Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

10 Gerai Donat Kekinian yang Yummy Banget di Jakarta

September 15, 20215 min readFoodie Trends

Setelah kemunculan gerai J. Co dan Krispy Kreme, kini makin banyak donat kekinian di Jakarta. Eksplorasi rasa dan tesktur pada donat membuatnya menjadi camilan yang menyenangkan sekaligus cocok untuk kudapan di sore hari. Kalau kamu lagi cari variasi baru dalam donat, berikut rekomendasi dari Nibble yang gak boleh dilewatkan.

1. Mary's Pastry Lab

Photo source: Instagram/maryspastrylab

Terletak di Kemang, Mary's Pastry Lab terkenal dengan donat paha ayamnya yang disajikan di sebuah tusuk sate. Toppingnya rapat menutupi seluruh donat sehingga ketika dimakan, semua bagian terasa. Kamu bisa memesan donatnya untuk dibungkus satu per satu atau bahkan disusun menjadi sebuah kue ulang tahun.

Alamat: Jl. Kemang Timur No. 90c, Jakarta Selatan

2. Gordon Donuts & Coffee

Photo source: Instagram/gordonjkt

Gordon Donuts & Coffe punya beberapa gerai di Jakarta dan semuanya bisa kamu jadikan tempat nongkrong yang asik. Rasa donat yang mereka tawarkan unik-unik seperti donat karamel dengan potongan bacon sapi, red velvet, dan creme brulee. Sebagai artisan bakery, mereka juga punya sourdough, croissant, dan cinammon roll yang enaknya wajib kamu coba.

Alamat: Thamrin Nine Complex, Jl. M.H. Thamrin No.10, Tanah Abang, Jakarta Pusat,

3. Lukumades

Photo source: Instagram/lukumades_indonesia

Lukumades merupakan donat yang punya sejarah panjang di Yunani. Bentuknya seperti  bola-bola kecil dan adonannya sedikit basah jika dibandingkan dengan donat biasa. Lukumades hadir di Indonesia dengan topping yang menarik seperti siraman cokelat dan taburan kacang pistachio, matcha, dan bueno. Karena disajikan dalam kemasan kertas, ini cocok banget buat kudapan sambil jalan-jalan keliling mal Kokas.

Alamat: Kota Kasablanka, Lantai Upper Ground, Food Society, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta Selatan

4. UN Bakes

Photo source: Instagram/unbakes

UN Bakes merupakan gerai donat kekinian di Jakarta yang menawarkan berbagai macam isian dalam bomboloni. Bomboloni adalah donat tanpa lubang yang diisi dengan filling. Di sini, ada isian yang menyerupai martabak yaitu kacang, cokelat, dan butter. Selain itu, coba juga bomboloni isi krim rasa teh yang unik.

Alamat: Mall Kelapa Gading 2, Gading walk GW 01-02, Kelapa Gading, Jakarta Utara

5. Haritts Donuts & Coffee

Photo source: Instagram/haritts_indonesia

Haritts Donuts & Coffee sudah duluan terkenal di negara tetangga seperti Jepang dan Singapura. Donat asal Tokyo ini punya tekstur yang padat dan renyah di luar, apalagi kalau kamu datang pas donatnya baru aja dibuat. Mereka punya menu harian yang berbeda-beda, jadi cobain semua varian yang ada di hari itu, ya. Di antaranya ada Red Chizu yang berisi krim keju, dan Death by Choco yang semuanya terbuat dari cokelat mulai dari adonan hingga isian donat.

Alamat: Plaza Indonesia, Lantai 3, Jl. MH Thamrin, Thamrin, Jakarta Pusat

6. Kitchen by Dough Darlings

Photo source: Instagram/kitchenbydoughdarlings

Kitchen by Dough Darlings punya varian donat kekinian di Jakarta yang cukup unik yang mereka sebut sebagai financier donuts. Varian financier ini pakai mentega khusus dan tepung almond yang membuatnya jadi bebas gluten. Teksturnya juga jadi renyah dan ringan saat dimakan. Di sini, ada beberapa pilihan topping atau dip alias saus yang bisa kamu pilih sebagai pelengkap donat unik ini.

Alamat: Jl. Ciniru 1 No. 1, Jakarta Selatan

7. Luna's Doughnuts

Photo source: Instagram/lunasdoughnuts

Donat dari Luna's Doughnut merupakan bomboloni yang tebal, ringan, dan super empuk. Isiannya melimpah hingga ke luar donat. Rasa yang mereka tawarkan juga unik seperti Peanut Butter & Jelly yang berisi selai kacang dan strawberry, ditambah dengan keripik selai kacang untuk tambahan tekstur. Atau, ada juga red velvet dengan donat berwarna merah dan isian krim keju yang creamy banget di mulut.

Alamat: Kota Kasablanka, Lantai Upper Ground, Jl. Casablanca Raya, Tebet, Jakarta Selatan

8. Union

Photo source: Instagram/unionjkt

Union Cafe memang terkenal dengan menu-menunya yang inovatif, dan donat mereka adalah salah satu yang terbaik. Donat dengan adonan yang empuk dilengkapi dengan topping seperti Mango Sticky Rice yang gurih dan segar, Thai Tea dengan krim rasa teh, atau Avocado yang merupakan glazing manis rasa alpukat. Kalau makan di Union, kamu bisa memesan donatnya untuk pencuci mulut, Nibblers.

Alamat: Plaza Senayan Ground Floor, Jl. Asia Afrika No.8, Jakarta Pusat

9. Omija

Photo source: Instagram/omijacafe

Kamu yang suka dengan hal berbau Korea pasti bakal happy banget kalau datang ke Omija Cafe. Tempatnya memiliki interior khas Korea dengan dekorasi beberapa artis Korea Selatan. Menu andalan mereka adalah O'Donut dan Ommafin. O'Donut adalah donat dengan tekstur yang empuk dan filling yang melimpah. Sementara Ommafin adalah adonan croissant yang dibentuk dalam loyan muffin dengan berbagai topping dan isian.

Alamat: Mall Artha Gading, Lantai Ground, Jl. Boulevard Artha Gading, Kelapa Gading, Jakarta Utara

10. Donuthing

Photo source: Instagram/donuthing.co.id

Brand donat kekinian di Jakarta ini adalah besutan pasangan selebritas Baim Wong dan Paula Verhoeven. Donuthing menawarkan donat rasa premium lebih dekat karena tersebar dalam bentuk kedai sederhana di berbagai tempat di Jakarta. Teksturnya agak chewy tapi krispi di luar karena dibalut tepung sebelum digoreng. Toppingnya pun variatif memberikan rasa dan tekstur yang unik.

Alamat: Jl. Tebet Barat Dalam Raya No. 43, Tebet, Jakarta Selatan

Donat kekinian di Jakarta bisa banget dijadiin makanan ringan di sore hari. Dengan ukuran yang sedang, kamu jadi bisa mengatur sendiri berapa donat yang bisa kamu nikmati. Yang penting, jangan sampai lupa diri dalam makan makanan manis, ya. Selamat bereksplorasi rasa dalam donat!

Related Articles

Connect with Nibble