Foodies Guide To F&B Industry

Photo by pexels

6 Indikasi Kalian Kecanduan Kopi, Yuk Cek Tandanya!

March 30, 20205 min readInside Stories

Coffee addict atau dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah pecandu kopi belakangan menjadi fenomena baru di kalangan millenial. Banyak hal yang membuat orang-orang ini kecanduan kopi sampai sebegitu gilanya. Bahkan, terkadang banyak hal-hal nyeleneh yang bisa dilakukan oleh orang-orang ini.

Salah satu penyebab merebaknya fenomena coffee addict ini tidak lepas dari banyaknya varian kopi yang bisa didapatkan dengan mudah. Sebagai salah satu negara penghasil kopi di dunia, Indonesia memiliki berbagai varian kopi yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. 7 daerah penghasil kopi terbaik ini hanya sebagian kecil varian kopi yang dimiliki Indonesia. Belum lagi varian lainnya dari seluruh dunia yang juga dijual bebas di negeri ini.

Penasaran apa saja tanda-tanda seseorang sudah menjadi pecandu kopi? Yuk lihat dalam artikel berikut ini!

Kopi Jadi yang Pertama Dicari Saat Bangun Tidur

Photo source: pinterest

Banyak anjuran yang beredar jika hal pertama yang harus dicari saat bangun di pagi hari adalah air putih. Ini dikarenakan air putih dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan sisa makanan dalam tubuh yang sudah selesai diproses di hari sebelumnya. Dalam kata lain, air putih dapat membantu tubuh untuk melancarkan pencernaan.

Memang ada beberapa negara yang memiliki kebiasaan unik di pagi hari. Misalnya saja Inggris dengan tradisi meminum teh di pagi hari. Bahkan, Inggris memiliki varian teh sendiri yang dikenal dengan nama English breakfast tea. 

Namun, ternyata di beberapa negara Eropa lain, meminum kopi di pagi hari juga sudah menjadi tradisi. Bagi orang-orang ini, hal pertama yang dicari tentu saja kopi. Bagi para pecinta kopi, adanya kopi, terutama yang berkafein tinggi, saat mereka bangun akan membantu mereka untuk “melek” dan siap untuk beraktivitas.

Kedai Kopi Menjadi Tujuan Utama

kecanduan kopi

Photo source: pixabay

Kalaupun tidak meminum kopi saat bangun tidur atau sarapan, tempat pertama di pagi hari yang dituju oleh kecanduan kopi sebelum bekerja atau melakukan aktivitas lainnya adalah mencari kedai kopi. Biasanya, bahkan orang-orang yang memang sudah kecanduan kopi sudah memiliki kedai kopi langganan.

Orang-orang yang memilih untuk mendatangi kedai kopi di pagi hari adalah orang yang memiliki masalah bangun pagi atau malas untuk membuat kopi sendiri di rumah. Memang sih tidak masalah untuk datang setiap hari ke kedai kopi, tapi siap dompet nangis tiap akhir bulan?

Dihafal Oleh Barista

Photo source: pixabay

Nah, ciri-ciri yang satu ini merupakan turunan dari ciri kecanduan kopi yang kedua. Saking rajinnya orang yang sudah menjadi pecandu kopi mengunjungi kedai kopi di pagi, bahkan sang Barista pun sudah hafal kopi apa yang ingin dipesan dan apa saja yang menjadi kesukaan dari orang ini.

Dihafal oleh Barista tentu menjadi sebuah pengakuan tersendiri bagi seorang pecandu kopi. Tanpa perlu menjelaskan panjang lebar apa saja yang menjadi kesukaan, orang lain sudah mengenalnya dengan baik. Tentu saja jika ternyata Barista merupakan tipe orang yang kita sukai, hal ini bisa dijadikan sebagai alasan untuk PDKT, bukan?

Uring-uringan Jika Tidak Bertemu Kopi Sehari

kecanduan kopi

Photo source: pexels

Hal yang satu ini sudah menjadi ciri paten dari seseorang yang kecanduan kopi. Sehari saja tidak bertemu kopi, atau bahkan tidak bertemu kopi di pagi hari, orang tersebut bisa memiliki mood yang jelek sepanjang hari. Tak jarang, orang-orang seperti ini galaknya bahkan melebihi menakutkan dibandingkan pemilik kosan yang sedang menagih uang kos bulanan.

Memang serba salah jika kita bertemu dengan orang seperti ini. Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki mood pecandu kopi yang seperti ini adalah dengan mengajaknya berkunjung ke kedai kopi terdekat. Ada cara lain? Ada kok, ajak saja untuk memesan melalui ojek daring, kan lumayan bisa mendapat diskon jika memesan dalam nominal tertentu. Kata diskon pasti bisa meredam emosi setiap orang.

Kopi Yes, Makan No

Photo source: athome.starbucks.com

Tak jarang seorang coffee addict justru akan merasa kelaparan jika tidak bertemu kopi. Lebay? Tidak juga. Bagi pecandu kopi, segelas kopi dan rokok sudah cukup untuk meredam rasa lapar mereka di siang ataupun malam hari. Mereka lebih rela untuk tidak makan nasi dibandingkan harus meninggalkan kopi sehari saja.

Sudah semakin orang sering kita temui orang-orang seperti ini. Biasanya, mereka ini adalah orang-orang yang memiliki pola makan tidak teratur. Tentu saja hal ini akan mengganggu tubuh kalian. Energi yang dihasilkan tubuh merupakan hasil kafein, bukan karbohidrat. Jika kalian masih menyayangi lambung, yuk lebih pentingin makan dibandingkan kopi.

Minum Lebih dari Segelas Kopi Sehari

Photo source: thetimes.co.uk

Banyak orang yang menyebut, jika seseorang mengonsumsi kopi lebih dari segelas sehari berarti orang itu sudah termasuk pecandu kopi. Tidak salah sih, karena bagi mereka ini kopi lebih penting dibandingkan air putih. Namun, tetap harus ada batas maksimalnya, loh.

Dilansir dari Hellosehat, seseorang yang mengonsumsi lebih dari 4 gelas kopi setiap hari memiliki peluang memiliki penyakit yang berbahaya bagi nyawa. Untuk pria dewasa, penyakit yang mungkin muncul adalah penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dll. Bahkan, bagi perempuan dewasa, risikonya malah dua kali lebih besar dibandingkan pria.

Namun, kabar baiknya nih, konsumsi 2 sampai 3 gelas kopi masih dianggap sebagai sebuah tindakan yang wajar. Bahkan, kemungkinan besar kopi yang dikonsumsi memiliki pengaruh baik bagi tubuh. Oleh karena itu, batasi konsumsi kopi harian kalian, ya.

Nah, itu tadi beberapa tanda seseorang bisa dikategorikan sebagai pecandu kopi. Kalau kalian sendiri bagaimana? Sudah menemukan tanda-tanda di atas dalam diri kalian?

Related Articles

Connect with Nibble