Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Fogo Jakarta, Brazilian BBQ Paling Murah di Ibu Kota

February 6, 20207 min readReviews

Masuk dalam daftar 9 ayce enak di Jakarta kisaran Rp100k, Fogo Jakarta yang baru dibuka pada pertengahan bulan September 2019 lalu langsung menjadi perbincangan hangat di kalangan foodies di Jakarta. Harganya yang bisa dikatakan sangat murah untuk menu daging-dagingan, yaitu di harga Rp125.000++ per orang, membuat Fogo langsung menjadi incaran banyak orang. Selain itu, berada di kawasan pusat Jakarta membuat Fogo mudah untuk diakses. 

Sering dikira memiliki konsep pure Brazilian BBQ, ternyata, menurut Yana Heryana, Operational Manager Fogo, Fogo tidak sepenuhnya menganut konsep ini. 

“Meskipun grand design konsep Fogo Jakarta adalah Brazilian BBQ, tetapi bisa dikatakan kami tidak terlalu real Brazilian. Ini bisa dilihat dari pilihan menu buffet kami. Pada buffet ini kami lebih menganut buffet continental, di mana beragam pilihan makanan dari berbagai negara tersedia di sini,” jelas Yana.

Salah satu kiat sukses dari Fogo adalah Yana bekerjasama dengan Chef Fogo untuk selalu berkreasi menentukan menu dari Fogo. Mereka sering datang ke restoran buffet lain untuk mencari inspirasi menu baru. Bahkan, menu beef belly yang menjadi salah satu menu favorit baru masuk dalam daftar menu beberapa saat setelah Fogo dibuka.

Lantas, bagaimana pengalaman kami selama berada di Fogo? Simak review berikut ini!

90 Menit yang Berharga

fogo jakarta

Fogo yang terletak di Intiland Tower ini menempati ruang yang dulunya merupakan D’Kevin Bar, Bistro & Steak. Sekilas, jika dilihat dari luar, Fogo memiliki ruangan yang cukup kecil. Namun, ternyata Fogo mampu menampung pengunjung hingga 120 orang. 

Meski begitu, antrean di jam-jam ramai tetap tidak terhindarkan. Jam ramai ini terjadi di sekitar pukul 11:00-14:00 dan 18:00-21:00 saat weekday. Sedangkan pada weekend mulai dari buka pada pukul 11:00 hingga tutup di pukul 21:00 Fogo selalu dipenuhi pengunjung. Untuk itulah reservasi harus dilakukan sebelum kalian berkunjung. 

Terkadang, meskipun sudah melakukan reservasi pada jam tertentu, kalian masih harus menunggu pengunjung yang duduk di kursi kalian selesai makan. Namun, tenang saja, Fogo menyediakan tempat duduk dan meja yang cukup nyaman di depan restorannya. Meskipun tempat ini juga menjadi smoking area bagi para pengunjung, kalian tidak perlu khawatir akan asap rokok karena tempat ini berada di ruangan yang terbuka.

Ketika sampai di pintu masuk Fogo, kalian akan disambut oleh pegawai restoran yang dengan hangat menyapa untuk memastikan sudah melakukan reservasi atau belum. Jika sudah, kalian harus menunggu beberapa saat karena pegawai akan memastikan terlebih dahulu apakah kursi yang disediakan untuk sudah kosong. Jika sudah kosong, kalian akan langsung diantarkan ke dalam restoran.

Setelah duduk, kalian bisa menentukan kapan akan memulai untuk makan. Ingat, ada waktu 90 menit yang harus kalian benar-benar manfaatkan. Jika kalian masih menunggu orang lain, kalian bisa saja menunggu mereka datang terlebih dahulu.

Saat kalian sudah siap dan memberikan aba-aba kepada pegawai restoran untuk memulai menghidangkan makanan, pegawai akan sigap mendatangi kalian untuk mulai menyajikan 8 jenis daging yang tersedia. Para pegawai ini akan terus menyajikan daging kepada kalian, sampai ketika kalian menyampaikan jika sudah cukup daging yang kalian makan.

Ambiance Restoran Bintang Lima

Ketika kalian masuk ke dalam Fogo, akan langsung terasa ambiance dari sebuah restoran mewah. Pencahayaan yang cenderung kuning dan tidak terlalu terang ditambah dengan penataan meja kursi yang rapi serta bar eksklusif akan membuat kalian tidak merasa sedang berada di sebuah restoran yang menjual makanan dengan harga Rp125.000++.

Selain itu, seakan tidak ingin kalah dengan restoran-restoran di masa kini, Fogo Jakarta juga menyediakan menyediakan spot foto instagramable. Spot ini dapat kalian temukan di beberapa titik, salah satunya terletak di tengah restoran, tepatnya di signage besar bertuliskan “#FOGO”.

Meskipun selalu dipenuhi pengunjung, kesan sumpek sama sekali tidak kami rasakan selama berada di Fogo Jakarta. Keriuhan orang yang biasanya akan mengganggu jika sedang berada di sebuah tempat yang ramai justru membuat kami semakin nyaman ketika berada di Fogo. Di Fogo, 90 menit akan berlalu tanpa pernah kalian rasakan.

