Foodies Trends

Viral di TikTok Video Makan Ayam Mentah. Ini Bahayanya!

by Kristal Pancarwengi | March 14, 2020

Viral di TikTok Video Makan Ayam Mentah. Ini Bahayanya!
Pernah bayangin gak gimana rasanya makan ayam mentah? Mayoritas orang pasti bakal langsung jijik dengan hal itu. Tapi beda cerita dengan pengguna TikTok @emmawoodward16. Alih-alih merasa jijik, dia justru bangga memamerkan kebiasaannya makan ayam mentah, lho. Video yang menampilkan kelakuan anehnya itu pun jadi viral dan rame dibicarakan netizen. Di video tersebut si pengguna menjelaskan kalau kebiasaan mengonsumsi ayam mentahnya itulah yang bikin dia jarang banget sakit. Wah, masa sih? Hmm... Ada-ada saja ya manusia. Punya hobi kok makan ayam mentah. Selain gak lazim, kebiasaan ini ternyata juga punya dampak buruk buat kesehatan, lho. Penasaran apa saja bahaya makan daging-dagingan mentah buat tubuh? Nih bocorannya seperti yang dikutip dari Healthline!
  1. Keracunan

Ternyata daging mentah termasuk salah satu makanan yang bisa bikin kita keracunan, lho. Di dalam daging mentah terdapat bakteri jenis Salmonella, E. coli, Yersinia, dan lain-lain yang baru akan mati kalau dimasak secara sempurna. Bakteri-bakteri itulah yang bakal mengganggu keseimbangan fungsi pencernaan. Selain menyebabkan diare, kalian juga bisa berisiko mengalami keracunan. Gejalanya mulai dari mual, muntah, sampai demam tinggi. Seram banget, kan?
  1. Tipus

Kebiasaan makan ayam mentah ternyata juga bisa menyebabkan kalian mengalami tifus, lho. Penyebabnya adalah infeksi bakteri Salmonella typhii yang terdapat dalam daging ayam yang belum dimasak matang. Selain demam, gejalanya bisa berupa diare, susah pup, atau sakit perut.
  1. Gastroenteritis

Hati-hati buat kalian yang masih suka makan ayam mentah atau setengah matang. Kebiasaan ini bisa memicu munculnya penyakit gastroenteritis. Gastroenteritis adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena dinding saluran pencernaan meradang. Gejalanya adalah muntah dan diare. Duh... Intinya, makan ayam mentah itu kebiasaan yang gak sehat dan sebaiknya gak perlu ditiru. Daging ayam bisa makin bahaya kalau sudah terkontaminasi oleh bakteri Campylobacter jika sudah kontak langsung dengan pupnya si ayam. Kalau sudah terinfeksi bakteri ini, besar kemungkinan kalian akan mengalami BAB berdarah.

Tips Masak Ayam Biar Matang Sempurna

Sekarang kalian tahu kan bahaya makan ayam mentah? Yuk, mulai sekarang hindari kebiasaan gak sehat tersebut. Pastikan juga daging ayam yang kalian masak sudah bener-bener matang sempurna. Tujuannya biar bakteri jahat yang ada dalam si ayam mati dan gak membahayakan kesehatan kalian dan keluarga. Nah, Nibble punya sedikit bekal nih buat kalian, yaitu tips masak ayam biar matang sempurna. Sebenernya masak ayam bukan hal yang susah, kok. Tapi gak ada salahnya juga kan kalian belajar. Hitung-hitung tambah pengetahuan dalam menyajikan masakan yang sehat buat diri sendiri dan keluarga.
  1. Potongan jangan terlalu besar

Tahu gak? Salah satu penyebab kenapa ayam gak matang sempurna adalah ukuran potongannya yang terlalu besar. Karena terlalu besar, panas dari kompor gak bisa masuk ke daging bagian dalam. Apalagi kalau waktu masaknya cuma sebentar. Alhasil, ayam cuma matang di bagian luarnya aja.
  1. Masak waktu minyak/air mendidih

Tips kedua biar ayam mateng sempurna adalah memasaknya waktu minyak atau air sudah dalam keadaan mendidih. Dengan cara ini, daging ayam kalian bakal lebih cepat dan merata matangnya.
  1. Sayat beberapa bagian

Supaya daging ayam matang sempurna, kalian juga bisa mencoba menyayat beberapa bagiannya. Tujuannya biar panas dari air atau minyak bisa masuk sampai ke sela-sela daging. Hasilnya, ayam lebih cepat matang merata. Tentu saja gak ada larangan makan ayam mentah. Tapi, kalian juga wajib mengutamakan kesehatan ya! Jangan karena demi konten, kalian malah mengorbankan keselamatan diri kalian sendiri.