Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Instagram/gudegjogjabuumi

10 Gudeg di Jakarta Selatan yang Bikin Kangen Yogya

September 14, 20215 min readFoodie Trends

Yogyakarta memang kota yang ngangenin, tapi kamu bisa mempertimbangkan gudeg di Jakarta Selatan berikut ini untuk mengobatinya. Dengan cita rasa yang sama dengan gudeg yang ada di kota asalnya, pastinya tempat berikut bisa jadi langganan kalau mau cari makanan khas Yogyakarta ini. Cek yuk apa aja daftarnya!

1. Gudeg Kandjeng

Photo source: Instagram/gudeg_kandjeng

Berpusat di Jalan Hang Tuah, Gudeg Kandjeng sebenarnya punya beberapa lokasi di Jakarta. Tapi, sebagian hanya melayani pembelian online atau pemesanan khusus. Gudeg yang ada di Gudeg Kandjeng merupakan gudeg basah, dengan mempertahankan cita rasa asli dari Jawa Tengah. Selain gudeg dan pelengkapnya, mereka juga punya menu garang asem ayam kukus dan sambal tumpang yang langka.

Alamat: Jl. Hang Tuah X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

2. Gudeg Bu Tjitro 1923

 Photo source: Instagram/gudegbutjitro1925

Di Yogyakarta sana, Gudeg Bu Tjitro sudah eksis sejak tahun 1925. Sudah lama sekali, ya? Dengan rasa gudegnya yang autentik, Gudeg Bu Tjitro 1925 memiliki beberapa gerai di kota-kota besar di Indonesia dan sudah berinovasi dengan menawarkan gudeg dalam kaleng.

Di Jakarta sendiri, restorannya punya suasana dekorasi dengan furnitur kayu yang bikin kamu serasa sedang di Yogyakarta. Kalau kamu mau menyimpan stok makanan, kamu bisa pesan gudeg kalengnya, terdiri dari varian gudeg rendang, gudeg nangka pedas, dan gudeg blondo yang bisa tahan hingga satu tahun lamanya.

Alamat: Jl. Margasatwa Bar. No.23, Jagakarsa, Jakarta Selatan

3. Gudeg Jogja Bu Umi

Photo source: Instagram/gudegjogjabuumi

Kalau kamu ke Gudeg Jogja Bu Umi, kamu akan menemukan masakan gudeg dan segala lauk pendamping lainnya disimpan di dalam kuali tanah liat yang berjajar. Piringnya pun menggunakan piring anyaman rotan yang dilapis daun pisang sehingga rasa memakannya semakin syahdu. Dalam satu porsi, kamu bisa mendapatkan gudeg lengkap dengan opor ayam, tahu dan tempe bacem, telur pindang, krecek, serta sambal terasi.

Alamat: Jl. Sungai Sambas VI No.3C, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

4. Gudeg Pak Atmo

Photo source: Instagram/gudegpakatmo

Konon katanya, Pak Atmo dulu pernah menjadi kepala koki di Istana Mangkunegaran Surakarta. Jadi nggak heran kalau gudeg buatannya punya rasa yang top banget. Gudeg Pak Atmo sendiri berdiri sejak tahun 1963 dan sudah memiliki beberapa cabang sekarang. Jenis gudeg di sini punya teksur yang halus dan basah, kemudian disajikan bersama telur pindang, krecek. kuah areh yang gurih, dan sayur singkong rebus.

Alamat: Jl. Gandaria 1 Persil 2, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

5. Gudeg Bu Sri

Photo source: Instagram/gudegbusri.jkt

Gudeg Bu Sri juga merupakan salah satu gudeg di Jakarta Selatan yang istimewa. Opornya punya kuah areh yang kental dan telur pindangnya dibuat dari telur bebek. Jadi lebih gurih dan nikmat. Rasa berpadu menjadi satu dari manisnya gudeg, gurihnya opor, dan pedasnya krecek membuat gudeg menjadi sajian yang kaya akan rasa.