Surganya Pecinta Daging

fogo jakarta

Yana menyebut, selama weekday Fogo bisa menghabiskan hingga 250 kg daging. Jumlah ini bertambah 100 kg di kala weekend. Selama kami berada di Fogo, kami mengerti kenapa jumlah ini bisa begitu besar.

Jika kalian berkunjung ke Fogo, ketika duduk dan menyatakan siap untuk makan, kalian akan langsung disuguhi dengan 3 jenis daging dengan berbagai varian. Pertama adalah daging ayam yang memiliki 3 varian, yaitu honey, peri-peri, dan garlic. Kedua adalah sirloin yang memiliki varian sama dengan daging ayam. Sedangkan daging terakhir adalah beef belly yang memiliki varian butter soy dan garlic.

Sirloin honey adalah menu yang paling disukai di Fogo dan kami juga memiliki pemikiran yang sama. Tekstur sirloin yang cenderung banyak memiliki kandungan lemak membuatnya menjadi salah satu bagian daging yang paling lembut. Rasa yang juicy sangat terasa pada gigitan pertama sirloin di Fogo ini. Tambahan honey ketika membakar daging yang satu ini semakin menambah rasa pada daging sehingga rasa dari lemak bisa sedikit dikesampingkan.

Setiap kali pegawai restoran datang, mereka akan memberikan potongan-potongan tips daging dalam piring kalian. Tenang saja, jika kalian merasa jumlah itu belum cukup, pegawai restoran tersebut dengan senang hati akan menambahnya. Namun, menurut kami, meskipun terlihat sedikit, daging yang diiris dan diletakkan dalam piring jumlahnya sudah disesuaikan dengan kapasitas perut masing-masing pengunjung. Jika kalian memutuskan untuk menambah, pastikan dahulu perut kalian masih sanggup untuk menampungnya.

Buffet dan Dessert yang Tak Kalah Kelas

Selain daging, Fogo juga dikenal memiliki varian buffet yang cukup banyak. Mulai dari nasi goreng, pasta, kentang goreng, roti, sup, karage, dan sayuran bisa kalian pilih untuk menemani makan daging. Meski begitu, sedikit kekurangan dari buffet ini menurut kami adalah jumlah sayurannya yang cenderung kurang banyak pilihannya.

Iga adalah menu yang tidak kami sangka akan hadir di menu buffet ini. Potongan iga yang disediakan juga cukup besar. Fogo mampu memasak iga ini dengan sangat baik, terbukti dari daging iga yang begitu lembut ketika kami makan.

Untuk minuman, tersedia lemon tea yang bisa kalian isi ulang sampai kalian puas. Sebenarnya tersedia juga menu minuman lain. Namun, minuman lain ini tidak termasuk dalam menu ayce sehingga harus dipesan terpisah. Fogo Jakarta juga memiliki beberapa varian wine dan beer yang memang sangat cocok untuk menemani makan daging. Varian wine ini di antaranya adalah Penfold Rawson Retreat Cabernet Sauvignon, B&G Medoc, Mi Terruno Reserved Carbenet Malbec, dan Apothic Red.

Jika ingin dessert, Fogo Jakarta memiliki menu caramelized pineapple yang sayang untuk dilewatkan. Berbeda dengan nanas bakar di restoran dengan konsep Brazillian BBQ lain, nanas di Fogo ditaburi gula dan cinnamon terlebih dahulu sebelum dibakar. Penggunaan nanas yang tidak terlalu matang juga menjadi kunci dari crunchy-nya nanas bakar a la Fogo.

Selain nanas bakar ini, tersedia juga pudding yang bisa kalian ambil sesuka kalian. Pudding ini juga tak kalah menyegarkan mulut setelah makan besar. Teksturnya yang begitu halus memanjakan mulut kalian setelah bekerja keras mengunyah daging.

Rekomendasi Kami

Bagi kami, Fogo benar-benar menjadi salah satu restoran dengan harga kisaran Rp100k yang worthed. Makanannya yang melimpah, lokasi yang strategis serta ditambah dengan pelayanan bintang 5 dari semua pegawai restoran membuat semua hal di Fogo terasa sempurna. 

Jujur saja, kami terkesan dengan kesigapan dari para pegawai Fogo. Mereka seakan anti dengan piring kosong sehingga selalu cekatan untuk menawarkan tambahan daging. Selain itu, Yana sebagai Operational Manager juga selalu berkeliling untuk selalu memastikan para pengunjung puas dengan pelayanan yang diberikan. Tak lupa dirinya pun meminta pendapat apa yang mesti dibenahi ke depannya.

Meski begitu, bagi kalian yang mempunyai tingkat kolesterol tinggi harus menyiapkan diri untuk terkena kolesterol jahat dalam volume cukup tinggi. Tak ada salahnya untuk menyiapkan obat-obatan yang biasa digunakan ketika kolesterol menyerang.

Untuk warga Jakarta Utara dan Jakarta Barat, siap-siap ya. Fogo akan membuka cabang di Kelapa Gading pada bulan Maret dan Lippo Mall Puri pada bulan Juni tahun 2020 ini.

Lokasi: Intiland Tower Lantai Dasar, Jl. Jend. Sudirman No.Kav 32, Karet Tengsin, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Related Articles

Connect with Nibble