Foodies Guide To F&B Industry

Photo by Food Navigator Asia

8 Manfaat Garam Dapur yang Gak Banyak Orang Tahu

March 15, 20203 min readTips & Tricks

Pernah gak sih kepikiran soal manfaat garam selain untuk masak? Selama ini kalian mungkin berasumsi kalau garam cuma bisa dipakai untuk keperluan dapur. Padahal ternyata gak juga, lho. Di samping memberikan cita rasa lezat pada makanan, garam dapur juga punya segudang manfaat lain di kehidupan sehari-hari kita.

Penasaran apa saja manfaat garam dapur yang belum banyak diketahui? Ini dia selengkapnya seperti dikutip dari Gardening Channel.

  1. Menghilangkan noda pada kain

Tidak sengaja menumpahkan kecap atau jus buah ke pakaian? Tenang, kalian bisa menghilangkannya dengan garam dapur. Caranya, taburkan garam dapur di bagian yang terkena noda, lalu gosok pelan-pelan. Jika noda sudah mulai hilang, kalian bisa merendam pakaian dengan larutan deterjen. Dan tada! Noda dijamin hilang gak berbekas.

  1. Mencegah potongan buah menghitam

Kebanyakan buah biasanya akan menghitam gak lama setelah dipotong. Penyebabnya adalah proses oksidasi. Nah, kalian bisa memanfaatkan garam dapur untuk mencegah buah atau sayuran dari proses oksidasi ini.

Caranya rendam buah atau sayur dalam sebaskom air yang sudah dilarutkan bersama garam. Diamkan selama beberapa menit. Dijamin buah atau sayur gak bakal berubah warna. Tips ini berguna banget buat kalian yang sedang plating.

3. Membuat bunga tetap segar

Manfaat garam dapur lain yang gak banyak orang tahu adalah membuat bunga tetap segar. Kalau kalian suka beli bunga di florist dan pengen bunganya tetap awet, coba terapkan cara berikut.

Letakkan tangkai bunga pada pot atau vas yang sudah diisi dengan air garam. Garam di sini berfungsi membunuh bakteri, meningkatkan penyerapan air, dan memberi nutrisi pada bunga yang gak bisa didapat dari air keran biasa. Dengan tips ini, dijamin bunga favoritmu akan tetap segar dan cantik.

  1. Menyerap tumpahan minyak

Duh... Tumpahan minyak pasti susah sekali dibersihkan. Wajar karena minyak memang punya kandungan lemak tinggi. Lain kali kalau kalian mengalami hal serupa, coba taburkan dulu garam dapur di bagian yang ketumpahan minyak.

Garam dapur mengandung senyawa khusus yang bisa menyerap minyak dengan baik sehingga lebih gampang dibersihkan.

  1. Menghilangkan kerak di perabot stainless steel

Kerak pada perabot berbahan stainless steel biasanya sangat susah dibersihkan. Kalian butuh pembersih yang cukup kuat untuk menghilangkan kerak-keraknya tanpa harus merusak si perlengkapan dapur itu sendiri.

Campurkan garam dapur dengan baking soda, basahi sedikit air. Oleskan pada permukaan perabot yang berkerak. Diamkan beberapa menit lalu gosok-gosok hingga bersih.

  1. Menghilangkan bau pada sepatu

Manfaat garam dapur bisa makin maksimal kalau dikombinasikan dengan baking soda. Salah satunya untuk menghilangkan bau gak sedap pada sepatu. Caranya, campur baking soda dengan garam, lalu bungkus menggunakan kain kecil atau kertas bekas bungkus teh. Letakkan di dalam sepatu. Dijamin sepatu bebas dari bau-bauan yang gak diinginkan.

  1. Tes kesegaran telur

Manfaat garam dapur yang berikutnya adalah untuk mengetes kesegaran telur. Kalau kalian ragu-ragu dengan telur yang akan kalian konsumsi, coba terapkan cara berikut. Letakkan telur pada baskom yang sudah diisi air garam. Lihat apakah telur tenggelam atau justru mengapung. Telur yang tenggelam artinya masih segar dan bagus. Begitu pun sebaliknya.

  1. Mencerahkan warna pakaian

Seiring waktu warna pakaian bisa memudar karena berbagai faktor. Tenang! Kalian bisa mengembalikan kecerahan warna pakaian cuma dengan bermodal garam dapur. Caranya gampang, kok. Cukup tambahkan ¼ cangkir garam pada rendaman pakaianmu. Diamkan selama 30 menit. Lalu cuci seperti biasa. Kalian pasti bakal takjub dengan hasilnya!

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat garam dapur untuk kehidupan sehari-hari. Di antara kedelapan fungsi di atas, mana nih yang sudah pernah kalian coba? Share ke teman-teman lainnya, yuk!

Related Articles

Connect with Nibble