Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Pixabay

5 Gelas Wine Termewah di Dunia. Harganya Sampai Jutaan

October 6, 20214 min readFoodie Trends

Bukan sekadar wadah minuman,  gelas wine ternyata berperan penting untuk meningkatkan pengalaman minum kamu, Nibblers. Perbedaan pada bentuknya dibuat sedemikian rupa agar bisa menonjolkan karakteristik minuman tertentu. Nggak heran, banyak juga merek minuman anggur yang mengeluarkan gelasnya sendiri sebagai pasangan dari wine yang mereka produksi.

Saking spesialnya, banyak gelas wine dijual dengan harga yang fantastis. Di Indonesia sendiri, kisaran harganya antara Rp50 ribu hingga Rp1,7 juta dengan masing-masing kelebihannya. Bagaimana dengan gelas wine termewah di dunia? Berikut adalah beberapa fakta tentang gelas wine yang paling mewah yang Nibble berhasil kumpulkan.

1. Gabriel-Glass One for All

Photo source: Gabriel-glasinternational.com

René Gabriel adalah pencicip wine profesional, ini membuatnya punya kredibilitas yang istimewa untuk membuat gelas wine yang akan membuat rasa wine menjadi lebih nikmat. Sesuai dengan namanya, One for All, Gabriel-Glass memproduksi karya seni yang bisa digunakan untuk berbagai jenis minuman.

Karakteristik gelasnya tipis dan jernih, dengan bagian lambung gelas yang lebar dan mengecil di bagian bibir gelas. Bentuk tersebut memberikan ruang untuk konsentrasi aroma wine di dalam gelas. Kaki gelas yang tinggi berfungsi supaya tangan nggak bersentuhan dengan bagian gelas. Wine dikenal mudah berubah suhu, jadi kalau terkena tangan, bisa mengikuti suhu tubuh dan rasanya ikut berubah.

Harga paling murah adalah edisi biasa yang dibanderol seharga $63 yang berisi dua gelas, sementara edisi Gold-nya dijual dengan harga $148 untuk dua gelas wine dengan kemasan khusus. Itu berarti, kisaran harganya antara Rp900 ribu - Rp2,1 juta.

2. Riedel Sommeliers Mature Bordeaux

Photo source: Ambiente Direct

Kalau yang satu ini, udah masuk ke Indonesia dan mudah ditemukan di e-commerce. Merek Riedel terkenal karena terbuat dari kristal yang jernih. Ini memberikan rasa crisp pada wine dan mengeluarkan rasanya. Kelebihan lain dari gelas dari Riedel adalah dibuat tahan terhadap mesin pencuci piring dengan suhu tinggi.

Kalau kamu suka minum wine di rumah, gelas Riedel ini cocok banget buat dipakai harian karena cukup kuat. Ada beberapa jenis yang bagus digunakan untuk aged wine, wine muda, atau sampanye. Kisaran harganya antara Rp600 ribu - Rp 1,5 juta per buah sudah termasuk pengemasan aman untuk pengiriman.

3. Stephanie Hall Estelle Colored Glass

Photo source: estellecoloredglass.com

Buat kamu yang senang tampilan eklektik dan fashionable, Stephanie Hall Estelle Colored Glass pasti menarik perhatianmu. Diluncurkan belum lama ini, Stephanie Hall menghadirkan gelas wine yang terdiri dari enam warna yaitu cobalt blue, blush pink, mint green, amethyst, amber smoke, dan lavender. Ada dua jenis gelas wine yang akan membuat acara minum wine-mu semakin meriah yaitu dengan dan tanpa gagang untuk tampilan yang berbeda.

Satu gelas dari Stephanie Hall ini dijual dengan harga Rp500 ribuan, dan satu set berisi enam gelas dijual dengan harga Rp2,5 juta. Sayangnya, gelas wine ini belum masuk ke Indonesia sehingga harus membeli melalui e-commerce Internasional atau di website-nya langsung.

4. Grassl Glass

Photo source: Decantalo.com

Grassl Glass masuk ke dalam jajaran salah satu gelas wine termewah karena gelas dan kemasannya yang istimewa. Dilansir dari Eater.com, Grassl Glass menjadi istimewa karena pembuatannya masih menggunakan teknik tradisional yaitu penempaan gelas dengan cara ditiup. Ini membuat gelas yang diproduksi di Slovakia ini semakin personal karena setiap buahnya dibikin dengan hati-hati.

Yang paling spesial, Grassl Glass punya paket dengan wadah gelas wine portabel yang bisa kamu bawa ke acara mana pun untuk menikmati wine. Harga untuk paket khusus ini adalah $250 atau sekitar Rp3,5 juta untuk dua gelas dan satu wadah yang muat 2 - 4 gelas.

5. Zwiesel 1872 Air Sense Bordeaux

Photo source: Wineware.co.uk

Zwiesel sebenarnya merek yang cukup standard di dunia. Tapi, mereka punya banyak jenis gelas wine dan salah satunya adalah 1872 Air Sense Bordeaux yang punya keistimewaan tersendiri. Gelas wine ini punya bentuk istimewa dengan lambung gelas  yang membesar, memberikan ruang untuk aroma wine terkumpul dan terhirup waktu kamu minum. Ini menambah sensasi sensori yang membuat rasa wine semakin enak.

Di dalam gelas, terdapat semacam bulatan bola yang bisa menambah udara saat wine dituang, memberikannya sensasi crisp yang dicari banyak orang. Ada beberapa jenis gelas wine dari Zweisel ini dan teknologi bulb atau bola dalam gelas ini sudah jadi karakteristiknya. Untuk satu set berisi dua gelas, harganya sekitar $479 atau Rp6,8 juta.

Penasaran nggak, apa rasa wine terenak yang bisa kita beli bisa jadi lebih enak dengan gelas wine termewah tersebut? Kamu bisa coba lihat di e-commerce dan cari gelas wine dengan karakteristik serupa. Atau, kalau nggak mau repot, kamu bisa langsung datang ke tempat minum asik di Jakarta untuk mengobati kangen nge-wine bareng temen-temen.

Related Articles

Connect with Nibble