Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Jr.

Kitamura, Kenyang Shabu-Shabu dengan Rp100 Ribu

December 9, 20195 min readReviews

Setelah sukses dengan berbagai brand kuliner seperti Pochajjang, Kopi KULO, dan Xi Bo Ba, KULO Group kembali menghadirkan brand kuliner lainnya. Kali ini berfokus pada menu shabu-shabu khas Jepang, KULO Group meluncurkan Kitamura Shabu-Shabu.

Sudah meluncur secara resmi sejak awal Oktober lalu, cabang pertama yang dibuka menyasar wilayah hits Jakarta Selatan, tepatnya Gandaria. 

Dalam waktu singkat, Kitamura langsung membuka banyak cabang di berbagai wilayah Jabodetabek. Hal ini serupa dengan strategi yang dilakukan oleh Pochajjang di awal peluncurannya. Bahkan, di awal tahun depan, Kitamura telah berencana untuk melakukan ekspansi ke Surabaya, Medan, Bandung, dan Yogyakarta.

Mirip seperti Pochajjang, Kitamura juga memiliki dua paket menu yang bisa kalian pilih dengan harga Rp99.000++ dan Rp129.000++. Kitamura juga memiliki peraturan yang sama dengan Pochajjang, yaitu waktu makan 90 menit dan ada denda yang menanti jika menyisakan makanan di atas meja ketika waktu habis.

Jika kalian bertanya, kenapa KULO Group kembali meluncurkan restoran dengan model all you can eat (AYCE) padahal sudah memiliki Pochajjang, jawabannya adalah konsep. Pochajjang dikenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk makan BBQ AYCE bergaya Korea, sedangkan di Kitamura Shabu-Shabu, kita diajak untuk makan shabu-shabu a la Jepang.

Perbedaan konsep ini membuat Pochajjang lebih identik dengan millenials yang senang dengan berkumpul bersama sambil menikmati daging yang dibakar. Kitamura di sisi lain memiliki konsep yang lebih ramah dengan segala usia. Ini dikarenakan tidak hanya daging yang bisa direbus, tetapi ada juga beragam menu sampingan yang tidak selalu berhubungan dengan daging.

Ambiance yang Kalem

Ambiance yang cozy dapat kalian temukan di Kitamura. Di sini hampir sebagian besar cabangnya memilih gedung yang berukuran cukup luas. Pendingin udara yang disediakan oleh Kitamura juga sangat membantu suasana menjadi nyaman.

Beberapa hari lalu, kami mencoba salah satu cabang Kitamura yang berada di Bendungan Hilir (Benhil). Cabang Kitamura yang satu ini berada di sebuah ruko yang cukup luas. Memiliki 3 lantai, lantai pertama dan kedua khusus dibuka sebagai tempat makan dari para pengunjung. Sedangkan lantai ketiga merupakan dapur restoran.

Karena memiliki 2 buah lantai yang bisa digunakan membuat Kitamura Benhil ini bebas dari tumpukan pengunjung. 

Interior dalam restoran pun diatur sedemikian rupa agar membuat pengunjung nyaman. Kalian bisa menemukan mural di dinding restoran yang menggambarkan negara Jepang, seperti mural Gunung Fuji, Daruma, dan Neko.

Meskipun menggunakan hot pot sebagai wadah untuk merebus, tapi panas sama sekali tidak terasa di Kitamura Shabu-shabu. Selain karena banyaknya pendingin udara yang digunakan, hal ini juga didukung oleh penataan kursi dan meja yang tidak terlalu padat.

Shabu-shabu Enak Ramah Kantong

Kitamura Benhil sama dengan Kitamura di cabang manapun, yaitu menawarkan 2 pilihan menu daging yang bisa kalian pilih.

Menu pertama diberi nama Makushita yang memiliki harga Rp99.000++. Untuk menu ini, kalian bisa mendapatkan dua macam pilihan daging, yaitu Australian Beef Sirloin dan US Beef Sirloin. Australian Beef Sirloin memiliki tekstur lembut sedangkan US Beef Sirloin memiliki tekstur yang lebih berlemak sehingga lebih juicy.

Menu kedua bernama Yokozuna yang memiliki harga Rp129.000++. Untuk menu ini, selain bisa menikmati Australian Beef Sirloin dan US Beef Sirloin, kalian juga bisa mendapatkan Wagyu Tenderloin.

Sebagai pelengkap dari kedua menu ini, kalian bisa memilih dua dari empat kuah yang disediakan. Keempat kuah ini adalah sukiyaki, chicken collagen, spicy miso, dan tom yum. 

Untuk dagingnya, satu set berisikan potongan tipis daging yang tidak terlalu banyak jumlahnya. Tentunya jika kalian ingin benar-benar memanfaatkan waktu 90 menit yang diberikan, kalian perlu memesan beberapa set daging. Meskipun begitu, kualitas daging yang disajikan sangat bagus. Kalian tidak perlu terlalu lama memasaknya di dalam hot pot agar mendapat tingkat kematangan yang diinginkan.

Masing-masing kuah memiliki rasa yang berbeda satu sama lain. Untuk kalian yang menyukai manis, sukiyaki adalah pilihan yang tepat. Jika kalian pecinta asam, tom yum lah pilihan utama. Jika mencari kuah yang lumayan pedas, spicy miso lah jawabannya. Namun, bagi kami juaranya adalah chicken collagen. Rasanya sangat gurih dan menjadi kuah yang sempurna untuk rebusan daging dan beragam menu pelengkap lainnya.

Jika kalian masih merasa kurang puas dengan rasa dari masing-masing kuah, kalian masih bisa mengutak-atik rasanya dengan menambahkan penyedap rasa yang disediakan oleh Kitamura Benhil.

Bumbu yang disediakan pun cukup lengkap, mulai dari saus ponzu, bawang putih, minyak wijen, cabai rawit, hingga bawang goreng.

Menu Pelengkap yang Membuat Perut Begah

kitamura shabu-shabu

Selain dua macam menu daging yang bisa kalian pilih, kalian juga bisa mendapatkan beberapa menu pelengkap untuk menemani rebusan daging kalian di dalam hot pot. Tersedia sekitar 20 menu pelengkap, seperti bakso ikan, chikuwa, shrimp ball, tahu bakso ikan, dan fish dumpling cheese.

Selain itu, tersedia juga karaage atau kakiage yang berada di row terpisah dari ke-dua puluh menu pelengkap tadi. Nasi juga dapat kalian ambil sepuasnya dari magic jar yang sudah disediakan.

Berbagai varian menu pelengkap ini dijamin membuat perut begah. Tidak ada makanan yang memiliki rasa fail di antara menu pelengkap ini. Menu sayurannya pun cukup beragam dan membuat kalian tidak terlalu merasa enek ketika terlalu banyak menyantap daging.

Sebagai pelepas dahaga kalian bisa memilih minuman dingin ataupun minuman panas. Untuk minuman dingin, tersedia lemon tea dan blackcurrant tea. Sedangkan bagi yang mencari minuman panas, tersedia air panas yang bisa diseduh dengan teh.

Rekomendasi Kami

Menurut kami, menu AYCE dengan harga Rp99.000++ dari Kitamura Shabu-Shabu ini masih worthed dengan makanan dan minuman yang kalian miliki. Kualitas daging yang disajikan dipadukan dengan menu pelengkap yang banyak jumlahnya menjadi sebuah pilihan alternatif bagi kalian yang sedang bosan dengan daging bakar.

Nah, sebelum kalian datang ke Kitamura, ada baiknya kalian simak tips all out makan di restoran AYCE berikut ini. Happy eating!

Related Articles

Connect with Nibble