut akan berubah menjadi asam. Nah, selanjutnya zat asam inilah yang akan merusak dan menghancurkan lapisan enamel gigi. Akibatnya, gigi bisa terasa nyeri hingga berlubang. Hal ini pastinya akan bikin kalian kurang percaya diri.

  1. Risiko obesitas

Makanan dengan kadar gula terlalu tinggi seperti dessert box ini juga dapat meningkatkan risiko obesitas, lho. Ya, saat mengonsumsi gula fruktosa, tubuh akan mengirim sinyal kepada otak untuk mematikan perasaan kenyang. Jadi tanpa sadar kalian akan terus memakannya.

Tanpa disadari sudah banyak porsi makanan manis yang masuk ke perut. Jika kebiasaan ini dilakukan sering-sering, bukan mustahil kalau berat badanmu akan gampang naik atau bahkan obesitas. Tidak mau kan? Makanya, yuk kurang-kurangi makan dessert box mulai sekarang!

  1. Risiko diabetes meningkat

Mengonsumsi terlalu banyak gula gak cuma dapat meningkatkan risiko obesitas, tapi juga diabetes, terutama diabetes melitus tipe 2. Diabetes dapat terjadi ketika tubuh mengalami kelebihan kadar gula dalam darah. Penyebabnya adalah ketidakmampuan hormon insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi.

Nah, dari situlah si glukosa menetap di dalam darah. Lama kelamaan, sel tubuh akan menjadi resistan (kebal) terhadap insulin, dan akhirnya muncul gejala-gejala diabetes.

  1. Merusak mood

Saat sedang stres atau galau, kebanyakan orang biasanya mencari pelarian dengan makan cokelat atau makanan yang manis-manis. Ini wajar, kok. Namun, jangan sampai berlebihan ya! Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis seperti dessert box justru akan merusak mood kalian, lho.

Sudah banyak studi yang menunjukkan kalau konsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan kelelahan, perasaan cemas dan gelisah, hingga depresi. Jadi, kontrol asupan gula harianmu mulai sekarang, ya!

  1. Penuaan dini

Ternyata mengonsumsi gula berlebihan juga bisa memicu terjadinya penuaan dini, lho. Gula yang masuk ke tubuh akan menempel di protein dalam aliran darah. Dari situlah terbentuk molekul AGE’s yang dapat merusak kolagen dan elastisitas kulit.

Saat produksi kolagen turun drastis, kesehatan dan kecantikan kulit akan terganggu. Kulit akan tampak keriput, kering, dan muncul tanda-tanda penuaan lainnya.

Masih banyak dampak negatif kesehatan lain yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi dessert box. Jadi, mulai sekarang kontrol dietmu dengan baik ya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari!

Related Articles

Connect with Nibble