Tips & Tricks

Mau Makan di Restoran Hotel? Pahami Dulu Istilah Ini

by Danang Lukmana | November 28, 2021

Mau Makan di Restoran Hotel? Pahami Dulu Istilah Ini

Gak cuman sebagai tempat menginap, kamu juga bisa makan di restoran hotel dengan sajian yang berkelas. Kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk biaya menginap kok, karena ada hotel yang memang membuka restorannya untuk pengunjung luar. Sebetulnya gak banyak perbedaan signifikan antara restoran dalam hotel maupun restoran berbintang lainnya.

Sama seperti restoran pada umumnya, tiap hotel pun punya fasilitas dan sajian menu makanan yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada kelas dan grade bintang dari hotelnya itu sendiri.

Jika resto hotel kelas menengah, biasanya menyuguhkan fasilitas dan signature dish (menu khas) yang lebih sederhana. Maka beda lagi dengan hidangan di resto hotel mewah bintang 5. Mereka tentu saja melengkapi dengan layanan eksklusif dan menu-menu premium.

Istilah-Istilah yang Kerap Dipakai di Restoran Hotel

Nah, supaya kamu gak canggung dan bingung saat mau makan di restoran hotel, sebaiknya pelajari dulu istilah-istilah berikut. Dilansir dari IndonesianChefAssociation dan Akurat.co, berikut ini istilah dalam pelayanan di restoran hotel.

1. Buffet

makan-di-restoran-hotel-02.jpg

Source: Istockphoto

Istilah buffet pasti sudah gak asing untuk didengar para pencinta kuliner. Layanan buffet memang sudah banyak dipakai dan ada di mana-mana, baik di restoran hotel kelas atas maupun menengah. Kata tersebut juga berarti self-service yang mana dalam istilah bahasa Indonesia ini sering disebut sebagai prasmanan.

Jenis layanan ini termasuk yang sangat praktis dan cepat, di mana semua hidangan sudah ditata serta diatur dengan rapi di atas meja hidang. Jadi kamu sebagai pengunjung bisa bebas mengambil beragam makanan dan minuman sesuai selera. Tapi kamu tetap akan dikenakan sejumlah biaya tertentu untuk bisa mengambil makanan dan minuman.

Meskipun kamu bisa bebas mengambil makanan sesuka hati, tapi usahakan untuk dihabiskan ya semua yang sudah kamu ambil. Beberapa restoran dan hotel menerapkan denda biaya tambahan jika kamu ketahuan nggak menghabiskan makanan yang sudah diambil. Jadi saat menemukan konsep buffet, usahakan untuk jangan rakus dan ambilah makanan sesuai kemampuan perutmu.

2. Banquet

makan-di-restoran-hotel-03.jpg

Source: Istockphoto

Sebetulnya istilah banquet gak jauh berbeda dengan buffet, di mana kamu bisa mengambil beragam menu yang sudah disediakan. Perbedaanya adalah semua hidangan yang disediakan ini, jenis menunya terbatas dan hanya dalam jumlah tertentu saja. Hal tersebut karena menunya sudah disesuaikan dengan pesanan.

Menu yang disediakan jumlah dan jenisnya sudah disesuaikan terlebih dulu sesuai pasanan kelompok atau grup tertentu. Biasanya sistem banquet ini bisa kamu temui dalam acara seminar, pernikahan, konferensi, reuni, ulang tahun, dan acara penting lainnya.

3. A La Carte

makan-di-restoran-hotel-04.jpg

Source: Istockphoto

Istilah ketiga adalah a la carte yang sistemnya sangat berbeda dengan konsep buffet maupun banquet. Sistem ala carte ini merujuk pada sistem menu di restoran umumnya, di mana kamu membayar sesuai apa yang kamu pesan. Susunan menu ala carte disusun per item dengan keterangan harganya masing-masing.

Kelebihan dari sistem ini adalah kamu cukup membayar dan memesan makanan sesuai dengan yang ingin kamu makan atau bayar. Sedangkan kekurangannya adalah makanan harus dimasak dahulu setelah dipesan, sehingga harus menunggu.

4. Table Service

makan-di-restoran-hotel-05.jpg

Source: Istockphoto

Berikutnya ada istilag table service yang cocok untuk kamu yang malas mengantre untuk mengambil menu makanan. Kamu hanya perlu duduk manis di meja, selanjutnya tinggal pelayan yang akan melayani makanan maupun minumanmu.

Saat melakukan table service, seorang pelayan harus fokus dan mampu mengingat pesanan dari setiap pengujung. Tapi bagi pengunjung, hal ini sangat membantu karena nggak perlu berpindah duduk.

5. Table D’Hote

makan-di-restoran-hotel-06.jpg

Source: Istockphoto

Selanjutnya ada istilah Table D’Hote yang mungkin belum terlalu familiar di telingan masyarakat Indonesia. Lebih jelasnya istilah tersebut merujuk pada daftar susunan hidangan lengkap (complete meal) yang ditawarkan dalam satu harga.

Misalnya Paket A harga Rp 200.000 berisi appetizer: Chinese dumpling, main course: Hainanese chicken rice, dessert: mango silky pudding, dan aneka soft drink. Lalu Paket B harga Rp 300.000 berisi appetizer: tomato soup, main course: creamy chicken pasta, dessert: choco lava cake, dan mocktail. Nah, tinggal kamu pilih deh paket yang sesuai.

6. Room Service

makan-di-restoran-hotel-07.jpg

Source: Istockphoto

Terakhir untuk pelayanan di hotel, ada istilah room service. Layanan ini untuk kamu yang malas keluar dan tetap ingin berada di dalam kamar hotel.

Dari dalam kamar hotel, kamu tinggal menelpon pihak hotel untuk memesan room service menu. Selanjutnya pelayan akan mengantarkan pesanan ke depan kamar kamu menginap.

Nah, itu tadi deretan istilah yang wajib diketahui sebelum kamu makan di restoran hotel. Gak hanya di restoran hotel, istilah-istilah ini juga berlaku di layanan restoran berkelas lainnya. Jadi jangan gugup dan bingung lagi ya mendengar istilah-istilah tersebut saat makan di restoran ya!