Alamat: Jl. Swadaya 1 No. 8 kel. Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

6. Gudeg Bu Hj. Gito

Photo source: Instagram/gudegbugito

Basah dan dipotong halus, itu adalah salah satu ciri khas gudeg Yogyakarta. Beberapa daerah lain di Jawa Tengah juga punya varian gudeg tapi cenderung kering. Nah, di Gudeg Bu Gito, kamu bisa mendapatkan rasa autentik tersebut. Gudegnya dimasak lama sehingga semua bumbunya meresap hingga warna sayur nangkanya kemerahan. Disajikan bersama opor ayam, krecek, dan telur pindang, semuanya berpadu nikmat di piring.

Alamat: Jl. Kebagusan Raya No.18, Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

7. Dapur Solo 1988

Photo source: Instagram/dapursolo1988

Dapur Solo ini memang juaranya kalau soal masakan Joglosemar alias Jogja, Solo, dan Semarang serta kawasan Jawa lainnya. Menunya semua autentik dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, termasuk gudeg yang disajikan bersama krecek dan ayam goreng gurih. Gudegnya sedikit kering dan dilengkapi juga dengan sambal dan telur pindang. Selain makan di tempat, mereka juga punya pilihan nasi boks atau lunch  box yang praktis, lo.

Alamat: : Jl. Panglima Polim IX No.25, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

8. Gudeg Yogya Ampera

Photo source: Instagram/yayaksingset

Kedainya sederhana dengan rasa istimewa. Itulah yang akan kamu temukan kalau kamu mampir ke Gudeg Yogya Ampera. Makannya disajikan di atas piring rotan anyam yang dilapisi daun pisang. Lauknya berlimpah di atas nasi hangat yang pulen, menambah nikmat apalagi kalau kamu makan ini pada pagi hari untuk sarapan. Pastinya bisa semakin semangat untuk menjalani hari!

Alamat: Jl. Ampera Raya No. 234, Cilandak, Jakarta Selatan

9. Nasi Bogana May May

Photo source: Instagram/nasiboganamaymay

Nasi Bogana May May memang dikenal sebagai spesialis masakan Indonesia, nih, Nibblers. Berbagai jenis set menu nasi mereka tawarkan seperti Nasi Langgi khas Solo, Nasi Jinggo khas Bali, dan tentunya, Nasi Gudeg khas Yogyakarta. Porsinya nggak terlalu besar sehingga cocok untuk makan siang supaya nggak kekenyangan. Isinya terdiri dari nasi gurih, telur pindang, sayur gudeg, tahu bacem, krecek, dan sambel terasi serta kuah areh yang mengikat semua rasanya jadi satu.

Alamat: Grand Lucky Superstore, SCBD Lot 12, Foodcourt

Jl. Jenderal Sudirman, SCBD, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

10. Gudeg Ibu Gatul

Photo source: Instagram/gudeg_ibu_gatul

Kita bergerak sedikit ke arah Bintaro. Meski berada di Tangerang Selatan, Gudeg Ibu Gatul sering jadi tujuan orang dari Jakarta Selatan untuk menikmati gudeg yang unik. Pasalnya, ayamnya bukan berupa opor melainkan dibakar. Ada dua rasa ayam bakar yaitu pedas manis atau manis aja. Setelah dibakar, ayam masih disiram lagi dengan bumbu khasnya sehingga menjadi lebih nikmat berpadu dengan gudeg dan kreceknya yang lembut.

Alamat: Jl. Graha Raya Bintaro Ruko Gracia GC No. 3, Pd. Kacang Barat, Tangerang Selatan

Gudeg di Jakarta Selatan sering jadi sasaran para pencinta kuliner yang kangen dengan Yogyakarta. Suasana yang sejuk dengan atmosfer khas Jawa yang sederhana dan klasik menjadi hal yang patut dirindukan. Di tempat-tempat rekomendasi Nibble tadi, kamu bisa sedikit merasakan sedikit suasana Yogyakarta di Jakarta Selatan melalui makanan.

Related Articles

Connect with Nibble